Pesona Keindahan Goa Gong Pacitan – Apa yang terbersit pertama kali di pikiran anda ketika mendengar nama Pacitan? Sebagian besar mungkin akan dengan cepat menjawab SBY, wajar saja karena kota ini merupakan tempat kelahiran presiden ke-6 Indonesia. Namun di mata para pecinta alam, hal pertama yang akan terpikirkan adalah Gua. Benar, Kota Pacitan juga terkenal dengan julukan kota 1001 gua, dan satu yang terkenal disini adalah tempat wisata Goa Gong Pacitan.

Pacitan merupakan wilayah di Jawa Timur yang dikelilingi oleh pegunungan kapur, yang menjadikan tanah di daerah ini kering dan tidak subur. Tanah di permukaan Pacitan memang gersang dan memiliki sedikit unsur hara, namun anugerah Yang Maha Kuasa ternyata bukan terletak di atas permukaan, namun di bawah permukaan tanahnya.

Baca juga: Destinasi Wisata Coban Glotak, Pesona Air Terjun Cantik yang Memesona di Malang

Pacitan dianugerahi keindahan bawah tanah yang mempesona berupa gua-gua kapur yang dihiasi stalaktit dan stalakmit. Gua yang paling terkenal dan paling indah adalah Gua Gong.

Keindahan Gua Gong tak tertandingi oleh gua-gua lain di Pulau Jawa, bahkan ada yang menyebutkan bahwa Gua Gong adalah Gua terindah di Asia Tenggara.

Memasuki goa Gong, anda akan disambut formasi stalaktit dan stalakmit yang indah. Dibantu penerangan yang cukup anda dapat masuk lebih dalam dan menyusuri lorong gua sepanjang 256 meter.

Booking.com

Di ujung lorong, anda akan menemukan alasan kenapa Gua Gong disebut sebagai gua terindah se-Asia Tenggara. Sebuah ruangan yang membentuk kubah rakasa sepanjang 100 m, dengan lebar 15 hingga 40 meter dan tinggi antara 20-30 meter akan membuat anda berdecak kagum.

Lokasi Gua Gong

Secara administratif, Gua Gong berada di Dusun Pule, Desa Bomo, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Gua ini berjarak sekitar 37 km dari pusat kota Pacitan ke arah barat (arah Wonogiri).

Harga Tiket Masuk Goa Gong

Untuk menelusuri dan menikmati keindahan Gua Gong, anda tidak harus merogoh kocek yang dalam. Hanya dengan mengeluarkan uang sebesar Rp. 5.000 per orang, anda dapat dengan bebas menjelajahi pesona Gua Gong.

Pengeluaran lain mungkin anda lakukan untuk menyewa senter (Rp 5000) sebagai penerangan tambahan di dalam gua, ataupun menyewa guide jika perlu (Rp 30.000).

Selain itu Anda hanya harus mengeluarkan ongkos untuk biaya parkir kendaraan.

Para wisatawan bisa datang mengunjungi tempat piknik murah di Pacitan terbaru satu ini kapan saja bersama keluarga.

Destinasi Goa Gong sendiri buka setiap hari dengan operasional wisata dari jam 08.00 – 17.00 WIB.

Nikmati sensasi liburan menyenangkan di Pacitan Jatim dengan explore sudut keindahan, spot dan pesona terbaik Gua Gong.

Alamat dan Rute Lokasi

Menjadi salah satu tempat wisata populer dan terkenal di Kabupaten Pacitan Jawa Timur. Destinasi Gua Gong ramai akan pengunjung setiap harinya sehingga anda tidak perlu heran.

Ketika anda berencana explore keindahan Gua Gong, lokasinya beralamat di Salam, Bomo, Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Saat anda mengunjungi objek wisata Goa Gong Pacitan dan berangkat dari pusat kota? Jarak antara Gua Gong dari alun-alun kota Pacitan kurang lebih 21 Km dan bisa dikunjungi menggunakan kendaraan.

Akses jalan yang baik menuju objek wisata alam Goa Gong Pacitan, para pengunjung bisa explore tempat ini menggunakan kendaraan pribadi.

Untuk memepermudah aktivitas liburan anda menuju Gua Gong Pacitan, akses peta destinasi dibawah ini.

Dapatkan perjalanan libur akhir pekan menyenangkan dengan rute terbaik dalam berwisata menuju tempat piknik Pacitan satu ini.

Fasilitas

Sebagai objek wisata terkenal dan ramai dikunjungi, Gua Gong menyediakan fasilitas yang cukup memadai.

Lahan parkir yang luas, mushola, toilet dapat dengan mudah anda temukan di kawasan ini. Warung-warung yang menjajakan makanan dan minuman serta souvenir khas pun banyak tersebar di area wisata Gua Gong.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *