Pantai Ngeden – Wisata Selatan Yogyakarta yang masuk ke dalam wilayah Gunung Kidul membuat kawasan ini mempunyai jajaran pantai yang banyak dan beragam.

Salah satunya adalah Pantai Ngeden. Dimana, objek wisata ini masih sangat alami dan asri. Kesunyiannya menambah kesan esoktis bagi siapa setiap pengunjung yang datang.

Baca juga: Bukit Cinta Wonosobo, Destinasi Wisata Alam View Danau Nan Memukau

Beberapa warga sekitar menyebut tempat ini dengan nama Ngedan. Atau dalam bahasa jawa mempunyai arti orang gila. Kemudian, oleh pemerintah Yogyakarta di ganti dengan nama Pantai Ngeden.

Objek wisata ini memiliki garis pantai. Dimana, bila kita melihatnya lebih dalam bentuknya akan mirip dengan teluk kecil.

Menariknya, tempat wisata ini tidak mempunyai ombak yang cukup ganas. Tenang dan sedang-sedang saja. Hal inilah yang cukup menguntungkan bagi wisatawan yang berkunjung ke sini.

Booking.com

Lokasi Wisata Pantai Ngeden

Pantai Ngeden terletak di Dusun Bedalo, Desa Krambil Sawit, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, DIY. Lokasinya cukup tersembunyi tapi masih bisa diakses dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan sewa.

Rute yang dapat Anda lalui adalah dari Kota Jogja menuju ke Daerah Imogiri kemudian ke Siluk hingga sampai di Panggang. Dari Panggang, Anda bisa ikuti papan petunjuk yang sudah terpasang di sepanjang jalur.

Untuk menjadikan trip Anda nyaman dan tidak melelahkan, kini telah hadir jasa rental mobil terbaik, profesional, dan berpengalaman Wisata.

Tersedia beberapa opsi layanan paket untuk berbagai keperluan transportasi. Misal untuk acara liburan keluarga ke Gunung Kidul, paket sewa mobil Innova Reborn di Jogja 24 jam akan jadi rekomendasi terbaik.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Ngeden

Menariknya, harga tiket masuk pantai Ngeden saat ini hanya sebesar Rp5.000 per orangnya. Tarif parkir sebesar 5 ribu rupiah bagi anda yang menggunakan mobil.

Serta 2 ribu rupiah bagi anda yang membawa kendaraan bermotor. Cukup murah bukan ongkos yang harus anda bayar bila, ingin menikmati objek wisata ini. Harga tiket masuk dan parkir bisa berubah sewawktu-waktu.

Simak juga daftar 50 pantai di Gunung Kidul yang mempunyai pemandangan indah dan menarik.

Daya Tarik Wisata Pantai Ngeden

Pantai Ngedan (yang artinya ‘gila’) menyimpan beberapa daya tarik yang wajib Anda eksplorasi. Berikut daftar daya tarik yang berhasil kami rangkum untuk Anda.

Keindahan Landskap Pantai

Salah satu alasan mengapa pantai ini sangat layak untuk Anda datangi adalah keindahan lanskapnya yang berbatu dan eksotis. Dikelilingi oleh dua bukit batu karang yang besar dan terlihat sedang mendekap dan memagari sebagian area pantai.

Bagian tengah yang berupa bibir pantai adalah lokasi favorit para pengunjung. Sebab, di sini pengunjung dapat bebas merasakan kelembutan pasir dan deburan ombak.

Dari bibir pantai, di kejauhan, terlihat birunya air laut yang sesekali terlihat memutih karena buih-buih ombak yang pecah.

Trekking ke Bukit Karang

Setibanya di tempat wisata ini, Anda akan dihadapkan dua spot wisata yang harus Anda pilih terlebih dahulu. Apakah akan ke pantai atau trekking ke bukit karang.

Trekking menuju bukit karang terdengar asik tapi harus siap keluarkan energi ekstra untuk memulainya. Anda harus melalui anak tangga dengan panjang rute sekitar 400 meter. Tingkat kemiringan bukit ini lumayan akan membuat Anda berkeringat.

Sangat disarankan sebelum memulai kegiatan trekking, siapkan tenaga dan semangat terlebih dahulu. Recharge tenaga dengan mengisi perut Anda di sejumlah restoran terkenal yang ada di Wonosari terdekat.

Bukit Karang yang Menyerupai Penyu

Mungkin tak banyak pengunjung yang menyadari bahwa bukit karang di tempat wisata pantai ini sekilas menyerupai seekor penyu raksasa.

Salah satu ujungnya yang menjorok ke laut terlihat semakin menyempit karena terkikis oleh terjangan ombak. Lama-kelamaan bagian ini menyerupai kepala penyu.

Berburu Foto Estetik

Di sepanjang jalur trekking, terdapat beberapa gardu pandang yang bisa Anda manfaatkan sebagai spot foto dengan pemandangan laut sebagai latarnya.

Anda bebas swafoto atau memotret laut beserta bukit karangnya yang terlihat sangar tapi mempesona.

Setelah puas berfoto ria, Anda boleh beristirahat di gardu pandang ini sambil memandangi keindahan lukisan bahari ciptaan Yang Maha Kuasa.

Fasilitas di Kawasan Wisata Pantai Ngeden

Meski masih sangat baru, pihak pengelola telah melengkapi objek wisata ini dengan sejumlah fasilitas penting. Fasilitas tempat parkir adalah contohnya.

Area parkir ini sudah cukup baik dan memadai lantaran berlapiskan paving block sehingga tidak akan licin, tergenang, dan becek saat musim hujan. Dengan lantai paving semacam ini, area parkir juga terlihat lebih rapi dan layak.

Akses keluar-masuk kendaraan pun sangat lancar. Area parkir di sini juga terbilang luas dan sangat mungkin untuk memarkirkan kendaraan berukuran besar seperti bus.

Di dekat area parkir, berdiri beberapa warung makan sederhana dengan aneka pilihan menu seafood segar dan berkualitas.

Untuk wisatawan yang tidak mengkonsumsi seafood, tak usah berkecil hati. Warung-warung ini juga menjual menu makanan lain selain seafood. Diantaranya adalah makanan khas Gunung Kidul yang terkenal kelezatannya.

Anda juga dapat menggunakan fasilitas toilet umum yang cukup bersih. Dengan cukup membayar Rp2.000,00 saja, Anda dapat dengan bebas menggunakan toilet umum ini.

Fasilitas yang terakhir adalah pondok-pondok kecil yang menghadap laut. Pondok-pondok ini dicat merah sehingga tampak sangat mencolok. Anda bisa menggunakannya dengan membayar biaya sewa yang tak mahal.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *