Wisatarakyat.comMuseum Kebangkitan Nasional Jakarta adalah sebuah museum sejarah yang terletak di Jalan Abdulrahman Saleh No. 26, Gambir, Jakarta Pusat. Museum ini dibangun pada tahun 1852 oleh pemerintah Hindia Belanda sebagai sekolah kedokteran untuk pribumi, yaitu Sekolah Dokter Jawa (STOVIA). Pada tanggal 20 Mei 1908, di gedung ini berdiri organisasi pergerakan modern pertama di Indonesia, yaitu Budi Utomo.

Museum Kebangkitan Nasional memiliki luas sekitar 2.700 meter persegi dan terdiri dari 3 lantai. yang Pertama berisi informasi tentang sejarah STOVIA dan berdirinya Budi Utomo. Lantai kedua berisi informasi tentang perkembangan pergerakan nasional di Indonesia. Lantai ketiga berisi informasi tentang sejarah kemerdekaan Indonesia.

Lokasi Museum Kebangkitan Nasional Jakarta

Terletak di Jalan Abdurrahman Saleh No. 26, Gambir, Jakarta Pusat. Museum ini terletak di dekat Pasar Senen dan Stasiun Gambir. Lokasi museum ini sangat strategis dan mudah dijangkau dengan kendaraan umum maupun pribadi.

Harga Tiket Museum Kebangkitan Nasional Jakarta

Harga tiket masuk adalah sebagai berikut:

  • Dewasa: Rp 5.000
  • Anak-anak: Rp 2.500
  • Pelajar: Rp 3.000
  • Wisatawan asing: Rp 20.000

catatan: harga tiket dapat berubah sesuai kebijakan pengelola Museum

Jam Operasional

Museum Kebangkitan Nasional buka setiap hari dari pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Daya Tarik

Berikut adalah beberapa aspek yang membuatnya begitu memukau:

1.      Gedung STOVIA, Saksi Kelahiran Budi Utomo

Gedung STOVIA bukan hanya sebuah bangunan bersejarah, tetapi juga menjadi saksi sejarah lahirnya organisasi Budi Utomo. Bangunan ini memegang peran sentral dalam perjuangan bangsa, menciptakan suasana yang kaya akan makna sejarah.

Baca Juga :  Museum Sumpah Pemuda, Wisata Dan Pengalaman Belajar Yang Asyik

2.      Koleksi Benda-Benda Bersejarah

Museum ini menampilkan koleksi yang mengesankan dari berbagai benda bersejarah, termasuk lukisan, foto, dokumen, dan alat-alat kedokteran. Setiap benda menceritakan kisah panjang Indonesia, memberikan pandangan mendalam tentang perjalanan bangsa.

3.      Ruang Audio Visual, Memukau dengan Sejarah dalam Film

Ruang audio visual di museum memberikan pengalaman tak terlupakan melalui film-film yang mengulas peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah Indonesia. Pengunjung dapat merasakan sejarah hidup melalui presentasi visual yang mendalam dan menyentuh hati.

Fasilitas

Fasilitas yang disediakan yaitu sebagai berikut:

  • Ruang pameran
  • Ruang audio visual
  • Perpustakaan
  • Toko souvenir
  • Mushola
  • Toilet
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x