Keindahan Waduk Sermo Yogyakarta – Waduk Sermo, salah satu sajian wisata alam yang mempesona dengan keindahan alam yang luar biasa. Obyek wisata Waduk Sermo Jogja sendiri bukan wisata baru namun sedang naik daun bagi kunjungan wisatawan di Yogyakarta.

Destinasi wisata alam Waduk Sermo Yogyakarta sendiri berlokasi di Kulon Progo. Dibangun pada tahun 1996 dan diresmikan oleh presiden RI ke-2 yaitu Bapak Soeharto.

Baca juga: Destinasi Wisata Petik Buah Istana Jambu Kediri, Wajib Kalian Kunjungi 2023

Sajian pesona alam yang disajikan oleh waduk buatan di Jogja satu ini akan membawa jiwa anda dalam suasana yang menenangkan. Hamparan telaga yang luas dengan panorama perbukitan hijau pastinya rekomended untuk kunjungan berlibur di Yogyakarta.

Selain keindahan, Waduk sermo juga akan memanjakan liburan anda dan keluarga dengan berbagai macam spot wisata rekomended. Penasaran apa saja? Berikut informasi wisata Waduk Sermo Jogja yang bisa anda jadikan referensi kunjungan berlibur bersama orang tercinta.

Lokasi Waduk Sermo

Destinasi wisata alam Waduk Sermo sendiri bisa anda kunjungi dengan mudah. Karena jalan yang sudah baik dan rute lokasi yang sudah bisa anda akses dengan kendaraan.

Booking.com

Lokasi dari Waduk Sermo sendiri berada di Sremo Lor, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Jika anda berkunjung ke Waduk Sermo dari pusat kota Jogja, jarak yang harus anda tempuh kurang lebih 45 km.

Anda bisa berkunjung menggunakan kendaraan dengan waktu tempuhnya kurang lebih 90 menit perjalanan. Jika bingung rute terbaik ketika ingin berkunjung ke Waduk Sermo Jogja?. Berikut peta lokasi yang bisa anda akses untuk liburan yang lebih mudah dan menyenangkan.

Harga Tiket Masuk Waduk Sermo

Sajian wisata Jogja yang murah meriah nampaknya menjadi daya tarik utama dari kota satu ini. Untuk kunjungan wisatawan yang luar biasa setiap tahunnya. Selain rekomended dengan ramahnya masyarakat Jogja. Wisata murah meriah juga akan senantiasa menemani perjalanan liburan anda di Kota Gudeg satu ini.

Salah satu wisata alam murah namun tidak murahan di Jogja yaitu Waduk Sermo. Karena untuk menikmati keindahan dan pesona dari Waduk Sermo sendiri anda cukup membayar tiket masuk wisata dengan harga Rp.6.000/orang. Bagi wisatawan yang ingin melakukan camping akan dikenakan biaya sebesar Rp.15.000/orang.

Sangat murah bukan? Sedangkan untuk biaya tambahan lainnya yaitu ketika anda berkunjung menggunakan kendaraan. Karena ada tiket retribusi parkir wisata Rp.2.000 untuk motor dan Rp.5.000 ketika anda berkunjung menggunakan mobil.

Nikmati keindahan dari tempat ini sepuas hati untuk memanjakan jiwa anda yang haus akan piknik. (Harga tiket masuk waduk sermo dan retribusi lainnya bisa berubah setiap waktu).

Jam Buka Waduk Sermo

Operasional wisata dari destinasi Waduk Sermo sendiri buka setiap hari mulai dari jam 07.00-17.00 WIB. Namun bagi wisatawan yang melakukan camping, jam operasional yang berlaku yakni selama 24 jam.

Anda bisa datang kapan saja, namun pastikan saat cuaca sedang cerah karena akan menunjang kenyamanan Anda saat berada disana. Apalagi jika berencana melakukan camping, cuaca yang cerah sangat menentukan keberlangsungan camping Anda disana.

Liburan adalah waktu yang ditunggu-tunggu oleh wisatawan, karena banyak aktivitas dan kegiatan menraik yang bisa dilakukan diakhir pekan. Salah satunya dengan berkunjung ke wisata alam seperti Waduk Sermo satu ini.

Daya Tarik Waduk Sermo

Wisata Waduk Sermo merupakan salah satu destinasi liburan yang selalu ramai dikunjungi setiap harinya. Tetapi akan sangat ramai saat menjelang liburan akhir pekan atau hari libur panjang.

Wisata Jogja satu ini menawarkan pesona keindahan waduk yang membentang luas dengan rangkaian perbukitan hijau disekitarnya. Lokasi Waduk Sermo berada di Kulon Progo, salah satu Kabupaten di Yogyakarta yang unggul disektor pariwisata.

Tak heran jika banyak wisata berbasis alam, kuliner, sejarah, hingga seni yang ada di Kulon Progo. Salah satunya yakni wisata alam Waduk Sermo yang trending di sosial media akan popularitasnya yang sedang naik.

Dikelilingi perbukitan yang hijau membuat view alam yang terlihat dari waduk ini semakin menawan. Kejernihan airnya memantulkan cahaya sinar matahari yang memberikan kehangatan bagi siapa saja.

Meski sedang dalam cuaca panas. Namun suasana di Waduk Sermo ini akan selalu sejuk dan segar yang dibawa oleh angin semilir. Waduk Sermo sendiri diresmikan dan dibuka oleh Presiden Soeharto pada tahun 1989 yang memakan pembangunan hampir 3 tahun.

Memiliki luas lahan dengan total 7000 hektar yang digunakan untuk membantu sistem pengairan dari berbagai wilayah. Selain itu, juga digunakan sebagai sumber air bersih PDAM oleh warga sekitar.

Fasilitas Waduk Sermo

Menjadi destinasi wisata klasik di Jogja membuat Waduk Sermo dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas pendukung seperti:

  • Area parkir kendaraan yang luas
  • Mushola
  • Warung wisata
  • Toilet
  • Spot Foto
  • Wahana wisata
  • Gazebo
  • Camping area
  • Spot memancing

Nikmati liburan di Jogja lebih menyenangkan dengan berkunjung ke Waduk Sermo dan menikmati berbagai macam fasilitas pendukung yang tersedia.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *