Wisatarakyat.com – Jika sering berlibur ke Tempat Wisata Sumatera Barat, cobalah liburan di Sumatera Utara sekarang. Di sana ada Kampung Keling yang menawarkan pengalaman unik. Sumatera Utara juga memiliki pemandangan indah yang jarang ditemui di tempat lain. Wisata kampung ini memberikan pengalaman budaya lokal yang khas, mirip seperti di China Town atau Little India.

Saat ini, sekitar daerah Medan punya berbagai destinasi budaya menarik dengan desain bangunan yang unik. Jika anggaran terbatas, pilihlah paket wisata murah sebagai solusi. Ada banyak hal menarik yang bisa dijelajahi di Kampung Budaya Sumatera Utara ini. Artikel berikut akan membahas beberapa informasinya. Ayo, simak penjelasannya!

Lokasi Kampung Keling

Kampung Keling atau yang juga dikenal dengan sebutan Little India terletak di Kecamatan Medan Polonia dan Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara. Kawasan ini berada di sekitar Jalan KH. Zainul Arifin, Jalan Hindu, Jalan Ahmad Yani, dan Jalan Gereja.

Harga Tiket Masuk Kampung Keling

Kunjungan ke Kampung ini gratis alias tidak dipungut biaya. Namun, jika ingin mengunjungi kuil-kuil Hindu yang ada di kawasan ini, pengunjung diwajibkan untuk membayar tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang.

Jam Operasional

Kampung ini buka 24 jam, sehingga pengunjung dapat mengunjunginya kapan saja. Namun, waktu terbaik untuk mengunjungi kawasan ini adalah pada sore hari hingga malam hari, saat suasananya lebih ramai dan semarak.

Daya Tarik Wisata

Kampung ini merupakan salah satu destinasi wisata budaya di Kota Medan. Kawasan ini memiliki daya tarik wisata yang unik dan menarik, yaitu:

1.      Arsitektur Bangunan

Kampung ini memiliki arsitektur bangunan yang khas India. Hal ini terlihat dari bentuk rumah-rumah penduduk yang didominasi oleh warna putih dan kuning, serta adanya ornamen-ornamen khas India.

2.      Kuil-Kuil Hindu

Kampung ini memiliki beberapa kuil Hindu yang masih aktif digunakan oleh umat Hindu. Kuil-kuil tersebut antara lain Kuil Shri Mariamman, Kuil Sri Mariamman Tua, Kuil Sri Mahakaliamman, dan Kuil Sri Veera Murugan.

3.      Pusat Kuliner

Kampung ini juga merupakan pusat kuliner khas India. Di kawasan ini, pengunjung dapat menemukan berbagai macam restoran dan kedai yang menyajikan makanan India, seperti nasi biryani, roti canai, tosai, dan sebagainya.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di Kampung ini cukup lengkap, antara lain:

  • Tempat parkir
  • Toilet
  • Tempat ibadah
  • Pusat informasi
Share: