Wisatarakyat.com – Kabupaten Maros terletak dekat dengan Kota Makassar, yang menjadi pusat pemerintahan Provinsi Sulawesi Selatan. Kabupaten ini, juga dianggap sebagai kawasan pendukung kota, mengalami dampak pembangunan yang besar, termasuk dalam bidang pariwisata. Beberapa tempat wisata populer di sini adalah Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung, Rammang-Rammang, dan Air Terjun Lengang Laiya.

Yuk, kita bahas lebih detil tentang air terjun tersebut! Ternyata, nama Lengang Laiya punya arti unik, nih! Kata ‘Lengang’ artinya tidur terlentang, sementara ‘Laiya’ berasal dari nama tempat di mana air terjun itu berada. Nama itu menggambarkan keindahan pemandangan air yang jatuh ke tiga tingkatan bertingkat, dikelilingi oleh keindahan alam sekitar.

Lokasi Air Terjun Lengang

Terletak di Dusun Bontomanai, Desa Laiya, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Lokasinya berjarak sekitar 2,5 jam perjalanan dari Kota Makassar.

Harga Tiket Air Terjun Lengang

Toket disini Hanya Rp 5.000 per orang. Harga itu sudah termasuk dengan biaya parkir kendaraan.

Jam Operasional

Buka setiap hari dari jam 08.00 sampai 17.00 WITA.

Daya Tarik Wisata

Air Terjun Lengang, sebuah perjalanan air yang memukau dengan tiga tingkatan, mempersembahkan pesonanya melalui setiap ketinggian yang mencapai 20 meter. Keistimewaan dari keindahan alam ini tak hanya terletak pada tingginya air terjun, melainkan juga pada arus air yang bersih dan menyegarkan. Sensasi kedamaian yang dihadirkan oleh gemericik air yang lembut membuat pengunjung merasa dekat dengan keaslian alam.

Pohon-pohon rindang yang melingkupi area sekitar air terjun menambahkan nuansa sejuk dan nyaman. Pepohonan ini memberikan naungan lebat, menciptakan tempat yang ideal untuk berkumpul sambil menikmati pesona alam yang menakjubkan. Kesejukan udara di sekitar Wisata ini memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pengunjung yang mencari ketenangan dan kesejukan di tengah keindahan alam.

Selain dari kecantikan visual yang disajikan oleh air terjun dan lingkungan sekitarnya, wisata ini juga menawarkan beberapa daya tarik wisata tambahan yang membuat kunjungan menjadi lebih berkesan.

Pertama-tama, pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang asri dan alami, memperdalam keterhubungan mereka dengan keindahan alam sekitar. Suasana yang tenang dan damai yang dihadirkan oleh air terjun menciptakan ruang yang cocok untuk merenung dan melepaskan diri dari kegiatan sehari-hari.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di Wisata ini cukup memadai, antara lain:

  • Lahan parkir
  • Toilet
  • Tempat ibadah
  • Gazebo
  • Jalur trekking
  • Warung makan
Share: