Wisatarakyat.comAir Terjun Tanggedu dianggap sebagai versi Grand Canyon di Sumba Timur karena lokasinya yang terletak di antara tebing-tebing yang sangat indah. Keunikan air terjun ini terletak pada kolamnya yang berwarna kebiru-biruan dan lanskap alamnya yang tidak biasa untuk air terjun pada umumnya.

 

Banyak yang mengatakan bahwa Indonesia adalah surganya dunia, terutama karena keindahan alam yang dimilikinya. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika Indonesia menjadi destinasi wisata alam yang paling sering dikunjungi. Salah satu daerah yang menawarkan keindahan alam yang menakjubkan adalah Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, dengan potensi wisata alam yang luar biasa.

 

Perbukitan di Sumba Timur akan memukau pengunjung, sementara wisata airnya juga patut diacungi jempol. Salah satu destinasi wisata air yang harus dikunjungi di Sumba Timur adalah Air Terjun Tanggedu. Panorama alamnya sangat asri dan menenangkan, menjadikannya tempat yang ideal untuk bersantai sejenak dan menikmati keindahan alam, menjauh dari kebisingan kota.

 

Namun, perlu diingat bahwa lokasi Air Terjun Tanggedu tidak cocok untuk membawa anak-anak atau orang tua karena diperlukan perjalanan trekking yang cukup jauh dan terjal.

 

Lokasi Air Terjun Tanggedu

Air Terjun Tanggedu terletak di Desa Tanggedu, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Perjalanan dari pusat Waingapu membutuhkan waktu sekitar 1,5 hingga 2 jam, tetapi jalannya cukup baik dan mudah dilalui.

Selama perjalanan, pengunjung dapat menikmati keindahan bunga sakura yang mekar sepanjang jalan antara bulan September hingga November, menambah daya tarik perjalanan. Rute perjalanan melibatkan tanjakan, turunan, dan jalan di sepanjang jurang

Baca Juga :  Desa Sembalun Destinasi Wisata Alam yang Memikat Hati

 

Harga tiket Air Terjun Tanggedu

Tiket

Rp. 5.000

 

Parkir

Parkir Motor : Rp. 2.000

Parkir Mobil : Rp. 5.000

Catatan : Harga tiket bisa berubah sesuai kebijakan pengelola

 

Jam Operasional

Tempat wisata ini buka mulai pukul 07.00 – 18.. WITA

 

 

Daya tarik

Air Terjun Cantik

Terdiri dari beberapa tingkatan dengan ketinggian berbeda-beda dan berada di antara tebing-tebing tinggi yang kokoh, sehingga juga dikenal sebagai Twin Canyon. Aliran airnya deras dan bersih, mengisi beberapa kolam alami dengan ukuran dan kedalaman yang beragam. Warna kolamnya bervariasi karena memiliki dua sumber mata air yang berbeda.

 

Dikelilingi Panorama Alam Yang Asri

Air terjun ini dikelilingi oleh dua tebing tinggi yang memberikan ruang untuk mengalirkan airnya. Suasana yang asri dan nyaman membuatnya menjadi tempat yang ideal untuk bersantai dan menikmati panorama alam yang terjaga dengan baik.

 

Grand Canyon dari Sumba

Disebut sebagai Grand Canyon Sumba karena relief tebingnya yang membentuk pemandangan indah seperti Grand Canyon di Amerika Serikat.

 

Kolam Alam Yang Menggoda

Kolam alami dengan bebatuan mengelilingi air terjun, menampilkan keindahan bebatuan yang berwarna cokelat dan air berwarna biru.

 

Fasilitas

 

  • warung makan dan minum sederhana,
  • Kamar mandi,
  • Gazebo
  • Area parkir.

 

 

 

 

 

 

 

 

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x