Wisata Seribu Batu Songgo Langit – Dahulu, Kabupaten Bantul hanya terkenal dengan Pantai Parangtritis saja. Selebihnya, wisata Bantul tidak begitu dilirik. Tetapi, saat ini, saat pariwisata sedang naik dan menjadi sebuah gaya hidup baru masyarakat, Bantul berkembang dan mulai dikenal oleh banyak kalangan menjadi, wisata favorit baru di wilayah Yogyakarta.

Salah satu diantara sekian Wisata Bantul yang baru adalah Seribu Batu Songgo Langit. Sebuah kawasan yang menurut saya seperti sebuah negeri dongeng. Kawasan hutan pinus ini dibentuk dengan sedemikian rupa sehingga, bisa menjadi pembeda diantara semua hutan pinus yang ada di sini.

Baca juga: Wisata Alam Pasong Temanggung, Camping Menanti Golden Sunrise

Kawasan Mangunan memang terkenal dengan pohon pinus yang mengesankan. Pohon-pohon ini berdiri begitu megah menciptakan pesona teduh dan menyejukkan ditengah panasnya Kota yang menyengat.

Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Seribu Batu Songgo Langit

Letak Rumah Batu Songgo Langit berada di Dusun Sukarame, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, kawasan yang terkenal dengan hutan pinus yang mengesankan. Bagi wisatawan yang ingin pergi ke sini, bisa mengarahkan kendaraan melalui jalan imogiri.

Dari jalur imogiri ini wisatawan bisa belok kearah kiri dan mengikuti papan petunjuk yang sudah ada. Kawasan wisata satu ini berada di bawah Hutan Pinus Mangunan. Jadi, Rumah Batu Songgo Langit adalah kawasan pertama yang akan ditemui saat wisatawan memilih jalur lurus daripada ke kanan menuju ke Kebun Buah Mangunan.

Booking.com

Jam operasional dan harga tiket masuk

Taman rekreasi Seribu Batu Songgo Langit buka setiap hari, mulai pukul 06.00-21.00 WIB. Jam operasionalnya cukup lama, jadi kamu bisa bermain di sini sampai puas. Waktu terbaik untuk datang ke sini adalah pukul 09.00 WIB pada musim kemarau, tepatnya ketika cuaca cerah.

Sementara itu, tiket masuk Seribu Batu Songgo Langit cukup terjangkau, sekitar Rp5 ribu. Namun, kamu juga perlu menyiapkan ongkos parkir mulai Rp2 ribu untuk setiap kendaraan.

Rumah Batu Songgo Langit adalah kawasan yang begitu mengesankan. Kawasan hutan wisata yang dibangun dan memanfaatkan alam dengan sebaik mungkin.

Daya Tarik Seribu Batu Songgo Langit

Saat wisatawan berkunjung ke kawasan ini, wisatawan akan disambut dengan sebuah gapura yang sangat menarik untuk dijadikan Spot Foto. Semilir angin menyambut wisatawan semua dengan semilir lirih menyentuh kulit. Di samping kanan sudah berjajar pondok-pondok yang terbuat dari kayu. Pondok ini menjajakan berbagai macam aneka kuliner yang menggugah rasa.

Dari segi harga, terbilang cukup murah. Para pedagang tidak memanfaatkan tempat wisata untuk menaikkan harga atau yang biasa disebut dengan “Ngepruk”. Mereka akan memberikan harga sesuai dengan rasa dan tempat yang mereka punya.

Berjalan sekitar 200 meter, wisatawan akan ditawarkan sebuah wahana yang mampu memacu adrenalin. Tetapi, wahana ini hanya dikhususkan untuk anak-anak saja. Wahana Flying fox yang dikenakan tarif sebesar 20 ribu rupiah. Banyak anak-anak yang mencoba Flying fox ini sehingga, perlu antri agar bisa menikmati.

1. Rumah Seribu Kayu

Kawasan Rumah Seribu Kayu termasuk spot favorit wisatawan di Seribu Batu Songgo Langit. Di sini, kamu akan disuguhkan panorama rumah kayu ala rumah adat daerah Indonesia Timur. Sayang banget, kalau kamu gak foto di spot ini.

2. Rumah Hobbit

Spot primadona selanjutnya adalah Rumah Hobbit. Area ini didesain semirip mungkin dengan serial film The Hobbit di New Zealand. Dilengkapi pula dengan ornamen kurcaci serta view hutan pinus yang membuat nuansanya persis di negeri dongeng.

3. Panggung Alam

Destinasi Seribu Batu Songgo Langit turut mengusung konsep wisata alam di area panggung alamnya. Selain panggung, ada juga deret kursi dari batang pohon yang estetik. Kawasan ini pun digunakan sebagai panggung seni dan pagelaran lainnya.

4. Taman Bunga Tumpah

Selain keindahan hutan pinus, Seribu Batu Songgo Langit juga memiliki Taman Bunga Tumpah yang indah. Di sini, kamu dapat melihat bunga yang seolah-olah tumpah dari potnya. Ada pula ornamen rumah mini dari kayu yang tampak instagramable.

5. Berkemah di Puncak Songgo Langit

Destinasi Seribu Batu Songgo Langit juga menyediakan camping ground bagi wisatawan yang ingin berkemah. Kamu dapat menikmati malam ditemani bintang yang indah. Lalu, pagi harinya, kamu akan disambut panorama sunrise.

6. Berwisata kuliner

Setelah puas menjelajahi kawasan wisatanya, jangan lupa mampir ke warung. Spot ini didesain dengan bangunan kayu, sehingga mirip warung tradisional. Dilengkapi pula dengan saung yang bisa dimanfaatkan untuk beristirahat.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *