Destinasi Hutan Bambu Lumajang – Hutan Bambu merupakan destinasi wisata alam yang berada di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Desa wisata yang terletak di kaki Gunung Semeru. Udaranya sejuk dan segar, jauh dari perkotaan dengan suasana khas pegunungan. Objek wisata alam yang nyaman untuk berlibur bersama keluarga.

Wisata Hutan Bambu menawarkan pemandangan alam yang indah. Wisatawan akan disajikan dengan pemandangan pohon-pohon bambu yang rimbun dan menjulang tinggi. Luas dari hutan bambu yaitu sekitar 14 hektar. Terbagi menjadi beberapa zona, 3 hektar zona pengembangan, 3 hektar zona semi-pengembangan dan sisanya zona inti.

Baca juga: Pesona Keindahan Air Terjun Kedung Maor, Little Niagara Wisata Alam Bojonegoro

Di tempat wisata Hutan Bambu ini terdapat hampir 20 jenis bambu yang ditanam dan dibudidayakan oleh pengelola. Diantaranya terdapat jenis bambu kuning dan bambu landak. Disini juga ditanam jenis bambu langka yaitu bambu petung hijau dan bambu petung hitam. Selain dibudidayakan, bambu-bambu tersebut juga dipersiapkan untuk dijual kepada wisatawan yang berkunjung.

Di tempat wisata ini juga terdapat sumber mata air. Sumber air tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengairi persawahan warga yang terdapat di 4 desa. Dipergunakan untuk pemandian dan penyaluran air untuk masyarakat sekitar.

Sebagai daya tarik wisatawan yang berkunjung, di sini juga terdapat beberapa wahana yang seru dan menarik. Seperti kolam pemandian, spot foto keren dan lain sebagainya. Pengunjung juga bisa berwisata edukasi perihal bambu. Di lokasi Hutan Bambu Lumajang juga terdapat beberapa fauna. Diantaranya terdapat hewan kera ekor panjang, ikan dan lain-lain.

Booking.com

Alamat Hutan Bambu Lumajang

Jl. Kalpataru, Umbulrejo, Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Rute menuju wisata Hutan Bambu sudah terbilang bagus, bisa dijangkau dengan kendaraan roda empat. Jarak tempuh dari pusat kota Lumajang menuju lokasi wisata Hutan Bambu sekitar 30 Km.

Dari pusat kota Lumajang, ambil arah ke Kecamatan Pronojiwo, kemudian ke arah Candipuro. Selanjutnya menuju ke Desa Sumbermujur, sesampainya disana banyak tersedia penunjuk jalan yang bisa menuntun anda mencapai lokasi wisata.

Harga Tiket Masuk

  • Anak-anak Rp.3.000,-.
  • Dewasa Rp.5.000,-.
  • Parkir Motor Rp. 3.000,-
  • Parkir Mobil Rp. 5.000,-
  • Setiap hari. 07.00 WIB – 17.00 WIB.

Daya Tarik Hutan Bambu Lumajang

Wisata Hutan Bambu berada di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang. Merupakan salah satu desa wisata di Jawa Timur.

Selain menawarkan keindahan hutan bambu, di tempat wisata ini juga tersedia beragam kegiatan seru dan menarik. Menikmati pemadangan hutan bambu dengan suasana sejuk pegunungan. Menikmati dinginnya air yang bersumber dari mata air Sumber Deling. Berswafoto hingga berenang di kolam renang.

1. Menikmati Pemandangan Hutan Bambu dan Sejuknya Kaki Gunung Semeru

Saat berada di lokasi wisata, wisatawan akan merasakan dinginnya suasana kaki Gunung Semeru. Menikmati keindahan pemandangan hutan bambu dan pemandangan alam sekitarnya. Anda bisa menggelar tikar untuk botram atau menikmati perbekalan makanan bersama keluarga.

2. Berfoto Di Tengah Hutan Bambu

Kegiatan yang tidak boleh dilewatkan jika berkunjung ke tempat wisata adalah berswafoto. Di tempat wisata ini terdapat beberapa spot foto dengan latar alam yang keren dan instagramable.

Biasanya para pengunjung berfoto ditengah-tengah jalan antara dua sisi deretan pohon bambu. Selain itu, pengunjung juga bisa berpose di depan Gubug Rebug. Yaitu sebuah bangunan berselimut jerami yang disediakan oleh pengelola.

3. Kerjenihan Mata Air Sumber Deling

Tempat wisata Hutan Bambu ini lokasinya berada di pegunungan. Dan didalam wisata ini terdapat sumber mata air. Sumber air tersebut biasa dimanfaatkan untuk mengairi persawahan warga setempat. Dipergunakan untuk pemandian dan penyaluran air untuk masyarakat sekitar. Pengunjung pun bisa menikmati kejernihan mata air Sumber Deling yang jernih dan bersih ini.

4. Berenang di Kolam Renang

Wisata Hutan Bambu Lumajang terus mengalami perkembangan. Saat ini pihak pengelola menambah sarana wisata di area wisata ini. Yaitu pembangunan kolam renang di tepian hutan. Dengan dibangunnya kolam renang ditepi hutan tentunya menjadi daya tarik tersendiri. Air kolam ini sangat jernih, dingin dan bersih karena berasal dari mata air Sumber Deling.

Fasilitas Hutan Bambu Lumajang

Berikut adalah sarana umum dan fasilitas yang telah disediakan oleh pengelola Wisata Hutan Bambu.

  • Area parkir
  • Mushola
  • Toilet / Kamar mandi
  • Warung makan
  • Bangku dll.
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *