Taman Dedari di Bali – Menjelajahi tempat wisata yang ada di Bali merupakan salah satu hal yang sangat seru dan menarik. Hal ini dikarenakan Bali merupakan salah satu wilayah yang dipenuhi dengan destinasi wisata yang sangat beraneka ragam, dan tidak heran jika wisatawan menyebutnya dengan surganya wisata, salah satu wisata yang sangat cantik dan eksotis yaitu Taman Dedari Ubud di Gianyar.

Taman yang cantik dan indah ini menyuguhkan beberapa destinasi yang bisa dinikmati oleh wisatawan. Wisata taman ini merupakan salah satu wisata yang tergolong cukup baru yang ada di Bali. Namun terbilang masih baru, wisata taman ini tidak pernah sepi dari pengunjung, baik masyarakat lokal Bali maupun wisatawan dari luar Bali.

Baca juga: Destinasi Wisata Pantai Tiga Warna, Sajian Alam yang Mempesona

Taman Dedari yang cantik dan mempesona ini memiliki konsep yang unik yakni perpaduan antara keindahan alam dengan seni. Konsep yang unik ini mampu menghipnotis wisatawan yang datang dengan panorama keindahan dan kecantikan yang disuguhkan. Ditambah dengan udara yang sejuk, sehingga wisatawan merasa nyaman, tenang, dan puas jika berkunjung di wisata ini.

Lokasi Taman Dedari Ubud

Lokasi taman yang cantik dan menakjubkan ini berada di Provinsi Bali. Untuk lebih tepatnya yakni terletak di Jalan Raya Kedewatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar. Untuk menuju di lokasi wisata taman ini wisatawan dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Dikarenakan akses jalan ke lokasi ini sudah tergolong sangat baik dan mulus.

Untuk sampai di lokasi Taman Dedari Ubud ini wisatawan dapat menggunakan beberapa rute, dan disesuaikan dengan arah asalnya. Jika wisatawan berasal dari arah Bandara Ngurah rai, maka dapat melalui rute, yakni mengambil jalur by pass Ngurah Rai, kemudian menuju ke Tohpati, dilanjut ke Batubulan, Singapadu hingga sampailah ke Kedewatan Ubud.

Booking.com

Namun, jika wisatawan yang berkunjung berasal dari pusat Ubud, maka wisatawan dapat mengambil rute jalur champuhan. Setelah itu wisatawan dapat melanjutkan perjalanan menuju Jalan Raya Kedewatan. Dengan mengambil rute ini wisatawan hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk sampai di lokasi wisata taman yang eksotis dan menakjubkan ini.

Harga Tiket Masuk Taman Dedari

Untuk menikmati objek wisata ini tidak ada pungutan biaya. Begitu juga untuk tarif parkir, gratis bagi pengunjung. Namun, pengunjung yang ingin berwisata di Taman Dedari, harus makan di restoran. Dengan harga mulai dari Rp28.000 per menu makanan.

Jam Buka Taman Dedari

Objek wisata ini buka dari pagi hingga malam hari. Jika ingin berfoto, waktu yang tepat adalah saat pagi dan sore hari. Namun jika untuk makan, dapat datang di waktu kapan saja. Terlebih saat makan malam.

Daya Tarik Wisata Taman Dedari

1. Menikmati Indah Dan Megahnya Taman Dedari

Berlokasi di area The Royal Pita Maha, berdiri patung-patung indah yang begitu megah. Patung batu ini memiliki tinggi yang beragam, bahkan ada yang mencapai 10 meter. Ada empat patung yang tingginya sekitar 10 meter, dan ada empat lagi yang tingginya 5 – 6 meter. Setidaknya ada 42 patung berukuran kecil, dengan total keseluruhan 50 patung.

Patung-patung kecil ini berderet sampai ke Sungai Ayung. Berbentuk bidadari yang tengah menari dengan gemulai. Lengkap dengan baju tradisional serta selendang yang berkibar terkena terpaan angin. Patung ini mempertahankan warna abu-abu kehitaman khas batu ukir.

Meskipun tidak berwarna, namun keindahannya tetap terpancar. Para bidadari ini seolah benar-benar menari di tengah taman yang hijau. Karena ukuran patung ini yang tinggi, seolah-olah para bidadari ini menari di angkasa. Dengan berlatar belakang langit biru dan awan putih.

2. Keunikan Patung Bidadari Di Taman Dedari

Patung bidadari setinggi puluhan meter ini tidak dibuat asal-asalan. Terbukti dari bentuk tiap bidadari yang begitu presisi. Ditambah dengan ukiran di tubuh patung sangat detail. Mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Rambut para bidadari yang terurai panjang pun terlihat seolah-olah benar-benar hidup. Ujung kaki dan jari-jari terlihat presisi, tampak adanya guratan seolah kulit asli. Tak luput juga pada pakaian para bidadari. Terdapat ukiran-ukiran seperti pada pakaian kerajaan yang tampak mewah.

3. Adanya Nilai Sejarah

Wisata taman yang cantik dan menawan ini juga memiliki nilai sejarah yang menarik untuk diulas, terutama bagi wisatawan yang menyukai dunia sejarah. Taman Dedari Ubud sendiri memiliki makna yaitu taman bidadari yang ada di Ubud. Nama tersebut diserap dari legenda Resi Markandeya dengan kejadian turunnya bidadari di Sungai Ayung.

Sejarah yang ada di wisata taman ini yakni terjadi pada saat Resi Markandeya sedang melakukan meditasi. Kemudian setelah melakukan meditasi yang cukup panjang, Resi Markandeya ini melihat bidadari turun dari langit di sungai Ayung. Hingga muncullah nama taman yang indah dan mempesona ini.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *