Monumen Jendral Sudirmn
sumber : www.indoplaces.com

Monumen Jendral Sudirman Pacitan, tempat mengenang sejarah Jendral Sudirman

Posted on

Monumen Jendral Sudirman. Kota Pacitan merupakan salah satu kota yang menyimpan banyak objek wisata di Provinsi Jawa Timur. Bila anda sedang berlibur ke Jawa Timur maka sempatkan untuk mengunjungi kota Pacitan.

Di kota Pacitan, anda bisa berlibur sambil mengenang sejarah perjuangan Jendral Sudirman, yaitu dengan berkunjung ke Monumen Jendral Sudirman.

Monumen ini dibangun dan diresmikan pada 15 Desember 2008 oleh Presiden RI ke-6, yaitu Susilo Bambang Yudhoyono. Monumen ini dibangun sebagai bentuk penghormatan dan untuk mengenang Jendral Besar Sudirman.

Lokasi & Rute Monumen Jendral Sudirman

wisata Monumen  berada di Dusun Sobo, Desa Pakis Baru, Kecamatan Nawangan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Terdapat rute termudah yang bisa anda lalui untuk sampai ke lokasi Monumen Jendral Sudirman. Anda bisa melalui jalan utama Wonogiri-Ponorogo lalu anda akan sampai di Kecamatan Purwantoro, kemudian dilanjutkan ke arah jalan alternatif menuju Pacitan hingga bertemu dengan penunjuk jalan menuju monumen.

Jam Buka & Harga Tiket

objek Wisata ini buka dari jam 07.00 sampai jam 17.00. dan untuk masuk lokasi wisata ini kamu tidak perlu untuk mengeluarkan biaya

Baca juga :

Artikel menarik lainya di wisatarakyat.com

Sejarah Patung Jendral Sudirman

Dahulu, Jendral Sudirman pernah bermarkas di Desa Pakis Baru dari 1 April 1949 hingga 7 Juli 1949. Sebelumnya, pada tanggal 1 Maret 1949 terjadi peristiwa serangan besar di Yogyakarta, yang kita kenal sebagai peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949.

Pada saat peristiwa itu terjadi, militer Indonesia yang berada di bawah kepemimpinan Jendral Sudirman mengerahkan tenaga dan melakukan perlawanan ke Yogyakarta.

Peristiwa tersebut kemudian menjadi latar belakang didirikannya Monumen Jendral Sudirman di beberapa tempat, seperti di titik 0 Kilometer Malioboro dan di Desa Pakis Baru sebagai bentuk penghormatan dan pengingat akan perjuangan Jendral Sudirman dan pasukannya.

Patung Raksasa Jendral Sudirman

Ketika anda berkunjung ke Monumen ini, anda akan disuguhkan patung raksasa Jendral Sudirman yang tingginya mencapai 8 meter.

Untuk bisa melihat patung raksasa Jendral Sudirman dari dekat, anda harus melalui 70 anak tangga terlebih dahulu. Anak tangga tersebut dibagi menjadi tiga bagian. Bagian pertama berjumlah 45 anak tangga, bagian kedua 8, dan bagian ketika berjumlah 17.

Jika anda menyadarinya, makna dari pembagian anak tangga tersebut melambangkan tanggal kemerdekaan Indonesia, yaitu 17 Agustus 1945.

Di kawasan patung raksasa Jendral Sudirman, anda akan melihat lapangan yang sangat luas dan dikelilingi bangunan berbentuk persegi. Pada setiap sisi dinding bangunan tersebut digambarkan kisah hidup Jendral Sudirman dengan berbentuk relief dari tembaga.

Apabila anda ingin melihat relief tersebut lebih jelas maka anda harus mengelilingi lapangan tersebut. Jumlah keseluruhan relief yang berada dinding bangunan ada 38.

Semua rekam jejak kehidupan Sang Jendral mulai dari kelahirannya hingga wafatnya tergambar pada dinding tersebut, sehingga anda benar-benar akan mengetahui kisah hidup Jendral Sudirman sekaligus dapat mengambil pelajaran penting dari beliau.

Selain dimanjakan dengan keindahan patung besar raksasa Jendral Sudirman dan lapangan hijau yang luas dan dikelilingi oleh bangunan yang penuh dengan relief estetik, anda juga akan dimanjakan oleh 12 pilar melengkung ketika berada di pintu masuk.

12 pilar tersebut berada di sebalah kanan dan kiri lorong. Anda juga akan menjumpai tiang bendera berukuran besar yang berdiri kokoh di tengah pelataran.

ketika Berkunjung ke Monumen ini , anda tidak hanya puas dengan monumennya yang indah dan eksotis penuh dengan sejarah, tetapi anda juga akan puas dengan suasana dan kondisi di sekitar monumen yang sejuk dan menyenangkan.

Fasilitas

  • Area Parkir
  • Warung makan
  • Toilet
  • Gazebo
  • Ruang Audio Visual

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *