Gumuk Pasir Parangkusumo
Sumber : visitingjogja.com

Gumuk Pasir Parangkusumo, tempat asyik bermain sandboard

Posted on

Gumuk pasir parangkusumo. Kota jogja adalah kota kota wisata, rasanya tidak begitu mengherankan jika banyak orang yang menyatakan demikian, pasalnya kota ini memang menyuguhkan berbagai macam destinasi wisata yang menarik, dan dikunjungi banyak wisatawan baik yang dari dalam maupun luar negeri, dan salah satu destinasi wisata yang sangat direkomendasikan untuk kamu  adalah gumuk pasir parangkusumo. Gumuk pasir adalah gundukan pasir yang terjadi akibat hembusan angin yang membawa pasir. Gumuk pasir ini terbentuk dari material gunung merapi yang berpindah melalui sungai opak dan sungai progo kemudian terbawa ombak dan mengendap di pantai, material yang mengendap tersebut kemudian terbawa angin berpindah ke suatu tempat di daratan dan menjadi gumuk pasir. Dan konon gumuk pasir ini adalah  satu-satunya di asia tenggara.

 

Gumuk Pasir Parangkusumo
sumber : rutemu.com

Lokasi dan rute Gumuk Pasir Parangkusumo

Lokasi wisata ini berada di Kawasan pantai parangtritis sehingga sangat mudah untuk ditemukan tepatnya adalah di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, DIY dengan perkiraan jarak tempuh dari kota jogja sekitar 28 km dan waktu tempuh kurang lebih 45 menit.

Untuk menuju gumuk pasir ini dari kota jogja mulailah dengan menuju jalan parangtritis lurus saja sampai menemukan loket masuk pantai parangtritis.

Jam Oprasional

Gumuk pasir parangkusumo  buka setiap hari pada jam 06.00- 19.00

Baca Juga :

baca artikel wisata menarik lainya di Wisatarakyat.comdan dapatkan informasi menarik lainya di samudrapikiran.com

Harga tiket gumuk Pasir Parangkusumo

Tiket masuk Gratis
Parkir Motor Rp. 3.000
Parkir Mobil Rp. 10.000
Sewa Sandboard Rp. 100.000
Parkir bus Rp. 20.000

Catatan  harga tiket bisa berubah sesuai kebijakan pengelola

Gumuk Pasir Parangkusumo
Sumber : www.cvtugurentcar.com

Daya Tarik

Bermain sandboarding

Adanya gumuk pasir parangtritis merupakan fenomena alam yang jarang terjadi dan ini yang menjadikan lokasi ini menjadi istimewa, salah aktifitas yang dapat kamu lakukan di sini adalah adalah bermain sandboarding, yaitu kegiatan berselancar di atas pasir dengan menggunakan papan seluncur, kegiatan ini memang cukup menantang tapi kamu jangan khawatir karena pengelola juga sudah menyediakan perlengkapan agar kamu berselancar dengan aman, untuk informasi sebaiknya untuk berkunjung ke gumuk pasir parangkusumo Yogyakarta adalah pada sore hari, di saat cuaca tidak terlalu panas, agar kamu lebih bisa menikmati sensai berseluncur di atas pasir dengan maksimal tanpa merasa kepanasan karena cuaca.

Spot foto instagramable

Ketika berkunjung ketempat wisata rasanya kurang lengkap kalau tidak diabadikan dalam bentuk foto. Tidak terkecuali ketika kamu ke wisata gumuk pasir parangtritis, gundukan pasir di lokasi ini yang tidak beraturan akan membuat pemandangan yang lebih menarik, dan ada juga pohon cemara dan pohon kaktus yang dapat kamu gunakan sebagai latar pengambilan foto, dan bahkan di gumuk pasir parangkusumo Yogyakarta ini tersedia spot-spot foto buatan yang disiapkan pengelola untuk kamu agar foto kamu lebih keren lagi.

Menikmati sunset

Menikmati matahari terbenam adalah salah satu kegiatan yang cocok untuk mengusir kebosanan dan lelah dari rutinitas harian kamu, gumuk pasir parangtritis adalah lokasi yang direkomendasikan untuk kamu untuk melihat sunset, kamu dapat mengabadikan momen ketika matahari sudah mulai tenggelam dengan gradasi warna langit yang sedikit demi sedikit berubah dari warna biru menjadi kemerahan, hamparan padang pasir berubah menjadi siluet yang mengagumkan, di sana kamu juga akan melihat berbagai macam pemandangan seperti  jalan-jalan desa dan pemukiman penduduk

Fasilitas

Fasilitas yang ada di gumuk pasir parangkusumo Yogyakarta antara lain rumah makan, toilet dan lahan parkir yang luas

 

8 thoughts on “Gumuk Pasir Parangkusumo, tempat asyik bermain sandboard

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *