Pantai Balangan Bali – Pantai Balangan atau Balangan Beach merupakan sebuah pantai yang cukup tersembunyi di Bali bagian selatan. Karena memang untuk menuju pantai ini kamu akan melewati jalan yang cukup sempit, dan masih jarang dilalui kendaraan.

Tidak seperti pantai Kuta di mana jalannya selalu dihiasi oleh lalu lalang kendaraan serta ramainya kunjungan dari wisatawan.

Baca juga: Wisata Alam Pasong Temanggung, Camping Menanti Golden Sunrise

Meski begitu, keindahan Pantai Balangan banyak diabadikan oleh pasangan yang hendak menikah, atau biasa disebut foto prewedding. Bahkan terdapat lokasi khusus untuk mereka yang hendak melakukan kegiatan foto prewedding.

Lokasi & Alamat Pantai Balangan

Alamat Pantai Balangan berada di Desa Ungasan, Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Bali. Lokasinya berada sekitar 35 menit dari Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Untuk menuju Pantai Balangan, lebih baik menggunakan kendaraan pribadi atau dengan menyewanya. Karena tidak ada angkutan umum yang akan mengantarkanmu ke Pantai Balangan.

Booking.com

Berawal dengan menyusuri Jalan Uluwatu, kemudian ketika bertemu perempatan jalan beloklah ke kanan untuk menuju Jalan Pantai Balangan.

Di sepanjang Jalan Pantai Balangan, kamu akan menemui jalan yang sempit, berkelok-kelok serta beberapa bagian yang menanjak. Meski begitu kondisi jalannya bagus dan beraspal.

Setelah parkir kendaraan, kamu harus berjalan menuruni beberapa anak tangga untuk menuju bibir pantai. Waktu yang dibutuhkan tidak lama kok, hanya sekitar 5 menit saja.

Harga Tiket Masuk Pantai Balangan

Tiket masuk Pantai Balangan, hanya cukup membayar biaya parkir kendaraan yang kamu gunakan saja, yakni:

  • Untuk kendaraan roda dua dengan membayar sebesar Rp. 5.000,-
  • Sedangkan untuk kendaraan roda empat membayar Rp. 10.000,-

Sama halnya seperti beberapa pantai di Bali pada umumnya, jam operasional Pantai Balangan terbuka selama 7 hari seminggu dan 24 jam sehari.

Daya Tarik Wisata Pantai Balangan

1. Pantai Yang Indah

Bali memang identik dengan keindahan pantainya, maka tak heran jika wisatawan di Bali akan menjadikan pantai sebagai tujuan wisata mereka yang pertama.

Katakanlah Pantai Pandawa, Pantai Nusa Dua, kemudian ada Pantai Tegal Wangi Jimbaran, Crystal Bay Beach dan Pantai Kelan. Pantai-pantai tersebut memiliki ciri khasnya masing-masing.

Tak ketinggalan dengan Pantai Balangan itu sendiri, dimana pantai ini tercatat sebagai salah satu pantai terbaik Jimbaran dengan beberapa pantai lain seperti Pantai Padang-Padang, Pantai Suluhan, Pantai Dreamland dan Pantai Bingin.

2. Spot Foto Prewedding Yang Cantik

Pantai Balangan menjadi lokasi favorit untuk melakukan pemotretan prewedding, dengan keindahan lautan biru. Sehingga memberi kesan romantis dan alami.

Spot untuk pemotretan prewedding berada tak jauh dari tempat parkir, dan berada di atas bukit. Sehingga akan menampilkan Pantai Balangan dengan air lautnya yang berwarna biru serta hiasan bukit-bukit di sekitarnya.

3. Ragam Wisata Yang Seru

Ketika berada di Balangan Beach, kamu dapat melakukan beberapa ragam wisata yang pastinya seru banget diantaranya:

  • Berenang dan bermain air,
  • Surfing,
  • Memancing, dan
  • Kulineran di cafe.

Waktu yang tepat mengunjungi Pantai Balangan ialah ketika air laut sedang surut, di mana kamu dapat bermain air atau bahkan berendam di antara batuan karangnya.

Fasilitas di Balangan Beach

Fasilitas yang ada di Balangan Beach atau Pantai Balangan diantaranya:

  • Area parkir yang cukup luas,
  • Spot untuk prewedding,
  • Toilet,
  • Kursi-kursi panjang yang diberi payung,
  • Cafe dan Restoran, dan
  • Penginapan.

Penginapan di Sekitar Balangan Beach

Meski berada di lokasi yang cukup tersembunyi, ternyata di sekitar Pantai Balangan terdapat banyak penginapan untuk kamu beristirahat. Seperti:

  • Balangan Sea View Bungalow, dengan harga per malamnya sekitar Rp. 112.500,-
  • La Joya Balangan Beach Resort, Rp. 532.320,- per malam.
  • Balangan Beach Villa,
  • La Joya biu-biu, dll.

Saat ini beberapa penginapan yang ada di sekitar Balangan Beach sedang mengadakan promo besar-besaran.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *