Pantai Pangasan Pacitan – Pacitan terletak di ujung barat daya Jawa Timur, dan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di sebelah selatan. Di Pacitan, tepatnya di Desa Kalipelus terdapat sebuah pantai yang sedang hits saat ini, yakni Pantai Pangasan.

Pantai Pangasan Pacitan merupakan sebuah tempat wisata air yang menghadirkan pemandangan yang sangat indah, dan membuat para pengunjung terhipnotis karenanya.

Baca juga: Destinasi Wisata Coban Glotak, Pesona Air Terjun Cantik yang Memesona di Malang

Apalagi ditambah dengan hadirnya sebuah tebing batu yang cukup tinggi di sisi timur dan barat. Tebing batu tersebut biasa disebut dengan Gunung Lanang dan Gunung Ganjuran.

Yang paling menakjubkan dari Pantai Pangasan Pacitan ini ialah tidak adanya pasir yang biasanya menghiasi bibir pantai, yang ada hanya serakan bebatuan karang dengan ukuran yang beragam.

Lokasi Pantai Pangasan Pacitan

Lokasi dari Pantai Pangasan Pacitan terletak di Dusun Batulapak, Desa Kalipelus, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Booking.com

Tiket Pantai Pangasan Pacitan

Tiket masuk Pantai Pangasan Pacitan ini masih gratis, kamu dapat menikmatinya tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. Di lokasi tempat parkir terdapat sebuah kotak yang dapat kamu isi seikhlasnya untuk membantu mengembangkan lokasi wisata yang satu ini.

Jam Buka Pantai Pangasan Pacitan

Jam operasional Pantai Pangasan Pacitan ini dibuka selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Namun, karena kamu akan melalui jalan setapak yang belum dilengkapi lampu penerangan jalan, sebaiknya datang ketika matahari masih bersinar dengan terang.

Daya Tarik Pantai Pangasan Pacitan

Diberi nama Pantai Pangasan karena lokasi pantai yang satu ini banyak sekali batu karangnya, justru hal tersebutlah yang menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi pantai yang satu ini.

Selain itu Pantai Pangasan Pacitan memiliki daya tarik yang lainnya, seperti:

1. Keindahan Pantai Pacitan

Jika kamu melihat dari jalur trekking menuju Pantai Pacitan kamu sudah dapat melihat keindahan pantai, dengan laut yang membiru serta terdapat tebing tinggi nan kokoh di kedua belah sisinya.

Lokasi pantai ini terdiri dari dua wilayah, yakni sisi sebelah Barat dan sisi sebelah Timur. Pantai Pacitan berada di sisi sebelah Barat dengan ciri khasnya ialah hamparan bebatuan karang.

2. Menikmati Pantai Sangklehan

Setelah puas menikmati keindahan Pantai Pangasan di sebelah Barat, cobalah beranjak ke sebelah timur. Kamu akan menikmati suasana pantai yang sangat berbeda.

Pantai yang satu ini memiliki hamparan pasir yang berwarna kehitaman, warga sekitar menyebutnya dengan nama Pantai Sangklehan. Tebing yang ada di sebelah timur ini bernama Gunung Ganjuran.

Area timur ini merupakan pembatas dengan lainnya yakni dengan Desa Katipugal. Kamu dapat duduk di atas pasir sambil menikmati keindahan pantai yang tersaji dengan sangat indah di depan mata.

3. Camping Di Pinggir Pantai

Kata siapa kalau camping hanya asyik dilakukan di pegunungan? Cobalah untuk melakukan kegiatan camping di pinggir Pantai Pangasan Pacitan. Terdapat sebuah area untuk mendirikan tenda yang dekat dengan area pesawahan.

Pemandangan Pantai Pangasan yang sangat indah terlihat jelas dari area tersebut, dan untuk menuju Pantai kamu hanya tinggal berjalan kaki beberapa menit saja.

Fasilitas Pantai Pangasan Pacitan

Mengenai fasilitas yang ada, di sekitar Pantai Pangasan Pacitan belum terdapat fasilitas umum yang memadai.

Berpetualang ke Pantai Pangasan dan Pantai Sangklehan, sobat perlu membawa bekal yang sekiranya cukup untuk durasi yang Anda tentukan. Di pantai, belum ada fasilitas yang tersedia. Jika ingin bermalam, bisa membawa mendirikan tenda. Bagaimana untuk tiket masuk? belum ada retribusi, alias gratis.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *