Wisata Pematang Johar – Rekreasi menjadi kebutuhan bagi seluruh masyarakat. Peluang itu yang melandasi pembangunan area Wisata Sawah Pematang Johar. Pengelola dan warga setempat berharap bisa mendapatkan pemasukan tambahan selain dari hasil panen padi. Kawasan wisata ini mengusung tema alam pedesaan yang sejuk dan menenangkan. Sambil menikmati pemandangannya, di sini pengunjung juga bisa menikmati kuliner khas pedesaan.

Tak ketinggalan berbagai fasilitas turut melengkapi. Misalnya jembatan kayu untuk menyusuri area sawah dan beberapa tempat berfoto. Selain itu, tersedia saung yang bisa digunakan secara gratis atau disewa selama sehari penuh. Tak hanya itu, pengelola juga menyediakan danau buatan dan wahana permainan air yang unik.

Baca juga: Keindahan Telaga Wahyu, Destinasi Wisata yang Memiliki Sisi Unik Tersendiri

Lokasi Wisata Sawah Pematang Johar

Pematang Johar berlokasi di Jalan Johar Raya, Dusun IV Rawa Badak, Desa Pematang Johar, Kecamatan Labuhan Deli, Deliserdang, Sumatra Utara. Lokasinya berjarak 17 Km dari pusat kota Medan dan membutuhkan waktu selama 30 sampai 40 menit berkendara. Jalur menuju ke sini bisa dilalui menggunakan motor dan mobil.

Harga Tiket Masuk Wisata Sawah Pematang Johar

Untuk menikmati Wisata Sawah Pematang Johar, pengunjung perlu membayar tiket masuk. Tiket tersebut belum termasuk biaya fasilitas yang ada di dalam kawasan wisata. Bagi yang membawa kendaraan, akan terdapat biaya parkir yang sesuai dengan jenis kendaraannya.

  • Tiket masuk per orang Rp 5.000
  • Parkir motor/mobil Rp 5.000
  • Sewa Saung Rp 2.000/ Rp 3.000
  • Wisata Edukasi Rp Rp 120.000-Rp 150.000
  • Sewa Perahu Bebek Rp 5.000/ 3 kali putaran
  • Sewa Bola Air Rp 15.000/ 15 menit

Jam Buka Pematang Johar

Pematang Johar buka setiap hari dengan jam buka yang sedikit berbeda pada hari Sabtu dan Minggu.

Booking.com
  • Senin-Jumat 08.00-19.00 WIB
  • Sabtu-Minggu 07.00-19.00 WIB

Daya Tarik Pematang Johar

Melepas Penat Dengan Pemandangan Sawah

Pematang Johar menjadi salah satu destinasi wisata pilihan untuk melepas penat bagi masyarakat. Berdiri di atas lahan seluas 1750 hektare, kawasan wisata ini mengusung tema alam pertanian. Pemandangan sawahnya yang hijau akan memanjakan mata dan membuat pikiran menjadi rileks. Namun, saat musim panen, pemandangan tersebut tidak bisa dinikmati oleh pengunjung.

Untuk menyusuri pematang sawah, pengelola sudah membuat jalan yang terbuat dari semen. Jalan tersebut berada di atas pematang sampai ke tepi sawah. Selain itu, ada pula jembatan kayu yang membelah area sawah. Pengunjung bisa menyusuri sawah tanpa perlu khawatir terpeleset karena pematang yang licin.

Pembangunan destinasi wisata ini dengan tujuan untuk meningkat pendapatan petani selain dari hasil pertanian. Berdirinya kawasan wisata ini berkat kerja sama dengan PT Kawasan Industri Medan (Persero). Dengan memanfaatkan lahan sawah yang masih produktif, pengunjung bisa melihat secara langsung kegiatan petani. Selain itu, anak-anak juga bisa mengikuti program edukasi di sini dan merasakan menanam padi secara langsung.

Kulineran Dan Foto Unik Di Wisata Sawah Pematang Johar

Tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner khas pedesaan selama berada di sini. Menu yang tersedia antara lain bebek, ikan gabus, belut, hingga sambal hijau. Makanan tersebut mencirikan khas makanan pedesaan, khususnya di desa yang didominasi oleh wilayah persawahan.

Pengelola memilih menu-menu tersebut agar pengunjung mendapatkan pengalaman yang berkesan saat berekreasi di sini. Contohnya belut, yang menjadi binatang khas yang ada di area sawah. Belut menjadi salah satu pilihan menu yang bisa disantap di area wisata ini. Ditambah dengan suasana pedesaan yang kental, makanan akan terasa lebih nikmat.

Berkeliling Danau Buatan Dengan Perahu Bebek

Tidak hanya menawarkan pemandangan sawah, di sini juga tersedia danau buatan. Saat duduk di saung, pengunjung bisa melihat pemandangan sawah yang hijau di bagian depannya. Sedangkan, di bagian belakang terhampar danau buatan yang cukup cantik. Danau ini memang sengaja dibangun dengan beberapa saung yang mengelilinginya.

Selain untuk mempercantik areanya, di danau ini juga tersedia wahana bebek dayung. Menaiki bebek sambil menikmati keasrian kawasan sekitar dengan berkeliling danau. Perahu bebek ini bisa menampung hingga 2 orang dan disewa sebanyak 3 kali putaran. Pengunjung bisa mengambil foto sambil menjalankan perahu itu.

Fasilitas Pematang Johar

Fasilitas yang tersedia di Pematang Johar tergolong lengkap. Di area wisata ini tersedia jembatan kayu dan jalan setapak yang sudah berlapis semen yang membelah sawah. Selain itu, tersedia juga perahu bebek dan bola air untuk berkeliling danau. Fasilitas lain yang ada di sini yaitu saung, warung makan, toilet, musala, dan lahan parkir.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *