Pantai Pererenan – Pulau Bali termasuk salah satu pulau di Indonesia yang menyimpan potensi wisata besar dengan beragam konsep. Mulai dari wisata sejarah, wisata alam, hingga wisata yang tergolong kekinian semuanya bisa didapatkan di Pulau Bali. Wisata alam paling populer di Bali adalah deretan pantainya yang cantik, salah satunya adalah Pantai Pererenan.

Nama pantai tersebut kemungkinan masih terdengar asing di telinga sebagian besar wisatawan. Berbeda dengan Pantai Sanur dan Pantai Kuta yang memang sudah populer sejak dahulu dan selalu menjadi destinasi utama para wisatawan ketika menginjakkan kaki di Bali. Meski belum banyak diketahui, pesona pantai cantik ini tidak kalah indahnya.

Baca juga: Wisata Curug Maribaya, Spot Wisata Sejuk di Lembang Bandung

Bahkan, para wisatawan yang mendambakan berwisata ke pantai yang masih sepi dan belum banyak terjamah keindahannya oleh tangan-tangan manusia, inilah pantai yang direkomendasikan. Biasanya pantai yang sepi dan masih perawan lokasinya sulit diakses karena berada di wilayah terpencil, namun pantai tersebut termasuk mudah diakses.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Lokasi pantai terletak di sekitar 22 kilometer jika diukur dari lokasi Bandara Ngurah Rai dan membutuhkan waktu tempuh perjalanan kurang lebih 20 menit. Aksesnya lebih dekat jika perjalanan dimulai dari Kota Denpasar yang jaraknya hanya kurang lebih 14 kilometer saja.

Keberadaan pantai berada di antara dua pantai yakni Pantai Batu Mejan dan Echo Beach. Lokasi tepatnya adalah di Desa Pererenan di dekat daerah Canggu. Untuk menuju ke Pantai Pererenan Badung, para wisatawan bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Booking.com

Akan tetapi, akomodasi yang lebih sering digunakan para wisatawan adalah kendaraan roda empat milik pribadi atau menggunakan jasa sewa mobil yang sudah sekaligus sopirnya. Untuk rute yang bisa ditempuh dari Bandara Ngurah Rai adalah melalui Jalan Airport Ngurah Rai kemudian mengambil jalur di Jalan By Pass Ngurah Rai.

Setelah itu, perjalanan dilanjutkan dengan mengambil Jalan Raya Kerobokan, Jalan Raya Canggu, dan Jalan Sunset Road untuk menuju Jalan Sempol. Sesampai di Jalan Sempol, ambil Jalan Pantai Pererenan untuk ke lokasi.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Untuk menikmati pemandangan alam yang disuguhkan pantai berpasir hitam dengan hiasan bebatuan karang ini, para wisatawan tidak membutuhkan banyak budget. Hanya dengan membayar Rp 2ribu saja untuk biaya parkir motor dan Rp 5ribu untuk biaya parkir mobil, para wisatawan sudah bisa menikmati suguhan pemandangan alam di pantai tersebut.

Para wisatawan yang berkunjung tidak diminta sepeserpun untuk tiket masuknya. Pantai perawan ini dibuka untuk umum setiap hari selama 24 jam. Suasananya tenang dan sepi, banyak turis mancanegara yang berjemur disana. Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai tersebut adalah saat pagi dan sore hari karena sinar matahari tidak terlalu terik.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Pererenan

1. Memiliki Ikon Berupa Patung Agar Lebih Mudah Diingat Wisatawan

Nama pantainya memang sulit diingat dan belum populer di telinga para wisatawan, sehingga pihak pengelola mendirikan patung yang dinamakan Gajah Mina sebagai ikon Pantai Pererenan. Patung tersebut dibangun di atas bongkahan bebatuan karang. Patung itulah yang kemudian memudahkan wisatawan yang ingin berkunjung kesana.

Ketinggian Patung Gajah Mina adalah 12 meter dengan Patung Dewa Baruna yang menunggangi gajah tersebut. Dewa Baruna sendiri menjadi sebuah simbol penguasa lautan. Patung itulah yang menjadi ikon pantai sehingga para wisatawan lebih mudah mengingat lokasi keberadaan pantai tersebut berada.

2. Kerap Digunakan untuk Menggelar Prosesi Keagamaan

Pantai perawan ini termasuk salah satu pantai yang kerap digunakan untuk menggelar acara prosesi keagamaan. Biasanya prosesi keagamaan tersebut dilakukan oleh masyarakat setempat. Para wisatawan yang berasal dari luar Bali pasti akan sangat terhibur dengan melihat prosesi keagamaan yang belum pernah disaksikan langsung.

3. Air Lautnya Jernih Dihiasi Bebatuan Karang yang Indah

Daya tarik Pantai Pererenan lainnya adalah air lautnya begitu jernih dengan hiasan bebatuan karang yang indah. Karena jernihnya air laut disana, bebatuan karang yang terletak di permukaan pantai terlihat sangat jelas. Tidak jauh berbeda dengan pantai lainnya di Bali yang sudah populer, pesona alamnya tidak kalah menarik.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Ketika mempunyai rencana untuk berkunjung ke pantai tersebut, para wisatawan tidak perlu khawatir karena fasilitas disana sudah cukup lengkap dan memadai. Terdapat beberapa penginapan yang bisa didapatkan di sepanjang jalan ke lokasi dengan mudah.

Ada juga fasilitas penyewaan kuda tunggangan yang bisa dimanfaatkan jika wisatawan ingin berkeliling di kawasan pesisir pantai dan penyewaan papan untuk surfing jika para wisatawan ingin belajar bermain surfing atau melakukan hobi surfing.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *