Tlogo Putri Kaliurang adalah sebuah kawasan wisata yang terletak di kaki Gunung Merapi, di Yogyakarta. Kawasan ini terkenal karena adanya tempat wisata yang disebut “Air Terjun Tlogo Putri Kaliurang”.

Air terjun ini berada di antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Air Terjun Tlogo Putri Kaliurang menawarkan pengalaman berbeda untuk para pengunjung. Pengunjung dapat melihat air terjun yang indah di tengah hutan. Pengunjung juga dapat melihat pemandangan yang indah dari Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

 

 

Lokasi Tlogo Putri Kaliurang

Jl. Tlogo Putri, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582. Wisatawan dapat mengunjungi obyek wisata Tlogo Putri Kaliurang dengan menempuh waktu perjalanan kurang lebih 60 menit menggunakan kendaraan. Jika kalian berangkat dari nol kilometer Jogja, rute berikut bisa kamu gunakan untuk menuju wisata Tlogo Putri Kaliurang.

Harga Tiket Tlogo Putri Kaliurang

Tiket masuk : Rp.6.000,-/orang.

Booking.com

Parkir motor : Rp. 2.000

Parkir Mobil : 10.000

Parkir Bus : Rp. 20.000

Harga Tiket dan parkir dapat berubah sesuai kebijakan pengelola

Jam Buka

setiap hari dari jam 07.00-18.00 WIB.

 

Daya Tarik Tlogo Putri Kaliurang

Wisata Tlogo Putri Kaliurang merupakan sebuah destinasi liburan dengan spot danau dan berbagai wahana seru. Tempat wisata telaga tersebut memiliki pemandangan alam Kaliurang yang indah dengan pepohonan rimbun nan hijau disekelilingnya. Lokasi wisata ini tepatnya berada di lereng Gunung Merapi, sehingga berada dekat dengan tempat rekreasi lainnya.

Tlogo Putri memiliki sejarah dan mitos yang menyelimutinya, konon tempat ini menjadi pemandian bidadari. Mitos tersebut kemudian berpengaruh pada penamaan wisata Tlogo Putri yang berarti telaga tempat pemandian bidadari.

Ada pula yang memercayai bahwa jika kalian membasuh wajah didanau tersebut akan terlihat awet muda dan cantik layaknya bidadari. Namun kalian boleh percaya atau tidak akan mitos tersebut.

Destinasi wisata ini tidak hanya menawarkan keindahan alam, namun juga menyajikan berbagai aktivitas air menarik yang bisa dilakukan. Sedangkan untuk wahana lainnya seperti flying fox, skuter, menaiki mobil jeep, ayunan, jungkat-jungkit dan masih banyak lagi. Tempat rekreasi ini sangat cocok untuk piknik dan berquality time bersama orang tercinta.

Selain itu pengunjung juga bisa bermain berbagai macam wahana permainan menarik seperti Cano, Bianglala, Bebek air dan masih banyak lagi. Alamnya yang asri juga rekomended untuk ngadem menenangkan pikiran yang jenuh dan bosan terlalu lama dirumah.

 

Bermain Air

Salah satu kegiatan asik yang bisa dicoba di objek wisata ini yaitu merasakan wahana airnya. Terdapat beberapa wahana bermain di danau yang bisa kamu coba seperti bebek air.

Wahana satu ini sepertinya sudah sangat umum dan banyak digemari oleh wisatawan. Mengelilingi danau dengan mengarungi perahu bebek akan sangat mengasyikkan apalagi ditemani dengan teman, sahabat, atau keluarga. Untuk menjalankan Bebek air kalian perlu mengayuh pedal seperti sepeda. Meskipun lelah, namun semuanya teralihkan dengan keseruan yang tercipta.

Selain itu, kalian juga bisa menikmati berkano mengelilingi danau dengan perahu kecil berkapasitas satu hingga dua orang. Wahana air ini juga tak kalah seru, dengan suasana sejuk dan segar dari perbukitan sekitar menambah syahdu waktu bermainmu.

Keliling Danau dengan Skuter

Selain bermain air, terdapat wahana lainnya yang bisa kamu coba seperti bermain sekuter. Kalian bisa menyewa sekuter elektrik pada pihak penyewaan alat tersebut.

Nikmati menjelajahi kesejukan pegunungan dengan menggunakan sekuter yang pastinya lebih efektif. Karena bila dibanding dengan berjalan kaki akan sangat melelahkan.

 

 

Spot foto

Kamu bisa berfoto dengan latar belakang pemandangan danau dan landscape pepohonan sekitar. Pengunjung juga bisa berfoto menggunakan background tulisan Tlogo Putri Kaliurang yang menjadi icon utamanya.

Di kawasan ini juga terdapat banyak jenis monyet liar yang terkadang turun untuk mencari makanan dari para wisatawan. Tak usah takut, kalian bisa memberikan makanan ringan agar mereka tak mengganggu.

Nikmati berbagai obyek berfoto yang etrsedia dengan beragam sudut fotografi mendukung. Dijamin liburan akhir pekanmu akan terasa lebih seru dengan berkunjung ke wisata alam Kaliurang ini.

 

Fasilitas

fasilitas di tlogo putri kaliurang sudah cukup lengkap untuk menunjang kebutuhan pengunjnung ketika berwisata:

  • Mushola
  • Area parkir a
  • Toilet
  • Warung makan
  • Taman Bermain
  • Pusat kulineran
  • Basecamp Lava Tour Merapi untuk pendaftaran
  • Wahana permaian (Bianglala, kano, bebek air)
  • Taman bermain anak
  • Gazebo
  • Panggung hiburan

Sumber : sikidang.com

Baca Juga :

 

 

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *