Wisatarakyat.com – Mungkin Anda merasa jenuh dengan destinasi yang umumnya dikunjungi di Banten? Sebagai alternatif menarik, pertimbangkan untuk mengunjungi Kampung Baduy yang menawarkan pengalaman yang berbeda. Terletak di Banten, kampung ini bukan hanya salah satu yang tertua, tetapi juga memiliki karakteristik yang unik di Indonesia. Keistimewaannya terletak pada pelestarian kuat terhadap kearifan lokal yang menjadi bagian tak terpisahkan dari identitas kampung ini.

Penduduk Kampung ini dengan gigih menjaga tradisi, adat-istiadat, dan warisan budaya mereka. Mereka berhasil mempertahankan keunikannya di tengah arus modernisasi. Jadi, jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang daya tarik apa saja yang membuat tempat wisata ini begitu terkenal di Banten, mari kita eksplorasi bersama dalam ulasan berikut.

Lokasi Kampung Baduy

Terletak di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Lokasinya sekitar 40 kilometer dari kota Serang dan 150 kilometer dari Jakarta.

Harga Tiket Masuk Kampung Baduy

Harga tiket masuk adalah sebagai berikut:

  • Baduy Luar: Rp30.000 per orang
  • Baduy Dalam: Rp50.000 per orang

Catatan: harga tiket bisa berubah sesuai kebijakan Pengelola Wisata

Jam Operasional

Kampung ini buka setiap hari, mulai dari pukul 07.00 sampai 17.00 WIB.

Daya Tarik Wisata

Kampung Baduy menjadi salah satu destinasi wisata budaya yang populer di Indonesia. Daya tarik wisata Kampung ini antara lain:

1.      Kehidupan adat masyarakat Baduy

Masyarakat ini merupakan masyarakat adat yang masih mempertahankan adat-istiadat dan kearifan lokalnya dengan sangat kuat. Pengunjung dapat menyaksikan langsung kehidupan sehari-hari masyarakat Baduy, seperti cara berpakaian, bertani, dan beribadah.

Baca Juga :  Pantai Bandulu Anyer, Wisata Dengan Keindahan Alamnya

2.      Keindahan alam

Kampung ini terletak di kawasan hutan yang masih asri. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam sekitar, seperti air terjun, sungai, dan perbukitan.

3.      Keunikan budaya

Masyarakat Baduy memiliki berbagai keunikan budaya, seperti pakaian adat, upacara adat, dan bahasa. Pengunjung dapat mempelajari berbagai keunikan budaya masyarakat Baduy.

Fasilitas yang Disediakan

Fasilitas yang disediakan di Kampung ini antara lain:

  • Tempat parkir
  • Toilet
  • Warung makan
  • Tempat penginapan
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x