Wisatarakyat.com – Apa yang membuat tempat wisata hits di Bogor begitu menarik? Banyak orang pasti akan bilang karena keindahan alamnya, dan memang benar. Hal serupa juga berlaku untuk Kampung Budaya, yang punya pemandangan alam cantik dengan nuansa pegunungan. Tapi, di kampung Budaya Sindang Barang ini, kita gak cuma bisa nikmatin keindahan alamnya aja, tapi masih banyak lagi hal lain yang ditawarkan. Terutama, kesenian dan budayanya yang jadi daya tarik utama dari tempat wisata ini.

Lokasi Kampung Budaya Sindang Barang

Terletak di Wilayah Desa Pasir Eurih, Kecamatan Taman Sari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Lokasinya berada di sebelah barat Kota Bogor, sekitar 15 kilometer dari pusat kota. Akses menuju lokasi wisata ini cukup mudah, bisa dilalui dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Harga Tiket Masuk Kampung Budaya Sindang Barang

Harga tiket masuk adalah Rp25.000,- untuk dewasa dan Rp15.000,- untuk anak-anak. Ini sudah termasuk biaya parkir kendaraan. Namun harga tiket bisa berubah sesuai pengelola Wisata.

Jam Operasional

Buka setiap hari, dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB.

Daya Tarik Wisata

Kampung ini merupakan salah satu destinasi wisata budaya di Jawa Barat yang menawarkan berbagai daya tarik wisata, antara lain:

1.      Arsitektur tradisional Sunda

Kampung ini  dihuni oleh masyarakat adat Sunda yang masih mempertahankan arsitektur tradisional Sunda. Rumah-rumah di kampung ini terbuat dari kayu dan bambu dengan atap ijuk.

2.      Budaya Sunda

Kampung Budaya Sindang Barang menjadi tempat yang tepat untuk belajar tentang budaya Sunda. Di sini, pengunjung dapat menyaksikan berbagai pertunjukan seni budaya Sunda, seperti tari topeng, wayang golek, dan pencak silat. Selain itu, pengunjung juga dapat belajar membuat kerajinan tangan khas Sunda, seperti sandal rajut dan wayang kulit dari daun singkong.

Baca Juga :  Curug Cikuluwung Pamijahan Bogor

3.      Kawasan alam

Kampung Budaya Sindang Barang berada di kawasan alam yang asri. Di sini, pengunjung dapat menikmati suasana pedesaan yang tenang dan sejuk.

Fasilitas

Kampung ini menyediakan berbagai fasilitas untuk menunjang kenyamanan pengunjung, antara lain:

  • Area parkir
  • Toilet
  • Tempat ibadah
  • Rumah makan
  • Pusat informasi wisata

Selain itu, Kampung ini juga menawarkan berbagai paket wisata, seperti paket edukasi budaya, paket pertunjukan seni budaya, dan paket menginap.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x