Pantai Sepanjang Gunungkidul
Sumber : jejakpiknik.com/

Pantai Sepanjang, pantai kuta tempo dulu versi Gunungkidul

Posted on

 

wisatarakyat.com. Gunung kidul terkenal dengan pantai-pantainya yang indah, lokasi antara satu pantai dan pantai yang lainya juga tidak terlalu jauh, jadi bagi kamu yang sedang merencanakan berlibur di gunungkidul sebaiknya siapkan waktumu dan tentukan pantai-pantai mana saja yang akan kamu kunjungi di gunung kidul.

Salah satu pantai yang menjadi favorit wisatawan adalah pantai sepanjang gunungkidul, selaras dengan Namanya pantai ini memiliki garis pantai yang Panjang bahkan konon yang paling Panjang di daerah gunungkidul. Pantai ini juga sering di sebut pantai kuta tempo dulu, disebut demikian karena memang topografinya mirip dengan pantai kuta bali pada zaman dulu.

Pantai Sepanjang Gunungkidul
sumber : mytrip123.com

Lokasi Pantai Sepanjang Gunungkidul

Lokasi wisata ini terletak di jalan Sepanjang, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi DIY dengan waktu tempuh dari kota jogja sekitar 2 jam perjalanan dengan jarak tempuh sekitar 60 km.

Jam operasional

Pantai sepanjang Gunungkidul buka 24 jam, jadi kamu bisa main kesana kapanpun yang kamu mau

Baca juga :

Harga Tiket Pantai Sepanjang Gunungkidul

Untuk masuk pantai ini kamu cukup membayar Rp. 10.000 untuk tiket masuk, Rp. 2.000 untuk parkir roda dua dan Rp. 5.000 untuk roda empat.

catata; Harga tiket dan parkir bisa berubah sesuai kebijakan pengelola

Pantai Sepanjang Gunungkidul
sumber : travelspromo.com

Daya Tarik

Situs Banyusepuh

Di pantai ini ada sebuah situs yang bersejarah yang sering disebut masyarakat sekitar situs banyusepuh, letaknya pun tidak jauh dari pantai, konon menurut cerita yang beredar situs ini merupakan mata air yang sering digunakan para wali untuk mencuci dan membasuh pusaka mereka, namun demikian warga sekitar kadang juga menggunakanya sebagai sumber untuk mandi, namun sangat disayangkan karena kurangnya perawatan situs ini sudah tidak berfungsi sebagaimana mestinya, mata air yang ada di situs ini menjadi kotor dan lama-lama mengering dan bahkan di sekelilingnya tumbuh tanaman-tanaman liar.

Bersantai DI pinggiran pantai

Melihat pemandangan dari pinggiran pantai, sambil menikmati makanan-makanan ringan yang kamu bawa juga menjadi pilihan kegiatan yang bisa kamu lakukan di pantai sepanjang gunungkidul, angin yang sepoi-sepoi akan menyejukan suasana, ditambah dengan deburan ombak yang bergemuruh akan membuat pikiran anda menjadi tenang. Kamu bisa bersantai-santai di gubuk yang sudah disediakan oleh pengelola, gubuk ini terbuat dari kayu dan beratap jerami.

Berfoto-foto

Panorama yang sempurna dari pantai ini akan sangat cocok untuk dijadikan background berfoto, selain itu banyak pilihan spot foto yang cantik. Kombinasi lautan dan pasir putih serta garis pantai yang Panjang menjadi salah satu latar foto yang instagramable untuk kamu yang tak ingin ketinggalan berbagi momen-momen penting di media sosial berfoto di lokasi wisata merupakan kegiatan wajib yang harus kamu lakukan.

Kuliner dan souvenir

Untuk kamu yang ingin mencicipi makanan khas laut di sepanjang pantai banyak rumah makan yang siap kamu kunjungi dengan berbagai olahan hasil lautnya, kamu bisa menikmati makanan khas laut dengan berbagai suasana, misalnya dengan lesehan di gazebo atau di duduk di ataskan tikar yang disediakan penjual.

Selain itu toko-toko aksesoris juga ada di sekitar pantai sepanjang gunungkidul, tentu tidak lengkap kalau kamu berkunjung ke suatu lokasi wisata tanpa membeli souvenir yang dijual disana, penduduk sekitar membuat karya dari karang-karang yang ditemukan di sekitaran pantai.

 

 

 

6 thoughts on “Pantai Sepanjang, pantai kuta tempo dulu versi Gunungkidul

  1. wah, saya akhir tahun 2019 ke gunung kidul, belum sempat ekplore semua, next time bakal kemari lagi ini, liat2 tempat baru..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *