Tumurun Private Museum – Berlibur ke Solo memiliki segudang destinasi menarik. Mulai dari wisata budaya, kuliner, hingga berbagai museum. Di Solo juga terdapat berbagai museum, salah satunya adalah Tumurun Private Museum atau dikenal dengan Museum Tumurun.

Museum ini terdiri dari dua lantai. Lantai dasar berisi koleksi seni kontemporer, kemudian di lantai atas untuk koleksi seni modern. Penikmat seni yang berkesempatan mengunjungi museum ini akan mendapatkan pengalaman yang luar biasa. Pasalnya, mereka bisa lebih mengenal lukisan asli baik dari dalam maupun luar negeri. Namun akses wisatawan hanya sebatas lantai 1.

Lokasi Tumurun Private Museum

Lokasinya yang berada di tengah kota sangat mudah dijangkau, yaitu terletak di Jl. Kebangkitan Nasional. Ancer-ancernya terletak di sebelah utara Pasar Bunga. Alamat: Jl. Kebangkitan Nasional No. 2, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 5714.

Harga Tiket Masuk Tumurun Private Museum

Meski menampilkan karya seni yang berharga, pengunjung tidak dipungut biaya sama sekali alias tiket masuk Museum Tumurun Solo gratis.

Jam Operasional

Meski terbuka untuk umum, pengunjung hanya diberikan waktu 1 jam. Maka jadwal pembukaan museum Temurun Solo adalah, Selasa-Sabtu: 10.00-17.00 WIB dan Minggu: 10.00-14.00 WIB. Kamu dapat mengunjungi dari Selasa hingga Minggu, tetapi pada hari Senin tutup. Saat berkunjung ke sana, pengunjung hanya diperbolehkan mengunjungi lantai satu plus sudah dipandu oleh pihak yang ada di sana. Kemudian lantai dua yang berisi seni modern tidak dibuka untuk umum.

pengunjung yang ingin berwisata harus melakukan reservasi online sebelum hari kedatangan. begini caranya:

Booking.com
  • Kunjungi situs web linktr.ee/TumurunPrivateMuseum
  • Pilih kolom “REGISTRASI Kunjungan Museum Tumurun (GRATIS)”
  • Diakses TribunTravel pada Selasa (9/11/2021), untuk pekan ini ada empat pilihan hari berkunjung, mulai 11-14 November 2021.
  • Pilih salah satu tanggal yang tersedia
  • Isi waktu kunjungan (pukul 10.00 atau 11.00 atau 12.00 WIB)
  • Lanjutkan dengan mengisi identitas, alamat email dan nomor ponsel yang masih aktif, dll
  • Masukkan kode keamanan yang tertera
  • Klik Daftar dan tunggu e-tiket dikirim
Tumurun Private Museum
Sumber : asedino.com

Daya Tarik

Terdiri dari Dua Lantai

Bangunan Museum Tumurun terdiri dari dua lantai. Lantai pertama berisi koleksi seni temporer, sedangkan lantai dua berisi seni modern. Meski begitu, akses wisatawan hanya sebatas lantai 1.

Koleksi Benda Bernilai

Di museum ini Kamu bisa melihat berbagai koleksi seni yang sangat unik. Kamu bisa melihat karya dari pelukis Indonesia hingga pelukis dari luar negeri. Di lantai satu Kamu bisa menikmati koleksi karya-karya unik seperti karya Affandi, Raden Saleh, hingga Johan Rudolf Bonnet. Nama-nama ini adalah seniman terkenal yang lukisannya selalu menjadi pusat perhatian.

Koleksi Seni

Meski baru resmi dibuka, koleksi dari Museum Tuturun tidak diragukan lagi unik. Kamu dapat melihat berbagai koleksi lukisan sejarah serta karya seni yang unik. Karya-karya yang dipamerkan memiliki nilai tersendiri yang tentunya tidak bisa digantikan dengan apapun.

Privasi yang Ketat

Untuk hal yang satu ini, Museum Tumurun sangat ketat. Setiap orang yang akan memasuki museum ini harus mendaftar dari seminggu sebelum kedatangannya.

Fasilitas

Di museum ini tentunya Kamu akan menikmati fasilitas dasar. Fasilitas tersebut antara lain toilet, mushola dan area parkir. Kamu dapat berjalan-jalan di sekitar Museum Tumurun dengan nyaman dan aman. Selain itu, area museum ini telah dilengkapi dengan AC, sehingga Kamu tidak diperbolehkan merokok di area ini. Selain dapat mengganggu orang lain, rokok juga tidak baik untuk melukis.

Demikian ulasan tentang, Tumurun Private Museum. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *