Wisatarakyat.com – Wisata alam di Provinsi Lampung selalu menarik untuk dieksplorasi. Tempat-tempatnya bervariasi, mulai dari pegunungan, lautan, lembah, taman, hutan, air terjun, dan masih banyak lagi. Salah satu destinasi alam yang terkenal di sana adalah Air Terjun Putri Malu.

Air terjun ini dinamai Putri Malu berdasarkan cerita masyarakat sekitar. Konon, dahulu ada seorang putri yang tinggal di sana dan tidak pernah muncul ke hadapan orang lain karena malu dengan wajahnya. Oleh karena itu, tempat tersebut disebut sebagai Air Terjun ini yang terletak di Way Kanan. Air terjun ini berada di ketinggian 100 meter di atas permukaan laut.

Banyak wisatawan, baik dari dalam negeri maupun mancanegara, yang sudah mengunjungi keindahan air terjun ini. Terletak di daerah pegunungan, Air Terjun ini menyajikan nuansa alam yang tersembunyi di dalam hutan tropis yang sejuk. Kata “menakjubkan” sangat pas untuk menggambarkan daya tarik air terjun favorit para wisatawan ini.

Lokasi Air Terjun Putri Malu

Terletak di Wilayah Desa Gunung Batu, Kecamatan Way Kanan, Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung. Lokasinya berjarak sekitar 120 kilometer dari Kota Bandar Lampung.

Harga Tiket Air Terjun Putri Malu

Harga tiket masuk yaitu Rp15.000 per orang. Itu sudah termasuk dengan biaya parkir kendaraan.

Jam Operasional

Wisata ini buka setiap hari mulai dari jam 08.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB.

Daya Tarik

Daya tarik utama wisata ini yaitu keindahan alamnya. Air terjun ini mempunyai air yang jernih dan juga segar. Selain itu, air terjun ini juga dikelilingi oleh pepohonan yang rindang, sehingga suasananya sangat sejuk dan asri. Selain keindahan alamnya, Air Terjun ini juga memiliki beberapa daya tarik wisata lainnya, yaitu:

1.      Keunikan bentuk air terjun

Air Terjun ini memiliki bentuk yang unik, yaitu melengkung seperti seorang wanita yang sedang malu. Bentuk ini terbentuk karena air terjun ini berasal dari dua sumber mata air yang berbeda.

2.      Keindahan alam di sekitarnya

Di sekitar Air Terjun ini terdapat banyak objek wisata alam lainnya, seperti hutan, sungai, dan bukit. Objek wisata alam ini menambah keindahan dan daya tarik Air Terjun Putri Malu.

Fasilitas

Pengelola telah menyediakan berbagai fasilitas untuk para wisatawan, yaitu:

  • Area parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Tempat makan
  • Tempat beristirahat

Fasilitas-fasilitas ini dapat menunjang kenyamanan para wisatawan saat berkunjung ke Air Terjun ini.

Share: