Keindahan Air Terjun Mangku Sakti – Air Terjun Mangku Sakti salah satu objek wisata alam yang tersembunyi di Sembalun, Lombok Timur, NTB yang menarik dijelajahi saat liburan. Air terjun yang menyegarkan ini memiliki air berwarna toska, pesona tebing batu dan keindahan alam yang memanjakan mata.

Bagi Anda yang menyukai wisata air terjun maka Anda wajib berkunjung ke tempat ini, Air Terjun Mangku Sakti memiliki keindahan alam yang belum banyak orang tau. Mungkin hanya masyarakat sekitar dan beberapa pengunjung domestik yang datang kesini di Pulau Lombok. Oleh karena itu wisata ini dapat dikatakan sebagai tempat wisata hidden gems.

Baca juga: Panorama Objek Wisata Embung Banjaroya di Kalibawang Kulon Progo Yogyakarta

Air terjun ini memiliki banyak keindahan yang ditawarkan dan akan membuat Anda berdecak kagum saat menikmatinya. Selain itu, Air Terjun Mangku Sakti juga memiliki keunikan tersendiri yang tak dimiliki oleh wisata air terjun lainnya.

Lokasi Air Terjun Mangku Sakti

Air Terjun ini berada Lombok Timur, tepatnya di desa Sajang, kecamatan Sembalun. Lombok memang terkenal dengan keindahan pantai yang sudah sampai dunia internasional. Namun, siapa sangka ternyata air terjun yang indah ini terdapat di kawasan Lombok.

Jika Anda berada di kota Mataram makan akan menempuh jarak sekitar 175km untuk ke Air Terjun Mangku Sakti yang akan memakan waktu sekitar 4 jam. Banyak akses kok untuk ke tempat wisata ini sehingga akan memudahkan Anda untuk mengunjungi tempat ini.

Booking.com

Jika Anda berada di dareah Lombok bagian utara akses yang Anda lewati adalah ke Senggigi lalu ke arah Bangsal di lanjutkan dengan ke arah Tanjung. Dari sini Anda menuju daerah Selengan kemudian Batu Gembung lalu ke arah Bayan setelah itu menuju arah Senaru kemudian ke bagian Dasan Grisak. Nah dari sini Anda sudah dekat lokasi tujuan Anda ke arah Desa Sambiq Elen dan sampai lah di Sajang.

Nah, Anda waktu melewati daerah Sembalun-Bayan menggunakan jalan pertama maka gerbang dari Air terjun berada di sebelah kiri. Dan untuk Anda yang berada di bagian Lombok timur Anda dapat lebih mudah untuk mengakses tempat ini. Tinggal buka aplikasi google maps maka Anda akan menemukan tempat ini.

Karena akses untuk ke Air terjun ini Anda masih diharuskan berjalan kaki dan melewati jalur yang terjal sebaiknya datang saat musim kemarau. Hal ini untuk menghindari jalan yang becek atau basah sehingga Anda dapat berwisata dengan tenang. Meski jalur untuk ke air terjun yang seperti ini tapi semua perjalanan yang melelahkan ini akan dibayar dengan keindahan air terjun ini. Anda juga sebaiknya menyewa masyarakat sekitar untuk mengantar Anda ke tempat air terjun agar tidak tersesat.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Mangku Sakti

Untuk masuk ke destinasi wisata Mangku Sakti Anda akan dikenakan biaya sekitar lebih kurang Rp10.000-20.000. Anda tidak akan dikenakan biaya tambahan saat masuk ke tempat ini cukup membayar sekali saja dan Anda akan dapat menikmati panorama alam. Siapkan biaya lebih jika Anda tidak ingin membawa bekal saat kesini.

Daya Tarik Wisata Air Terjun Mangku Sakti

Wisata air terjun ini memiliki daya tarik yang akan membuat para pengunjung betah, berikut ini beberapa daya tarik yang dimiliki oleh Air Terjun Mangku Sakti:

1. Suasana Alam yang Asri

Seperti yang sudah Anda baca diatas daerah ini merupakan hidden gems jadi masih jarang didatangi pengunjung yang membuat tempat ini masih memiliki keasrian yang terjaga. Ditambah lagi dengan pepohonan hijau di sekeliling air terjun yang membuat suasana asri semakin terasa.

2. Panorama Air Terjun yang Memukau

Banyak pengunjung yang takjub dengan keindahan alami di tempat ini, sungguh keindahan yang belum tentu bisa Anda jumpai di kawasan air terjun lainnya. Rimbunnya pepohonan, warna air dan dinding batuan di sekitar tempat ini juga memberikan kesan yang sangat nyaman.

3. Keunikan Warna Air

Air terjun ini memiliki ciri khas yaitu berupa warna dari air terjun, jika Anda biasa menjumpai warna air terjun jernih. Maka di air terjun cantik ini, Anda akan menemukan keunikan yang langka terjadi karena air disini bewarna biru kehijau-hijauan atau disebut warna tosca. Unik bukan karena inilah tempat wisata ini memiliki daya tarik yang berbeda dari yang lainnya.

4. Batuan Alam yang Abstrak

Selain warna dari air yang jarang ditemui pada destinasi wisata air terjun, tempat ini juga memiliki daya tarik pada dinding batuan. Batuan yang berada di sepanjang aliran air dan di kawasan Air Terjun Mangku Sakti ini menambah kesan unik dan indah.

Batuan disini memiliki bentuk yang abstrak sebagian terbentuk karena terkikis oleh aliran air terjun dan sebagian terbentuk secara alami.  Jarang ditemui air terjun yang memiliki dinding batuan di sekitar aliran air. Selain itu dinding-dinding batuan ini juga menambah keindahan dari air terjun.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Air Terjun Mangku Sakti, Lombok

Masih kurangnya perhatian dari pemerintah sehingga berdampak juga kurangnya pengelolaan pada kawasan ini. Seperti akses ke tempat ini pengunjung masih harus berjalan sekitar 4km, dan jalan yang dilewati juga terjal dan curam. Memang butuh tenaga ekstra untuk menikmati keindahan air terjun ini.

Sebenarnya kawasan ini dapat menjadi destinasi wisata yang akan menarik banyak pengunjung jika dikelola dengan sangat baik dan di tempat ini juga jarang ada penjual. Saat berkunjung, Anda butuh membawa bekal agar tidak kelaparan setelah menikmati pesona alam yang tersaji.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *