Keindahan Curug Ciburial Bogor – Curug Ciburial bisa jadi destinasi menarik untuk Anda yang sedang berada di Bogor. Keindahan air terjun kembar serta segarnya aliran sungai yang masih alami jadi daya tarik utama hidden gem Kabupaten Bogor ini.

Bahkan tidak jarang, pengunjung dari luar kota memanfaatkan layanan sewa avanza Bogor terdekat untuk mengantar mereka ke tempat ini. Penasaran dengan keseruan lain yang bisa Anda dapatkan di sini? simak ulasan lengkapnya berikut:

Baca juga: Destinasi Flora Wisata San Terra, Wisata Lokal Nuansa Luar Negeri

Lokasi Curug Ciburial

Curug Ciburial lebih tepatnya beralamat di Desa Karang tengah, Kecamatan babakan Madang, kabupaten Bogor, Jawa Barat. Surga tersembunyi di tengah hutan belantara Bogor ini tak jauh dari kota metropolitan, Jakarta. Jarak antara Jakarta dengan wisata curug ini kurang lebih hanya 60 kilometer. Bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi cukup menempuh perjalanan selama kurang lebih 2 jam.

Bagi Anda wisatawan yang memulai perjalanannya dari Sirkuit Sentul, Bogor cukup menempuh perjalanan 1 jam. Anda tidak perlu merasa cemas akan salah arah karena saat ini zaman teknologi sudah semakin canggih. Cukup Anda buka google maps saja.

Setelah sampai di arena parkir, Anda harus menempuh perjalanan kurang lebih 1 atau 2 jam untuk sampai di lokasi melewati Gunung Kuta. Dikarenakan medan treknya yang licin dan terjal, akan lebih aman jika Anda menggunakan alas kaki yang nyaman dan savety.

Booking.com

Curug yang menyimpan keindahan tersembunyi ini terletak di bawah tebing pendek. Letaknya cukup curam karena mengikuti aliran sungai.

Harga Tiket Masuk Wisata Curug Ciburial

Pada umumnya harga tiket masuk sebuah tempat wisata antara hari biasa dan hari libur memiliki patokan yang berbeda. Hari biasa merupakan hari-hari jam atau disebut weekday yakni Senin sampai Jumat. Adapun untuk hari libur atau weekday yaitu antara hari sabtu sampai minggu.

Namun, harga yang ditetapkan di wisata Curug Ciburial ini tidaklah mahal. Bahkan antara hari biasa dan hari libur pun tidak ada perbedaan. Anda cukup membayar tarif tiket masuk seharga Rp 20.000 dan biaya parkir Rp 5.000.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Ciburial

1. Berada di Kawasan Hutan

Tidak selamanya hutan itu seram. Buktinya di tengah hutan belantara Kota Bogor yang sering disebut sebagai kota hujan ini terdapat sebuah wisata yang menakjubkan. Anda tidak akan merasa kecewa ketika sudah melihat lokasi Curug Ciburial.

Luasnya lahan yang berhektar-hektar dan dipenuhi oleh pepohonan nan tinggi ternyata menyembunyikan keindahan yang belum banyak dikenal orang. Sebuah curug menyuguhkan pemandangan air yang membuat mata terpana.

2. Nuansa yang Sejuk

Lokasi curug yang dihiasi oleh rimbunnya pohon-pohon di tengah hutan pasti memiliki udara yang begitu sejuk. Apalagi istilah curug sering diidentikan berada di lokasi yang memiliki ketinggian tertentu. Tentu suhu udaranya akan terasa lebih dingin dan menyejukkan.

Pohon-pohon hijau memberikan udara yang segar. Suasana sejuk dan asri akan membuat Anda tidak merasa bosan. Tanpa disadari pun Anda akan merasa betah berlama-lama menikmati nuansa air terjun ini.

3. Indahnya Aliran Air Terjun

Curug Ciburial memiliki pesona air terjun yang mengalir dari ketinggian 5 meter. Meskipun tidak terlalu tinggi, tetapi keindahannya tidak kalah dengan pemandangan air terjun yang sudah terpopuler.

Air terjun tersebut mengalir deras membelah bebatuan pada kedua sisi. Batu-batu di sisi kanan dan kiri seolah memberikan kesempatan air untuk mengalir menuju kolam bawah. Selain itu, nampaknya kejernihan air yang mengalir dipadukan dengan warna coklat bebatuan membuat air semakin terlihat hijau kebiruan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Curug

1. Area Parkir

Area parkir di lokasi Curug Ciburial cukup luas. Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi maupun umum tidak perlu merasa khawatir. Anda cukup membayar dengan harga Rp 5.000 untuk jasa parkir.

2. Tempat Penitipan Helm

Terkadang yang membuat wisatawan merasa tidak nyaman ketika membawa kendaraan roda dua adalah peletakan helm yang kurang aman. Di tempat umum banyak tangan-tangan jahil yang membuat korbannya merasa kesal.

Namun, hal ini tidak terjadi di wisata yang menyajikan keindahan air terjun cantik ini. Anda bisa merasa lebih tenang untuk menaruh helm karena ada jasa penitipan helm. Anda cukup membayar Rp 3.000 untuk menitipkan helm Anda.

3. Toilet

Keberadaan toilet di tempat umum terutama objek wisata merupakan hal yang sangat dibutuhkan pengunjung.

Anda tidak perlu merasa panik ketika ingin buang air. Meskipun objek wisatanya berada di tengah hutan belantara, tetapi keberadaan toilet yang disediakan sangat layak untuk digunakan.

Ketersediaan air dan kebersihan toilet menjadi tanggung jawab cleaning service yang bekerja di kawasan Curug Ciburial. Oleh karenanya, Anda tidak perlu merasa khawatir akan terbengkalai jika ingin ke toilet.

4. Warung

Deretan warung yang berdiri semi permanen akan membuat Anda lebih nyaman. Perjalanan yang cukup memeras tenaga pasti membutuhkan energi untuk mengembalikan rasa lelah. Ya, di warung-warung inilah Anda bisa memesan aneka makanan.

Meskipun makanan yang dijajakan bukan makanan kelas berbintang, tetapi rasanya tidak kalah enak. Apalagi jika Anda menyantapnya sambil menikmati pemandangan alam yang masih asri, sungguh menjadi nikmat tersendiri. Rasa indah dan nyaman tidak selalu identik dengan harga mahal.

5. Tempat Bersantai

Di Air Terjun Ciburial terdapat pohon pohon yang rindang. Anda bisa memanfaatkannya untuk berteduh atau beristirahat. Selain pohon-pohon juga terdapat tebing-tebing batu besar yang dapat dijadikan spot untuk bersantai sekaligus berfoto.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *