Wisatarakyat.com – Taman purbakala Pugung Raharjo di Lampung Timur adalah tempat bersejarah yang keren banget. Di sini, kita bisa lihat banyak barang kuno dari tahun 2500 SM, zaman hindu budha, sampe zaman islam. Ada keramik, dolmen, manik-manik, kapak batu, dan gelang perunggu yang keren abis. Orang-orang lokal yang atur tempat ini juga selalu jaga supaya tetap bagus.

Bangunan di sini pun unik. Ada benteng Pugung Raharjo yang kelihatan kayak gundukan tanah. Terus, ada juga punden berundak piramida yang banyak. Semua itu dari zaman hindu budha. Gak heran deh kalo setiap hari banyak orang lokal dan turis asing yang dateng ke sini. Selain bisa liburan, bisa juga belajar sejarah. Tempatnya juga selalu bersih, jadi masyarakat seneng banget.

Lokasi Taman Purbakala Pugung Raharjo

Terletak di Wilayah Desa Pugung Raharjo, Kecamatan Sekampung Udik, Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung. Taman ini berjarak sekitar 120 kilometer dari Kota Bandar Lampung.

Harga Tiket Taman Purbakala Pugung Raharjo

Harga tiket masuk adalah sebagai berikut:

  • Dewasa: Rp10.000
  • Anak-anak: Rp5.000
  • Rombongan (minimal 20 orang): Rp5.000/orang

Harap dicatat bahwa harga tiket dapat mengalami perubahan sesuai dengan kebijakan manajemen wisata

Jam Operasional

Buka setiap hari, dari pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB.

Daya Tarik Wisata

Taman Purbakala Pugung Raharjo merupakan salah satu situs arkeologi terpenting di Indonesia. Situs ini memiliki luas sekitar 25 hektar dan menyimpan berbagai peninggalan dari masa prasejarah hingga masa Hindu-Budha. Beberapa daya tarik wisata yang dapat ditemukan di Taman Purbakala Pugung Raharjo antara lain:

1.      Punden berundak

Peninggalan megalitikum yang terdiri dari gundukan tanah dan batu yang berundak-undak. Punden berundak ini diduga digunakan sebagai tempat pemujaan atau ritual keagamaan.

2.      Arca

Terdapat berbagai arca di Taman ini, mulai dari arca Hindu-Budha hingga arca megalitikum. Arca-arca ini menggambarkan berbagai dewa dan dewi, serta tokoh-tokoh penting dalam sejarah.

3.      Batu mayat

Sebuah batu berbentuk persegi panjang yang digunakan sebagai tempat meletakkan jenazah. Batu mayat ini diduga digunakan oleh masyarakat megalitikum untuk melakukan ritual penguburan.

4.      Menhir

Tugu batu yang berdiri tegak. Menhir diduga digunakan sebagai tempat pemujaan atau penanda wilayah.

Fasilitas

Taman ini memiliki berbagai fasilitas yang dapat digunakan oleh pengunjung, antara lain:

  • Area parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Jalan setapak
  • Papan informasi
Share: