Indahnya Grojogan Watu Purbo – Grojogan Watu Purbo menjadi sajian wisata rekomended terbaru di Yogyakarta. Obyek wisata satu ini sebenarnya sudah ada sejak lama, namun viral dan trending beberapa waktu yang lalu.

Air Terjun Watu Purbo sendiri berada di Sungai Krasak dengan desain bertingkat sehingga menyajikan pemandangan yang mempesona. Gemericik air yang ada di tempat ini bisa menenangkan jiwa anda ketika jenuh dan bosan terlalu lama dirumah saja.

Baca juga: Destinasi Wisata Bali Safari And Marine Park, Mengenal Satwa Liar Sambil Berwisata

Selain pemandangan Grojogan Watu Purbo, anda juga bisa melihat megahnya gunung merapi dari tempat satu ini ketika cuaca sedang cerah. Keindahan yang di tawarkan pun sangat rekomended untuk anda jadikan spot foto instagramable.

Grojogan Watu Purbo sendiri di bangun pada tahun 1975 dengan 6 tap/grojogan untuk menahan laju erupsi Gunung Merapi.

Ketika anda bingung akan menghabiskan libur akhir pekan kemana. Destinasi wisata Grojogan Watu Purbo Jogja bisa menjadi referensi liburan murah meriah di Yogyakarta. Berikut review singkat Air Terjun Watu Purbo untuk referensi liburan menyenangkan anda di Yogyakarta.

Booking.com

Lokasi Grojogan Watu Purbo

Ketika anda ingin mengunjungi obyek wisata satu ini, anda tidak akan merasa kesulitan. Karena lokasinya sangat mudah untuk anda kunjungi, Grojogan Watu Purbo berada di Bangunrejo, Merdikorejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Jika anda mengunjungi obyek wisata ini dari pusat kota Jogja dengan menggunakan kendaraan. Jarak yang harus di tempuh yaitu sekitar 22 km dengan waktu tempuh kurang lebih 45 menit.

Jika kalian ingin berkunjung menuju lokasi bisa mengunakan Jalan Magelang sampai Pos Polisi Tempel. Kemudian arahkan kendaraanmu menuju Jalan Tempel, Jln. Sedogan-Balentare, dan sampailah di Grojogan Watu Purbo.

Akses menuju lokasi wisata dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun empat, dengan kondisi jalanan aspal yang sudah bagus.

Harga Tiket Masuk Grojogan Watu Purbo

Untuk menikmati sajian wisata alam satu ini, anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Karena untuk melihat dan mengunjunginya, anda akan dikenai biaya tiket masuk wisata sebesar Rp. 2.000,- saja per-orangnya.

Namun bagi anda yang berkunjung dengan kendaraan, ada biaya tambahan yaitu retribusi tiket parkir wisata. Sebesar Rp.5.000,- untuk motor dan Rp.10.000,- untuk mobil.

Jika membawa bus kecil dikenakan biaya Rp. 30.000, sedangkan bus abesar dihargai Rp. 50.000,-. Murah bukan? Nikmati suasana wisata alam yang asri dan masih sangat alami tersebut.

(Harga tiket masuk dan retribusi wisata lainnya di Grojogan Watu Purbo Yogyakarta bisa berubah sewaktu-waktu).

Jam Buka Grojogan Watu Purbo

Obyek wisata Grojogan Watu Purbo sendiri buka setiap hari mulai dari pukul 06.00-18.00 WIB. Pengunjung bisa singgah kapan saja, namun hindari datang dimusim hujan karena terlalu berbahaya karena volume air sedang naik.

Namun saat musim terang, kamu dapat menyaksikan dengan jelas keindahan Air Terjun Grojogan tersebut. Banyak wisatawan luar kota yang datang untuk beristirahat sejenak dari perjalanannya menikmati kesegaran Air Terjun Jogja satu ini.

Daya Tarik Grojogan Watu Purbo

Grojogan Watu Purbo memiliki daya tarik memikat yang mmapu menghipnotis para wisatawan untuk singgah. Wisata alam ini berupa air terjun dengan enam tingkatan yang berasal dari Sungai Krasak dan Bebeng.

Dahulunya, Grojogan Watu Purbo dibuat untuk menahan erupsi Gunung Merapi pada tahun 1975 silam. Awalnya berbentuk dam dengan 6 tingkatan grojogan dengan bebatuan disisi kanan dan kirinya.

Kemudian pada tahun 2017, dam tersebut sudah dialiri air yang kemudian dijadikan sebagai wilayah wisata. Dengan memberikan fasilitas tambahan lengkap disekitar lokasi agar memberikan wisatawan kenyamanan saat berkunjung.

Saat musim kemarau, debit air akan berkurang sebanyak 60 persen sehingga ada yang mengatakan sebaiknya datang saat hujan tiba. Namun perlu diingat bahwa hujan lebat akan terlalu beresiko, sehingga sebaiknya datang saja saat musim terang.

Saat berkunjung wisata alam tersebut, kalian akan disuguhkan dengan pemandangan alam sekitar yang berada persis dibawah Gunung Merapi. Terlihat dengan jelas kemegahan gunung yang masih aktif tersebut.

Nikmati berbagai aktivitas seru dan spot berfoto keren dengan beragam sudut fotografi yang tersedia.

Fasilitas Grojogan Watu Purbo

Meskipun menjadi destinasi wisata baru dan masih minim fasilitas. Namun terdapat beberapa fasilitas pendukung yang bisa anda nikmati ketika mengunjungi obyek wisata satu ini seperti:

  • Area parkir kendaraan
  • Toilet
  • Mushola

Meskipun fasilitas yang tersedia masih sangat minim, namun keindahan yang masih alami menjadi daya tarik wisata tersendiri.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *