Destinasi Wisata Alam Gunung Lesung – Gunung Lesung merupakan destinasi alam yang banyak diincar oleh para pelancong. Banyak keindahan yang dapat Anda nikmati saat berlibur kesana. Apalagi saat cuaca sedang bagus, pasti akan mendukung pendakian. Puncak gunung yang tidak terlalu tinggi ini cocok dikunjungi oleh pemula yang belum terbiasa melewati trek susah.

Hal unik lainnya dari gunung ini adalah masih kental dengan adat Buleleng Bali. Gunung tersebut mempunyai cerita sejarah tersendiri yang tidak banyak diketahui orang. Wisatawan yang berlibur pun diharapkan menjaga perkataan dan perbuatan selama berada di kawasannya.

Baca juga: Pantai Pererenan, Destinasi Favorit Para Pecinta Surfing di Badung Bali

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Lokasi wisata alam Gunung Lesung tepat berada di Kabupaten Buleleng, Bali. Trek pendakiannya tidak terlalu susah, karena gunungnya tidak terlalu tinggi. Anda akan melewati hutan dan tanah yang menemani sepanjang perjalanan. Bagi yang membawa kendaraan diharapkan ditaruh di tempat yang disediakan sebelum melanjutkan pendakian.

Jika berangkat dari rute Gunung Arjuna, Anda bisa menuju ke Dusun Tambak Watu. Selang beberapa kilometer pengunjung akan menemukan pos satu atau Goa Antaboga dengan trek sedikit menanjak. Kemudian menuju pos watu tulis yang jaraknya membutuhkan waktu 40 menit. Lanjut ke arah pos dua sekitar 1,5 jam yang ditandai dengan bangunan gubuk.

Biaya Wisata ke Gunung Lesung

Para pelancong yang ingin berkunjung ke Gunung Lesung tidak perlu takut mengenai biayanya. Harga tiket masuknya dijamin ramah di kantong yaitu Rp 10.000. Tarif tersebut berlaku mulai dari hari biasa hingga hari libur. Tak hanya pengunjung lokal saja yang pernah berlibur ke tempat ini, turis dari luar negeri pun banyak yang sudah mengunjunginya.

Booking.com

Biasanya tamu dari luar negeri yang ingin menikmati keindahan gunung akan dikenai tarif sedikit mahal. Bagi wisatawan yang menitipkan kendaraan juga akan dikenai biaya sendiri. Tarifnya Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil per harinya. Sehingga traveller tidak perlu khawatir karena kendaraan akan dijaga oleh petugas setempat.

Daya Tarik Wisata Gunung Lesung

1. Terdapat Danau Buyan

Wisatawan yang mendaki di Gunung Lesung akan melihat sebuah danau yang ada di sekitarnya. Danau Buyan ini terbentuk karena letusan gunung beberapa tahun silam. Banyak pengunjung yang tertarik untuk singgah di danau ini selama berlibur. Suasana yang masih alami dengan air danau yang begitu jernih cocok digunakan untuk tempat refreshing.

Pada sekitar danau, traveller akan melihat beberapa fauna seperti burung hantu, ikan, dan kijang. Biasanya orang yang mampir ke danau ini mengambil airnya untuk sekedar mencuci peralatan sebelum melanjutkan pendakian. Wisatanya yang cantik juga sering dimanfaatkan sebagai spot berfoto.

2. Puncak yang Tidak Terlalu Tinggi

Destinasi alam ini diketahui memiliki ketinggian sekitar 1.865 mdpl di atas permukaan laut. Hal tersebut membuat gunung tersebut menjadi favorit masyarakat. Apalagi bagi yang masih pemula, pasti tidak akan merasa lelah saat mendaki di Lesung. Gunung yang tidak terlalu tinggi ini memiliki sejuta kecantikan yang menjadi daya tarik tersendiri bagi tamu.

3. Dikelilingi Panorama Alam

Berkunjung ke Gunung Lesung memang menjadi kesenangan tersendiri bagi sebagian orang yang suka mendaki. Areanya dilengkapi dengan sejuta keindahan alam yang dapat dilihat secara dekat. Banyak pohon dan tumbuhan lainnya yang ada di hutan sehingga tampak asri. Tak hanya itu, ada pula bunga warna-warni yang terlihat di sekitar danau dekat gunung.

Keindahan alam lainnya berasal dari puncak gunung yang akan membuat Anda takjub saat melihatnya. Sejauh mata memandang akan dimanjakan dengan warna langit dan awan yang begitu indah. Apalagi saat sedang sunrise atau sunset maka panoramanya tampak sangat cantik. Hal inilah yang membuat pengunjung senang saat berlibur ke gunung.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

1. Melihat Sunrise

Keindahan sunrise di pagi hari dapat Anda nikmati dari puncak Gunung Lesung. Udara yang dingin dicampur dengan kabut akan membuat suasana tampak alami dan terasa begitu sejuk. Tidak sedikit pengunjung yang berlibur ke wisata alam ini untuk sekedar melihat matahari terbit. Apalagi jika dilihat dari arah puncak keindahannya tampak begitu dekat.

2. Camping

Berkunjung ke gunung memang tidak lengkap rasanya jika tidak menginap. Traveller dapat membawa tenda dari rumah agar bisa menikmati panorama mulai dari pagi hingga malam hari. Selain itu, Anda juga dapat menyiapkan peralatan tidur dan makanan sendiri. Hal ini bertujuan agar pengunjung tidak merasa dingin dan lapar saat berada di area gunung.

3. Mengabadikan Momen

Keindahan wisata alam ini memang terlihat masih alami dan asri. Banyak pohon serta bukit hijau yang mengelilingi sehingga udara di sekitar terasa segar. Panorama tersebut tentu tidak boleh terlewatkan untuk dijadikan background foto. Anda dapat berfoto atau merekam video perjalanan selama mendaki ke puncak untuk dijadikan kenang-kenangan.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Gunung Lesung

Kawasan Gunung Lesung memiliki beberapa fasilitas penunjang yang dapat dinikmati traveller. Terdapat kamar mandi pada setiap pos yang menuju ke arah gunung tersebut. Anda harus menggunakan kamar mandi dengan sebaik mungkin dan tetap menjaga kebersihan usai memakainya. Biasanya tidak ada petugas yang menjaga jadi biayanya gratis.

Pada tiap areanya juga menyediakan tempat duduk untuk beristirahat sejenak sebelum sampai ke puncak. Kawasannya pun dilengkapi dengan tempat sampah agar Anda yang usai makan dan minum bisa membuangnya disitu. Hal ini bertujuan agar areanya selalu bersih. Petugas menghimbau bahwa selama perjalanan ke gunung jangan buang sembarangan.

Ada pula warung yang menjual aneka makanan ringan dan minuman yang bisa dikunjungi oleh traveller. Bagi yang ingin memanjakan perut sebelum melanjutkan perjalanan ke Gunung Lesung dapat sekedar mencicipi makanan yang dijual. Pada area pintu depannya juga dilengkapi dengan lahan parkir untuk menitipkan kendaraan tamu yang datang.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *