Danau Yeh Malet – Danau Yeh Malet salah satu objek wisata alam yang memukau di Karangasem, Bali. Danau yang memiliki spot instagramable membuat wisatawan serasa berada di Jepang. Keindahannya bisa dinikmati dengan gratis, namun memiliki peraturan ketat karena tempat ini disucikan.

Banyak dari Anda yang mungkin baru mengetahui bahwa terdapat satu destinasi wisata bernama Danau Yeh Malet di Karangasem Bali. Dahulu tempat ini sempat tidak terawat, setelah warga bergotong royong dengan Mahasiswa KKN menumpas tumbuhan eceng gondok yang hampir menutupi keseluruhan permukaannya, banyak orang kemudian datang berkunjung untuk melihat keindahannya.

Baca juga: Pantai Balangan Bali, Surga di Selatan Pulau Dewata Spot Cantik Untuk Prewedding

Danau ini menurut penuturan warga dikatakan bahwa sudah ada semenjak jaman kerajaan. Dahulu difungsikan sebagai penampung air dan dijadikan sumber pemenuhan kebutuhan masyarakat sekitar. Keberadaannya kini semakin mengalami penurunan debit atau pendangkalan. Walaupun banyak sumber mata air yang mengisinya, pada musim kemarau kadang juga mengalami penyusutan debit hingga kering.

Lokasi dan Harga Tiket Danau Yeh Malet

Bagi Anda yang baru saja mendengar tentang keberadaan Danau Yeh Malet tentu bertanya dimanakah lokasi pastinya. Destinasi wisata ini berada di sebuah desa bernama Antiga Kelod yang masuk pada Kecamatan Manggis, Karangasem, Bali. Letaknya mudah ditemukan dan juga dilalui oleh kendaraan pribadi Anda.

Jarak danau dengan Kota Denpasar sekitar 39 Km, bagi Anda yang sedang liburan di Bali bisa menyempatkan untuk mampir dan menyaksikan sendiri keindahannya. Rute perjalanan bisa dimulai via jalan by Pass Ida Bagus Mantra. Setelah itu Anda akan bertemu sebuah tugu sebagai simbol perbatasan antara Kabupaten Klungkung dengan Karangasem.

Booking.com

Lanjutkan perjalanan hingga menjumpai sebuah lokasi rest area berada di bagian sisi kanan jalan. Titik tersebut juga dekat dengan daerah Pantai Yeh Malet. Dari sana kurang lebih sekitar 10 meter lagi, Anda bisa belok kiri ke arah Jalan Taman Sari. Lokasi danau Yeh Malet berada sekitar 750 meter dari wilayah tersebut. Jika bingung, gunakan bantuan peta elektronik ada di Smartphone atau ponsel Android.

Sebenarnya danau ini tidak difungsikan sebagai tempat wisata, namun karena keindahannya banyak orang mulai mengunjunginya. Tidak ada tarif untuk setiap orang yang ingin masuk ke area danau, semua keindahan alamnya bisa dinikmati dengan gratis. Pihak dari pengelola, hanya mengharuskan setiap pengunjung untuk tertib dan mentaati peraturan sebagaimana ditetapkan.

Daya Tarik yang Dimiliki Danau Yeh Malet

1. Tanaman Eceng Gondok

Tanaman eceng gondok yang tumbuh di bagian perairan danau memang menjadi sebuah benalu pada awalnya. Keberadaannya yang hampir menutupi seluruh permukaannya, menjadikan tempat tersebut terlihat kumuh dan juga kotor tidak terawat. Namun setelah dilakukan pembersihan dan pengaturan oleh warga dibantu Mahasiswa KKN, keindahannya mulai terlihat kembali.

Eceng gondok yang disisakan ternyata juga bisa menjadi daya tarik pengunjung untuk datang. Awalnya menjadi benalu, namun karena diatur dan dikelola sedemikian rupa justru menjadi satu keindahan yang menjadi kelebihannya. Saat bunganya merekah, warna ungu bercampur putih terlihat indah, menjadikan suasana memiliki kesan seperti di luar negeri.

2. Pemandangan Sekitar

Sebagaimana yang telah dituturkan oleh warga sekitar, bahwa Danau Yeh Malet sebenarnya menyimpan sebuah keindahan alam yang menakjubkan. Namun, karena tidak ada upaya perawatan dan melihat potensi tersebut dengan baik, sehingga tidak banyak yang mengetahuinya. Hingga akhirnya dilakukan pembersihan sehingga pemandangan sekitarnya menjadi lebih nampak.

Karena berlokasi di daerah perbukitan dengan pepohonan dan juga tumbuhan hijau lainnya, sudah semestinya jika tempat ini dikelilingi oleh pemandangan yang terlihat begitu asri. Dari ujung ke ujung mata Anda akan dimanjakan oleh suasana begitu menyejukkan. Tidak heran jika banyak pengunjung betah berlama-lamaan di sana.

3. Keberadaan Tiga Bukit

Adanya tiga bukit hijau yang menghiasi bagian ujung danau memberikan satu sentuhan menawan yang menjadi daya tariknya. Bukit Catu satu dari ketiganya, terletak di bagian timur laut atau kolam danau. Bukit Ceeng berada di sebelah utaranya yang memanjang dan menjulang indah.

Ketiga yaitu bukit tengah, di bagian sebelah barat menambah indah pemandangan sekitar. Keberadaan dari ketiga bukit tersebut menjadi satu pelengkap yang menyempurnakan pemandangan serta keindahan dari bagian danau Yeh Malet Karangasem.

Fasilitas yang Tersedia di Danau Yeh Malet Bali

Pembangunan fasilitas memang tidak dibuat dengan lengkap. Karena fungsi tempat ini sebenarnya tidak ditujukan sebagai lokasi wisata. Namun, karena antusias warga sekitar untuk mengunjungi dan menikmati pesona alamnya, penambahan sarana prasarana kemudian dilakukan. Meskipun belum maksimal, paling tidak ada lokasi parkir dan toilet yang bisa digunakan.

Sebenarnya potensi wisata sudah banyak terlihat, hanya saja belum mendapat perhatian khusus. Di lain sisi air danau juga terus mengalami pendangkalan, sehingga dibutuhkan campur tangan pemerintah untuk mengatasinya.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *