Sumampan Waterfall Gianyar Bali – Sumampan Waterfall menjadi destinasi bernuansa alam di Gianyar yang ramai dikunjungi setiap orang dari luar daerah. Air Terjun yang dikelilingi pemandangan membuat pengunjung terpanah saat pertama kali melihat. Popularitas tempat wisata ini sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat karena kesegaran air membuat destinasi semakin hits.

Ketika menginjakkan kaki di area destinasi alam tersebut Anda dijamin betah. Hembusan angin terasa begitu sejuk karena berasal dari Air Terjun dan pohon rimbun. Ketinggian air yang jatuh juga menjadi keunikan untuk menarik hati pelancong. Kawasan yang masih natural mampu membuat pikiran dan tubuh menjadi rileks di tengah kesibukan.

Baca juga: Gundaling Farmstead Berastagi, Tempat Berwisata Dan Belajar Ternak Sapi

Para tamu sering bersantai sekaligus menjepret spot alam yang bagus. Apalagi Air Terjun mempunyai pohon dan bukit yang terlihat tumbuh subur. Selain itu, disana dekat dengan sawah yang menjadi ciri khas dari wisata hits ini. Maka dari itu, traveller perlu mencoba kesegaran air sekaligus melihat panorama lebih dekat.

Lokasi Wisata Sumampan Waterfall

Sumampan Waterfall berlokasi di Desa Kemenuh, Gianyar, Bali. Lokasi Air Terjun yang masih bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi memudahkan wisatawan yang berlibur. Tetapi jika ingin cepat sampai Anda disarankan mengendarai sepeda motor saja. Jika berangkat dari pusat kota Denpasar butuh perkiraan waktu sekitar 50 menit saja.

Akses jalan sudah memiliki papan petunjuk yang tersebar luas di sekitar. Beberapa rute bisa dilewati untuk menuju Air Terjun cantik ini. Traveller yang mengambil jalur dari Jalan Mangku Giweng dapat menuju ke Jalan By Pass Dharma Giri. Lalu lurus ke Jalan Udayana yang berjarak cukup dekat dengan Desa, kemudian lanjutkan sampai menuju Jalan Ir Sutami.

Booking.com

Letak destinasi sangat strategis karena cukup dekat dengan pusat perbelanjaan besar. Bahkan siapapun dapat melihat rute terbaik melalui google maps di ponsel. Kawasan Desa yang selalu menjadi incaran banyak orang akan lebih mudah diketahui. Apalagi penduduk dikenal sangat ramah dalam memberikan informasi terkait dengan Air Terjun Sumampan.

Harga Tiket Masuk Sumampan Waterfall

Sumampan Waterfall Gianyar tidak mematok tiket masuk dengan harga tertentu. Wisatawan yang datang bisa membayar tiket secara suka rela kepada petugas. Hal ini bertujuan agar semua tamu dapat merasakan kesegaran air tanpa mengeluarkan budget mahal. Anda dapat mampir ke Air Terjun ini bersama kerabat untuk menghabiskan liburan.

Meskipun tidak ada tarif tiket khusus, tetapi bagi yang membawa kendaraan perlu membayar parkir. Karcis Rp 3.000 yang berlaku untuk sepeda motor dan Rp 5.000 khusus roda empat. Budget parkir tentu tidak mahal karena sudah sebanding dengan penjagaan yang aman. Bahkan lahan telah disediakan secara luas oleh pengelola untuk kendaraan.

Baca juga: Destinasi Wisata Alam Lumajang, Pemandian Tirtosari View 2023

Daya Tarik Wisata Sumampan Waterfall

1. Air Terjun Buatan

Sumampan Waterfall dikenal sebagai Air Terjun buatan manusia karena tidak berasal dari alam. Sumber air yang jatuh diketahui dari irigasi atau pengairan sawah yang ada di sekitar. Meskipun hasil buatan manusia, namun wisata ini memiliki kejernihan air yang tidak diragukan lagi. Bahkan Air Terjun sangat segar saat dipakai untuk bermain.

2. Panorama Cantik

Pemandangan yang berasal dari alam memang menjadi daya tarik yang tidak pernah membosankan. Air Terjun Sumampan mempunyai kecantikan yang berasal dari tanaman. Tempat menjadi semakin asri karena pohon terlihat berwarna hijau. Apalagi bukit yang rimbun juga bisa dilihat secara kasat mata saat di area wisata.

3. Batu Ukir

Pengunjung yang bermain air akan menemukan beberapa batu ukir. Air Terjun yang dilengkapi batu besar ini memang membuat keindahan semakin mempesona. Apalagi beberapa batu ada yang diukir dengan pola tertentu oleh seniman. Jika dilihat dari dekat batu memiliki ukiran yang sangat berbeda dengan batu lain.

Fasilitas Wisata di Sumampan Waterfall Gianyar

Sumampan Waterfall sudah menyediakan fasilitas penunjang untuk melengkapi keindahan wisata. Tempat makan sudah ada meskipun tidak terlalu banyak di sekitar air terjun cantik ini. Penduduk biasanya sering membuka warung pada hari tertentu ketika wisata sedang ramai saja. Fasilitas toilet mudah dijumpai yang mempunyai aliran air bersih dan segar.

Tempat ganti tersedia di dekat kamar mandi bagi siapapun yang usai bermain air. Kemudian tempat duduk yang dapat dipakai beristirahat terlihat menyebar di setiap sudut. Gazebo yang mempunyai atap juga ada disana agar traveller tidak merasakan panas terik. Mushola dan tempat ibadah lain masih belum terlihat karena Air Terjun dikelilingi pohon rimbun saja.

Area tempat parkir melengkapi fasilitas Air Terjun yang mampu menampung beberapa kendaraan pelancong. Penyekatan parkir tampak jelas untuk kendaraan jenis mobil dan sepeda motor. Disana masih belum memiliki penyewaan ban dan alat lain seperti pelampung. Jadi Anda perlu membawa perlengkapan sendiri jika ingin menikmati Air Terjun.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *