Wisata Air Terjun Semirang – Air Terjun Semirang adalah salah satu destinasi wisata alam yang terdapat di Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Lokasi tepatnya di Dusun Gintungan, Desa Gogik, sekitar 15 km dari Kota Ungaran.

Berkunjung ke Air Terjun Semirang, kamu dapat menikmati suasana sejuk dan masih alami. Lokasinya dikelilingi oleh pepohonan hijau di balik perbukitan. Diwarnai dengan mitos yang unik, pesona air terjun ini makin nyata.

Baca juga: Destinasi Wisata Camping Ground Unggulan di Sumedang. Indah banget!

Nah, sebelum kamu datang ke lokasi wisata, ada baiknya mengetahui seluk-beluk air terjun yang terletak di lereng kaki Gunung Ungaran ini.

Wisata Air Terjun Semirang

Air terjun semirang
TravelKompas.com

Cara Menuju Wisata Air Terjun Semirang

Agar dapat ke Air Terjun Semirang, kamu bisa memulai perjalanan dari Simpang Lima, Kota Semarang. Jarak dari Simpang Lima ke lokasi wisata adalah sekitar 27 km dan dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 40 menit.

Dari Simpang Lima, kamu bisa memilih rute melewati Jl. Semarang-Surakarta. Opsi lainnya adalah melewati Jl. Tol Srondol-Jatingaleh dan kemudian dilanjutkan dengan Jl. Semarang-Surakarta setelah ADA Setia Budi Banyumanik.

Booking.com

Setelah tiba di Universitas Ngudi Waluyo atau KP2KP Ungaran, kamu bisa belok kanan ke Jl. Gedongsongo. Ambil jalur kiri menuju Jl. Prambanan. Kemudian ke kiri lagi melewati Jl. Mendut Raya. Lanjutkan menuju Jl. Danau Toba hingga tiba di Desa Gogik.

Kamu dapat memarkirkan kendaraan di area parkir yang disediakan oleh pemuda setempat. Dari area parkir, pengunjung harus berjalan kaki lewat jalan menanjak sejauh 500 meter.

Kamu akan tiba di sebuah pintu gerbang setelah menyusuri sungai kecil. Bagi yang menggunakan sepeda motor, kendaraan bisa dibawa hingga titik ini. Namun, perlu kehati-hatian ekstra karena jalan licin dan sempit.

Dari pintu gerbang, kamu masih harus menempuh perjalanan sejauh 1 km untuk mencapai lokasi air terjun. Tidak perlu khawatir karena di sepanjang jalan ada pos dan warung kecil untuk beristirahat.

Baca juga: Terbaik! Pemandian Air Panas Pariban, Wisata Relaksasi di Akhir Pekan

Keindahan Air Terjun

Air terjun semirang
TravelKompas.com

Tiba di lokasi wisata, kamu dapat menyaksikan keindahan air terjun yang dikelilingi oleh pesona hutan yang masih alami. Air Terjun Semirang memiliki tinggi 45 meter dengan debit air yang cukup deras.

Air jatuh dari atas melewati tebing yang ditumbuhi rerumputan dan lumut menuju kolam kecil yang dangkal. Dari sana, aliran air membentuk sungai kecil, melewati batu-batuan. Para pengunjung bisa bermain air yang jernih dan segar.

Berada di tempat wisata ini, kamu bisa dengan jelas mendengar suara gemericik air yang mengalir. Angin yang berembus membuat titik-titik air terbang dan membuat suasana bertambah sejuk.

Selain bermain air, kamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan hijau dari pepohonan yang tumbuh di sekitar air terjun. Bagi yang suka fotografi, tempat ini bisa menjadi spot menarik.

Baca juga: Kampoeng Wisata Cinangneng, Destinasi Liburan Keluarga Terbaik

Kolam Renang Alami

Kamu juga bisa bermain air di sebuah kolam renang yang terdapat di area wisata ini. Ukuran kolam renang ini tidak terlalu besar. Dikelilingi oleh pepohonan yang hijau dan rimbun semakin menambah sempurna pengalaman berenang di sini.

Hal yang unik dari kolam renang Semirang adalah desainnya yang dibuat alami. Kolam tidak dibalut dengan keramik, tetapi dari batu-batuan alam. Warna air kolam tampak kehijauan dengan air yang segar karena langsung berasal dari mata air.

Meskipun berada di tengah hutan, fasilitas yang ditawarkan oleh tempat wisata ini cukup lengkap. Ada kamar mandi untuk membilas tubuh usai bermain air. Di sekitar juga ada kafe sederhana. Kamu bisa memesan kopi sambil bersantai di pinggir kolam.

Ditambah dengan kicauan burung yang menghiasi suasana yang tenang, para pengunjung dapat merasa lebih rileks. Bunyi gemericik air dan hembusan angin yang mengenai dedaunan membuat momen ini sempurna.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *