Destinasi Wisata Karimun Jawa – Jepara adalah sebuah kota kecil yang tersohor di Indonesia. Kota ini tidak hanya terkenal dengan pahlawan wanitanya yaitu R.A Kartini namun terkenal akan destinasi wisata lautnya.

Wisata laut yang paling terkenal dari Jepara adalah Pulau Karimun Jawa. Keindahan pulau ini sudah terkenal ke seluruh penjuru Nusantara bahkan mancanegara.

Baca juga: Destinasi Wisata Pakuhaji, Liburan Keluarga di Cimahi 2023

Sekilas Karimun Jawa

Indonesia adalah surganya bagi para pecinta pantai dan dunia bawah laut. Keindahan bawah laut Indonesia dapat diwakili dengan keindahan bawah laut KarimunJawa. Pulau ini memiliki beragam pantai yang mengagumkan.

Pulau ini merupakan gugusan kepulauan yang indah maka dari itu kamu bisa menemukan banyak spot bawah laut atau pantai yang indah. Aktivitas yang paling sering dilakukan oleh wisatawan adalah diving atau snorkeling. Kepulauan Karimun terdiri dari dua puluh tujuh pula-pula. Lima dari dua puluh tujuh pulau tersebut sudah dihuni.

Pantai ini dijuluki The Carribean Of Java karena memiliki pasir yang putih, air laut yang bening dan ombak yang relatif tenang. Siapa saja yang datang ke pulau ini pasti sangat terpesona.

Booking.com

Lokasi Karimun Jawa

Karimun Jawa berada di Kepulauan Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah. Kepulauan ini berada sejauh 83 km di sebelah utara Kabupaten Jepara.

Beberapa transportasi yang bisa digunakan untuk mencapai Karimunjawa adalah pesawat dan kapal. Penerbangan dengan pesawat cenderung terbatas, sehingga kapal lebih banyak dijadikan pilihan. Kapal yang tersedia merupakan kapal feri dan kapal cepat. Perjalanan dengan kapal membutuhkan waktu 2 – 4 jam.

Harga Tiket Karimun Jawa

Salah satu cara termudah untuk menjangkau Karimun adalah dengan menumpang perahu atau kapal. Namun kapal-kapal tersebut memiliki jadwal pemberangkatan yang berbeda-beda.

Wisatawan tidak perlu membayar untuk memasuki kawasan Taman Nasional Karimunjawa. Namun, ada biaya yang dibutuhkan untuk tiket kapal menuju Karimunjawa. Harga tiket bervariasi tergantung jenis kapal yang dipilih. Beberapa pantai dan objek wisata juga mengenakan tiket masuk yang berbeda untuk turis lokal dan mancanegara.

  • Tiket Masuk Wisatawan Domestik Hari Biasa Rp 5.000
  • Tiket Masuk Wisatawan Domestik Hari Kerja Rp 7.500
  • Tiket Masuk Wisatawan Mancanegara Hari Biasa Rp 150.000
  • Tiket Masuk Wisatawan Mancanegara Hari Libur Rp 225.000
  • Scuba Diving Rp 25.000
  • Snorkeling Rp 15.000
  • Tracking Mangrove Rp 5.000
  • Pengamatan Hidup Liar Rp 10.000
  • Wisata Memancing Rp 10.000
  • Berkemah Rp 5.000
  • Penelitian WNI Rp 100.000
  • Penelitian WNA Rp 5.000.000/Orang

Daya Tarik Wisata Taman Nasional Karimunjawa

Taman Nasional Karimunjawa merupakan gugus kepulauan di Laut Jawa yang termasuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Kawasan ini terdiri dari 27 pulau dengan Karimunjawa sebagai pulau terbesar.

Popularitas Karimunjawa sebagai kepulauan eksotis sudah terdengar sejak dulu hingga ke mancanegara. Kepulauan ini menyajikan air laut yang jernih, pantai pasir putih, koleksi terumbu karang yang cantik, hingga kawasan hutan mangrove yang memesona.

1. Banyak Pilihan Pantai

Tidak akan ada habisnya jika harus membahas pantai di Taman Nasional ini. Kepulauan Karimunjawa adalah lumbung bagi pantai-pantai indah dengan air yang biru dan jernih. Setiap pantai memiliki daya tarik dan pesonanya masing-masing. Wisatawan tinggal memilih pantai yang sesuai dengan selera dan keinginannya.

Pantai Ujung Gelam dan Pantai Batu Topeng adalah pantai berpasir putih yang paling banyak dikunjungi. Ada juga pantai yang tidak hanya memiliki hamparan pasir putih. Lihat saja bebatuan eksotis di Pantai Batu HItam dan Pantai Batu Merah di Pulau Parang.

2. Santai Di Pesisir

Dengan arus laut yang cenderung tenang, pantai-pantai di Karimunjawa sangat cocok sebagai tempat menghabiskan waktu. Di samping menikmati sunrise atau sunset, wisatawan juga bisa mencoba menikmati hembusan angin laut di atas ayunan yang menjorok ke laut. Pilihan lainnya, coba berkunjung ke bar minuman yang didirikan di pesisir.

3. Eksplorasi Laut

Rekreasi ke Karimunjawa tidak lengkap jika belum mengikuti aktivitas eksplorasi bawah laut seperti menyelam atau snorkeling. Pulau-pulau kecil di sekitar adalah tempat yang cocok. Kondisi air lautnya jernih dengan terumbu karang yang cantik sebagai habitat aneka ikan tropis. Selain itu, berkunjung ke penangkaran hiu juga bisa jadi pilihan menarik.

4. Keasrian Alam

Tidak hanya dikenal dengan keindahan laut dan pantainya, Taman Nasional ini juga memiliki keasrian alam yang masih terjaga. Hal ini bisa dirasakan ketika berkunjung ke Trekking Mangrove.

Pengunjung akan dibawa menyusuri jalur yang mengelilingi kawasan hutan mangrove. Di ujung jalur ini, terdapat gardu pandang yang menyajikan pemandangan hutan sekaligus laut yang memesona.

Fasilitas Taman Nasional Karimunjawa

Sebagai objek wisata, Taman Nasional Karimunjawa menawarkan aneka jenis penginapan, transportasi laut dan udara, restoran dan kafe, serta agensi-agensi tur. Karimunjawa juga memiliki banyak jasa pemandu untuk aktivitas diving dan snorkeling. Terdapat beberapa kawasan alami yang dibuka sebagai objek wisata seperti hutan mangrove dan perbukitan.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *