Wisatarakyat.com – Pulau Sangiang udah ada sejak zaman dulu, sekitar abad ke-19. Katanya sih, Raja Lampung manggil warganya buat tinggal di sini, dan sejak itu jadi pulau kece. Kalo lu suka laut, pulau Serang ini oke banget buat dikunjungin. Pantainya keren, ada terumbu karang yang dipenuhi ikan warna-warni.

Selain itu, pulau ini punya banyak tumbuhan dan binatang asli. Ada juga gua peninggalan jaman Jepang yang keren dan bersejarah. Lokasinya unik, di antara pulau Jawa dan Sumatra. Dulunya tempat ini cagar alam, sekarang jadi tempat wisata alam yang keren.

Sayangnya, banyak orang yang belum tahu Pulau Sangiang di Banten ini. Keindahan dan kebersihannya masih terjaga karena belum banyak yang datang. Tempat ini beneran kaya surga tersembunyi di Selat Sunda, airnya hijau dan indah banget. Orang setempat bilang pulau ini eksotis banget. Kalo penasaran, boleh deh mampir kesini!

Lokasi Pulau Sangiang

Terletak di Selat Sunda, tepatnya di antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatra. Secara administratif, pulau ini masuk ke dalam wilayah Kabupaten Serang, Banten. Lokasinya berjarak sekitar 10 kilometer dari Pantai Anyer.

Harga Tiket Pulau Sangiang

Harga tiket masuk adalah Rp150.000 per orang. Ini sudah termasuk biaya transportasi kapal dari Pelabuhan Paku Anyer ke Pulau ini, biaya masuk kawasan, dan biaya asuransi.

Jam Operasional

Pulau Sangiang buka setiap hari, mulai dari pukul 07.00 sampai 16.00 WIB.

Daya Tarik Wisata

Pulau Sangiang memiliki banyak daya tarik wisata, antara lain:

Baca Juga :  Wisata Alam Gunung Pancar Dan Pesona Alam yang Indah

1.      Pantai

Pulau ini memiliki beberapa pantai yang indah, antara lain Pantai Sangiang, Pantai Cemara, dan Pantai Batu Lawang. Pantai-pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih.

2.      Snorkeling dan diving

Pulau ini memiliki terumbu karang yang indah dan beragam jenis ikan. Snorkeling dan diving menjadi aktivitas yang populer di pulau ini.

3.      Tracking

Pulau ini memiliki hutan yang masih asri. Pengunjung dapat melakukan tracking ke puncak bukit untuk melihat pemandangan pulau dari atas.

4.      Gua

Pulau ini memiliki beberapa gua, antara lain Gua Angin, Gua Batu, dan Gua Kera. Gua-gua ini memiliki bentuk dan keindahan yang unik.

Fasilitas yang Disediakan

Pulau ini memiliki beberapa fasilitas yang tersedia untuk wisatawan, antara lain:

  • Tempat parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Tempat makan
  • Tempat penyewaan peralatan snorkeling dan diving
  • Jalur tracking
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x