Pesona Keindahan Ranu Klakah – Ranu Klakah merupakan objek wisata alam dan tempat rekreasi keluarga yang berada di Lumajang, Jawa Timur. Sebuah danau dengan alam yang indah denga latar pemandangan Gunung Lemongan. Ranu Klakah merupakan sebuah danau segitiga. Karena adanya tiga danau lain yang saling berdekatan. Yaitu Ranu Klakah, Ranu Bedali dan Ranu Pakis.

Danau Klakah ini merupakan salah satu danau alami yang terbentuk dari letusan Gunung Lemongan. Danau terluas dan terbesar diantara ketiga danau yang berada di lereng Gunung Lemongan.

Baca juga: Destinasi Flora Wisata San Terra, Wisata Lokal Nuansa Luar Negeri

Kondisi danau dan alam sekitarnya masih cukup alami. Suasananya sangat sejuk karena berada di ketinggian lereng gunung. Ranu Klakah ini berada pada ketinggian 900 mdpl dan memiliki luas sekitar 22 hektar dengan kedalaman mencapai 30 meter.

Review Danau Ranu Klakah

Pemandangan Ranu Klakah sangat indah dan terlihat sangat luas. Kondisi air di danau ini cukup bersih dan jernih. Airnya berasal dari beberapa sumber mata air disekitar danau. Bila tidak tertutup kabut, wisatawan akan di sajikan dengan pemandangan Ranu Klakah dengan latar Gunung Lemongan.

Sesampainya di lokasi wisata Ranu Klakah. Anda akan melihat banyak kegiatan masyarakat sekitar. Diantaranya kegiatan para pemancing dan penjaring ikan. Biasanya mereka banyak terlihat ketika pagi dan sore hari. Jenis ikan yang didapat cukup beragam, mulai dari ikan tawes, nila, bawal dan lain sebagainya.

Booking.com

Objek wisata alam Ranu klakah sudah dilengkapi dengan sarana umum dan fasilitas penunjang yang cukup baik. Disini juga tersedia beberapa wahana seru dan menarik. Seperti berkeliling danau Ranu Klakah menggunakan perahu wisata berupa perahu motor atau perahu bebek. Berswafoto dengan latar Ranu Klakah atau Gunung Lemongan. Dan jangan lewatkan menikmati kuliner dengan menu terbaik di rumah makan apungnya.

Lokasi Ranu Klakah

Desa Tegalrandu, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Lokasi Ranu Klakah berjarak sekitar 20 Km dari utara kota Lumajang. Dengan waktu tempuh sekitar 40 menit. Dari kota Lumajang rute atau jalan tercepat menuju lokasi wisata bisa melalui Jl. Merdeka Bodan dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Jika anda menggunakan transportasi Bus umum. Anda bisa mengambil point dari terminal bus Surabaya -malang. Kemudian dilanjutkan menuju terminal Wonorejo, terminal Klakah dan bisa langsung menuju lokasi wisata.

Akses jalan menuju lokasi wisata Ranu Klakah tergolong bagus. Untuk menuju lokasi wisata bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil maupun motor. Atau anda juga bisa menggunakan transportasi umum seperti bus umum.

Harga Tiket Masuk

  • Tiket Masuk Rp. 5.000,- / orang
  • Setiap hari. 06.00 WIB – 18.00 WIB.

Daya Tarik Ranu Klakah

Ranu Klakah menawarkan pemandangan alam yang luar biasa indah. Objek wisata alam dan tempat rekreasi keluarga yang berada di Lumajang, Jawa Timur. Sebuah danau dengan alam sekitarnya yang indah dengan latar pemandangan Gunung Lemongan.

Tersedia spot-spot menarik dan kegiatan seru yang bisa anda lakukan dan nikmati ketika berkunjung ke Ranu Klakah. Lokasi wisata ini juga sudah dilengkapi dengan sarana dan fasilitas yang cukup lengkap.

Menikmati Pemandangan Alam Ranu Klakah

Ranu Klakah adalah danau alami yang terbentuk dari letusan Gunung Lemongan. Kondisi alamnya masih cukup alami. Susananya sangat sejuk karena berada di ketinggian. Bila tidak tertutup kabut, wisatawan akan disajikan dengan pemandangan Ranu Klakah berlatar Gunung Lemongan.

Disekitar area taman terdapat pohon-pohon besar yang rindang menjadikan suasana lebih asri. Kondisi sekitar cukup terawat dan wisatawan bisa memanfaatkan taman tersebut untuk bersantai. Kondisi air danau juga cukup bersih berasal dari beberapa sumber mata air di sekitar danau. Menikmati pemandangan Ranu Klakah sambil ngopi bersama sahabat maupun keluarga.

Berkeliling Danau Dengan Perahu Wisata

Salah satu kegiatan menarik di objek wisata ranu Klakah adalah berkeliling danau dengan perahu wisata. Disini tersedia persewaan perahu motor atau perahu bebek. Untuk menggunakan fasilitas perahu ini wisatawan harus membeli tiket dulu. Dengan menggunakan perahu motor, wisatawan dapat berkeliling menikmati semua sudut kawasan danau Ranu Klakah.

Taman Bermain Anak

Terdapat sebuah taman bermain kecil dan rindang yang dibangun di samping pintu air Ranu Klakah. Tempat yang cocok digunakan sebagai tempat bermain bagi pengunjung yang membawa anak-anak.

Menikmati Sunrise Di Ranu Klakah

Kegiatan menarik lainnya di Ranu Klakah yaitu menikmati Sunrise. Pemandangan matahari terbit yang indah dengan latar belakang Gunung Lemongan.

Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati siluet para pemancing dan penjaring ikan. Udara sejuk dengan rimbunnya pephonan menjadi pemandangan yang sangat menawan.

Fasilitas Ranu Klakah

Berikut adalah sarana umum dan fasilitas yang tersedia di Ranu Klakah.

  • Tempat parkir luas
  • Warung wisata
  • Rumah makan
  • Spot foto
  • Wahana permainan seru
  • Camping ground
  • Toilet umum
  • Taman bermain
  • Cafe atas danau
  • Restoran rumah apung
  • Perahu wisata
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *