Keindahan Air Terjun Kedung Maor Bojonegoro – Air Terjun Kedung Maor adalah wisata alam Bojonegoro yang kini kehadirannya mulai dilirik oleh wisatawan. Meskipun belum terlalu banyak penataan, namun cukup mampu menyajikan view curug yang dramatis.

Air Terjun Kedung Maor sebetulnya sudah lama ada. Asal-usulnya sehingga menjadi populer saat ini dikarenakan sebuah proses alam (banjir) di tempat lain sehingga tumpahannya mengalir ke Air Terjun Kedung Maor.

Baca juga: Keindahan Puncak Widosari, Sensasi Wisata Selangkah Lagi Menuju Awan

Pada akhirnya pihak pengelola mulai menata kawasan tersebut. Penataannya baru sampai di jalur trekking saja yang kini dilengkapi dengan anak tangga.

Dan inilah reviewnya yang sudah kami siapkan untuk anda. Perhatian, Air Terjun Kedung Maor Bojonegoro memang bisa dijadikan tujuan wisata keluarga. Namun kehati-hatian harus tetap menjadi yang utama ya..

Lokasi Air Terjun Kedung Maor

Lokasi Air Terjun Kedung Maor terletak di Resort Pemangku Hutan (RPH) Tretes, Kesatuan Pemangku Hutan Bojonegoro.

Booking.com

Alamat Air Terjun Kedung Maor berada di Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Provinsi Jawa Timur.

Jalan menuju Air Terjun Kedung Maor bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua, maupun roda empat hingga area parkir.

Hanya saja kondisi jalan saat mulai masuk ke gerbang Air Terjun Kedung Maor masih belum diperbaiki. Namun jangan khawatir karena dari sana tidak jauh ko untuk sampai di area parkir.

Adapun jarak tempuh dari pusat kota, atau dari Alun-Alun Bojonegoro ke Air Terjun Kedung Maor sekitar 27 kilometer dengan waktu tempuh 45 menit.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Kedung Maor

Tiket masuk Air Terjun Kedung Maor gratis. Para pengunjung hanya dikenakan biaya parkir motor sebesar Rp. 5.000, dan parkir mobil Rp. 10.000.

Air Terjun Kedung Maor beroperasi dari pagi hari hingga sore hari ( pukul 07.00 – 16.00 ).

Daya Tarik Air Terjun Kedung Maor

Air Terjun Kedung Maor sangat lebar dan tinggi. Airnya bersumber dari Kali Soko, dan limpahan air dari Waduk Pacal, dengan demikian sangat bergantung dengan musim.

Jika musim hujan maka debit airnya sangat tinggi. View yang tersaji bisa dikatakan sebagai Little Niagara dari Bojonegoro.

Air yang turun akan langsung menuju sungai yang sangat lebar. Di sungai tersebut terdapat bebatuan besar yang bisa dijadikan tempat duduk sekaligus spot selfie.

Asal – Usul Air Terjun Kedung Maor

Asal – usul atau sejarah penamaan Air Terjun Kedung Maor diambil dari dua kata, yaitu Kedung yang bermakna kubangan air yang besar.

Adapun Maor adalah suara macan, atau bisa disebut juga suara yang bergemuruh. Karena jika debit airnya sedang tinggi memang terdengar suara yang bergemuruh di lokasi utama.

Fasilitas Air Terjun Kedung Maor

Air Terjun Kedung Maor sendiri memang sangat cocok jadi destinasi wisata liburan bersama keluarga.
Di sini kalian bisa melihat air terjun indah yang menjulang tinggi nan cantik dengan kesegaran udara yang masih alami.

Nah, untuk fasilitasnya sendiri, di dekat kawasan air terjun ini ada banyak sarana prasarana yang dapat dibilang lumayan lengkap. Di sana ada zona parkir yang sangat luas. Jadi jangan takut kehabisan tempat parkir jika berkunjung ke sini pada saat musim liburan.

Masyarakat sekitar juga berperan aktif untuk kemajuan lokasi wisata ini. Terbukti, mereka menyediakan tempat ganti pakaian, toilet umum, hingga mendirikan warung-warung yang menyediakan makanan dan minuman.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *