Kebun raya bogor adalah sebuah kebun botani besar yang memiliki luas sekitar 87 hektar dan memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Awalnya kebun ini hanya akan digunakan sebagai kebun percobaan bagi tanaman perkebunan yang akan diperkenalkan di Hindia Belanda.

Namun pada perkembanganya pendirian kebun raya bogor dapat dikatakan mengawali perkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia dan sebagai wadah bagi ilmuwan terutama bidang botani di Indonesia secara terorganisasi pada zaman itu (1880-1905).

Dari sini kemudian lahir beberapa institusi ilmu pengetahuan seperti Bibliotheca Bogoriensis (1842), Herbarium Bogoriense (1844), Kebun Raya Cibodas (1860), Laboratorium Treub (1884), dan Museum dan Laboratorium Zoologi (1894). Saat ini kebun raya bogor selalu ramai dikunjungi sebagai tempat pariwisata terutama pada akhir pekan.

Lokasi Kebun Raya Bogor

Jl. Ir. H. Juanda No.13, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16122

Harga Tiket Kebun Raya Bogor

Senin – Jumat

Wisatawan Lokal : Rp. 16.500

Wisatawan Asing : Rp. 16.500

Booking.com

Sepeda : Rp. 15.000

Sabtu, Minggu, Hari Libur Nasional

Wisatawan Lokal : Rp. 26.500

Wisatawan Asing : Rp. 26.500

Sepeda : Rp. 20.000

Parkir

Mobil : Rp. 50.000

Motor : Rp. 5.000

Jam Operasional

Senin – Jum’at : 08.00 – 16.00

Sabtu, Minggu, Hari Libur Nasional : 07.00 – 16.00 WIB

Daya Tarik

Selain arenanya luas kebun raya bogor juga memiliki Museum yang unik, yaitu museum Zoologi, di museum ini terdapat berbagai koleksi rangka maupun hewan yang sudah mematung karena diawetkan hewan-hewan tersebut menempati kotak-kotak pajangan yang berbentuk aquarium.

Objek wisata ini juga memiliki koleksi ribuan tanaman Bunga dan pohon, disini wisatawan bisa mengenal banyak sekali tanaman, bahkan di setiap pohon terdapat label, sehingga pengunjung bisa mengidentifikasi nama-nama tanaman dan pohon di tempat ini.

Hal menarik lainya adalah danau kecil di dalam kebun botani dengan posisi langsung menghadap istana Bogor, pengunjung bisa duduk santai sambil menikmati halaman istana bogor, apalagi dengan adanya pepohonan rindang yang mengelilingi danau tentu akan membuat suasana lebih tenang dan nyaman.

Untuk yang suka olahraga, tempat wisata ini juga memungkinkan pengunjung untuk berolahraga mulai dari jogging hingga bersepeda mengitari trek yang tersedia.

Fasilitas

  • Area Parkir
  • Rumah makan
  • Kursi untuk bersantai
  • Toilet
  • Dll

Baca Juga :

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *