Air Terjun Tumpak Sewu Malang – Air Terjun Tumpak Sewu merupakan objek wisata alam populer di Lumajang, Jawa Timur. Menawarkan keindahan air terjun alami yang menakjubkan. Air terjun yang sangat indah dan menawan. Memiliki bentuk aliran air yang menyerupai tirai sehingga termasuk dalam tipe air terjun Tiered. Airnya tampak melebar seperti tirai yang berjenjang. Air terjun Tumpak Sewu ini disebut mirip dengan air terjun Niagara di Amerika Serikat.

Air Terjun Tumpak Sewu biasa disebut juga Coban Sewu. Terbentuk di aliran Sungai Glidih dan memiliki sumber air alami dari Gunung Semeru. Air terjun ini dinamakan Tumpak Sewu karena memiliki banyak sumber mata air. Ketinggiannya sekitar 120 meter. Airnya mengalir dan jatuh ke lembah curam yang memanjang denga elevasi 500 mdpl.

Baca juga: Taman Safari Bogor, Tempat Wisata Edukasi Terbaik untuk Keluarga 2023

Air terjun ini lokasinya berada di perbatasan antara Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Jawa Timur. Dapat diakses dari Malang maupun dari Lumajang. Menjadi salah satu destinasi wisata alam populer di Jawa Timur. Setiap hari wisata alam ini ramai dikunjungi wisatawan terutama pada akhir pekan dan hari libur.

Lokasi Air Terjun Tumpak Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu lokasinya berada di perbatasan antara Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang. Secara administratif, Air Terjun Tumpak Sewu berlokasi di Jl. Raya Sidorenggo, Besukcukit, Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Keindahan Air Terjun tumpak Sewu juga bisa disakasikan melalui Kabupaten malang. Tepat dari daerah Jagalan, Sidorenggo, Ampelgading, Malang, Jawa Timur.

Booking.com

Harga Tiket Masuk

  • Tiket Masuk : Rp. 10.000,- / orang.
  • Tarif Parkir Motor Rp.5.000,-
  • Tarif Parkir Mobil Rp.10.000,-

Jam Buka

  • Buka setiap hari. 07.00 WIB – 15.00 WIB.

Daya Tarik Air Terjun Tumpak Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu adalah objek wisata alam populer di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Menawarkan air terjun alami yang indah dan menakjubkan. Memiliki bentuk aliran air menyerupai tirai, airnya tampak melebar seperti tirau yang berjenjang. Air terjun ini dinamakan Tumpak Sewu karena memiliki banyak sumber mata air.

Disini wisatawan bisa menikmati keindahan alam air terjun alami yang airnya berasal dari Gunung Semeru. Selain Air Terjun Tumpak Sewu juga terdapat spot wisata lainnya yang bisa anda nikmati keindahannya.

Spot Wisata Menarik di Air Terjun Tumpak Sewu

Di Tumpak Sewu terdapat 5 spot tempat wisata. Jika diurut dari pintu masuk maka urutan spot wisata Air Terjun Tumpak Sewu adalah sebagai berikut :

1. Panorama Tumpak Sewu / Panorama Atas

Untuk mencapai panorama atas, pengunjung perlu berjalan sekitar 10 menit dari pintu masuk. Akses jalan mudah karena sudah dilengkapi dengan tangga yang aman.

Sesampainya di atas lokasi, pengunjung akan disuguhkan dengan pesona Air Terjun Tumpak Sewu dari ketinggian. Keindahan air yang jatuh dari tebing melebar menyerupai tirai. Disekitarnya pemandangan hutan yang hijau dan asri.

2. Bottom Waterfall / Panorama Bawah

Selain spot panorama atas, pengunjung juga bisa menikmati keindahan air terjun Tumpak Sewu dari spot panorama bawah. Untuk mencapai spot ini jalan yang dilalui cukup sulit. Pengunjung harus melewati tebing tanah dengan bantuan tangga yang terbuat dari bambu.

Kemudian diteruskan dengan berjalan di aliran sungai Glidih untuk mencapai air terjun Tumpak Sewu. Dari spot panorama bawah anda akan disajikan dengan air terjun Tumpak Sewu yang begitu menakjubkan.

3. Tebing Nirwana

Tebing Nirwanan ini berada di antara jalan utama sisi kiri dan kanan dari pintu masuk. Tebing-tebing berwarna coklat yang begitu eksotis dengan aliran air menuju ke Sungai Glidih.

4. Goa Bidadari

Lokasinya terletak sekitar 300 meter dari air terjun Tumpak Sewu. Didepan Goa Bidadari ini ada air terjun kecil yang bermuara di sebuah kolam.

5. Goa Tetes

Dinamakan Goa Tetes karena letaknya berada dibawah air terjun. Air tersebut menetes diantara dinding-dinding goa.

Keindahan Air Terjun dari Gardu Pandang

Untuk mencapai lokasi gardu pandang, wisatawan harus berjalan sejauh kurang lebih 400 meter. Dari gardu pandang anda bisa menyaksikan keindahan air terjun dari atas.

Gardu pandang ini berupa bangunan permanen. Luasnya 3 meter persegi. Dapat menampung sekitar 50 orang. Untuk kemanan, pada bagian pinggir gardu dilengkapi dengan pengaman berupa pagar besi. Jarak gardu pandang dengan air terjun sekitar 100 meter. Dan jarak air terjun dari lembah sampai atas mencapai sekitar 50 – 70 meter.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *