Wisatarakyat.com – Pernahkah Anda mendengar mengenai kawasan yang dikenal dengan sebutan Chinatown Makassar? Ternyata, keberadaannya tidak hanya di luar negeri, melainkan juga dapat ditemui di beberapa kota di Indonesia. Salah satu contohnya terdapat di kota Makassar, yang terletak di pulau Sulawesi.

Makassar, sebuah kota yang kaya akan sejarah yang memikat, memiliki hubungan sejarah yang signifikan dengan masa kolonial Belanda. Namun, tidak hanya itu, ibukota Sulawesi Selatan ini juga memiliki jejak sejarah yang erat dengan negara China. Oleh karena itu, tidaklah mengherankan jika di kota ini terdapat kawasan yang dikenal sebagai Chinatown.

Lokasi Chinatown Makassar

Terletak di Jalan Ahmad Yani, Pattunuang, Kecamatan Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Kawasan ini terbagi menjadi dua wilayah kecamatan, yaitu Kecamatan Wajo dan Kecamatan Ujung Pandang.

Harga Tiket Masuk Chinatown Makassar

Harga tiket masuk adalah Rp5.000 per orang. Ini sudah termasuk biaya parkir kendaraan. Dengan Catatab Tarif tiket mungkin mengalami perubahan tergantung pengelola objek wisata.

Jam Operasional

Buka setiap hari dari jam 08.00 hingga 22.00 WITA.

Daya Tarik Wisata

Wisata ini mempunyai berbagai daya tarik wisata, antara lain:

1.      Arsitektur Tionghoa

Wisata ini memiliki arsitektur khas Tionghoa yang terlihat dari bangunan-bangunan dan ornamen-ornamen yang ada di kawasan ini. Salah satu bangunan yang paling terkenal di Makassar adalah Klenteng Xian Ma, yang merupakan klenteng tertua di Makassar.

2.      Budaya Tionghoa

Wisata ini juga merupakan tempat yang tepat untuk mempelajari budaya Tionghoa. Di sini, Anda bisa menyaksikan pertunjukan Barongsai, mempelajari seni kaligrafi Tionghoa, atau bahkan belajar bahasa Mandarin.

3.      Kuliner Tionghoa

Wisata ini juga merupakan surga bagi para pecinta kuliner. Di sini, Anda bisa menemukan berbagai macam kuliner Tionghoa, mulai dari dim sum, bakso, mie, hingga makanan laut.

Fasilitas

Wisata ini memiliki berbagai fasilitas yang dapat menunjang kenyamanan pengunjung, di antaranya:

  • Parkir kendaraan
  • Tempat ibadah
  • Toilet umum
  • Warung makan dan minum
  • Pusat oleh-oleh
Share: