Taman Badegolan Kebumen – Salah satu destinasi wisata yang akhir-akhir ini sedang viral di aplikasi Tiktok adalah Taman Badegolan yang berada di Kabupaten Kebumen. Tempatnya yang begitu sejuk dengan pemandangan semburan air dari PLTA yang begitu deras, membuat daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Selain itu, banyak juga yang mengatakan warna biru airnya mirip seperti yang ada di Sungai Aare, Swiss. Hal tersebut tentu sangat jarang ditemukan di tempat wisata air manapun.

Baca juga: Telaga Waja Rafting, Destinasi Arung Jeram yang Menantang di Karangasem Bali

Nah buat kamu yang tertarik untuk berkunjung, simak terlebih dahulu informasi wisata Taman Badegolan berikut ini. Ajak teman-temanmu agar semakin seru, ya!

Lokasi menuju Taman Badegolan

Wisata Taman Badegolan berlokasi di komplek PLTA Waduk Wadaslintang, Kabupaten Kebumen. Namun, untuk Waduk Wadaslintang-nya sendiri masuk area Kabupaten Wonosobo.

Karena akses menuju lokasi belum bisa dilalui oleh kendaraan umum, maka hanya kendaraan pribadi seperti motor dan mobil saja yang bisa menuju sampai ke lokasi. Untuk lebih lengkapnya kamu dapat menyimak rekomendasi rute alternatif berikut ini, ya.

Booking.com

Rute dari Alun-alun Kebumen:

Jalan P. Bumidirjo – Jalan Tuan Surotrunan – Jalan Pemandian Timur – Jalan Raya Wonokromo- Jalan Raya Kaliputih – Jalan Raya Sendangdalem – Jalan Raya Waduk Wadaslintang – Jalan PLTA.

Rute dari Stasiun Kutoarjo Purworejo:

Kutoarjo Purworejo – Jalan Nasional lll – Jalan Tentara Pelajar – Jalan Pituruh Kemiri – Jalan Pituruh Brengkol – Jalan Raya Wadaslintang –  Jalan PLTA.

Harga tiket di Wisata Taman Badegolan

Nuansa Taman Badegolan ini mirip seperti ketika ditepi pantai dengan deburan ombak, serta angin sepoi-sepoi yang cocok banget buat healing. Jika beruntung, pengunjung juga dapat melihat pelangi di antara semburan air dari PLTA, lho.

Selain itu, tiket masuknya wisata Taman Badegolan ini juga tidak akan bikin kantong kamu kering, kok! Cukup dengan membayar Rp5.000 untuk parkir motor dan Rp10.000 untuk mobil kamu sudah bisa menikmati keindahannya.

Jam dan hari operasional Taman Badegolan

Taman Badegolan menyajikan pemandangan alam yang sangat memukau dan menawan. Di tempat ini para pengunjung dapat melihat langsung semburan air dari PLTA Wadaslintang yang menjadi salah satu daya tarik Taman Badegolan.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Taman Badegolan adalah di pagi hari karena suasana masih sangat sejuk dan belum terasa panas. Sementara jam operasional Taman Badegolan dimulai pukul 08.00-17.00 WIB.

Daya Tarik Taman Bedegolan

Perlu diketahui bahwa Taman Bedegolan atau Taman Badegolan Kebumen meskipun bisa dijadikan destinasi wisata keluarga, namun aspek kehati-hatian menjadi prioritas utama.

Hal tersebut dikarenakan di tepi sungainya belum terdapat pagar pembatas keamanan. Dan para pengunjung dilarang untuk berenang, karena sungainya dalam dan sangat deras.

Taman Bedegolan adalah air yang keluar dari pembuangan Waduk Wadaslintang. Daya tarik utamanya adalah warna airnya sangat menyajikan gradasi warna hijau toska, dan biru.

Saat air keluar dari Waduk Wadaslintang, secara bersamaan menyajikan percikan air layaknya seperti kepulan asap. View sungai yang instagramable serta nyamannya lingkungan di tepian Taman Bedegolan menjadikannya sering disebut dan disamakan dengan Sungai Aare Swiss.

Wisatawan yang datang memang didominasi oleh kaula muda yang gandrung eksis di media sosial. Tetapi sekali lagi sikap kehati-hatian harus menjadi yang utama.

Selain larangan berenang, para pengunjung juga dilarang membuang sampah sembarangan. Karena sangat disayangkan jika sungai cantik tersebut harus kotor oleh pengunjung yang tidak bertanggungjawab.

Jika ingin mendapatkan hasil jepretan kamera yang sempurna, maka pengunjungpun disarankan untuk mempertimbangkan faktor cuaca ya.

Fasilitas Taman Bedegolan

Fasilitas di Taman Bedegolan adalah sebagai berikut:

  • Area parkir,
  • Toilet,
  • Warung – warung.
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *