Pasong Temanggung – Wisata alam Posong Temanggung adalah satu dari sekian banyak wisata Temanggung dengan tema alam terbuka, namun disajikan dalam bentuk keindahan yang instagramable. Lokasi Wisata alam Posong Temanggung terletak di ketinggian 1823 mdpl. Sehingga para pengunjung yang datang akan merasakan udara yang sejuk khas daerah pegunungan.

Sejarah penataan objek Wisata alam Posong Temanggung diawali dari tahun 2010. Dan setiap tahunnya dilakukan pengembangan, sajian konten wisatanya diselaraskan dengan kemajuan jaman, namun tanpa mengabaikan aspek kelestariannya.

Baca juga: Destinasi Wisata Alas Burno Senduro Lumajang, Tempat Asyik Di Tengah Hutan Pinus

Wisata Posong Temanggung berada di area seluas 1,2 ha. Hal tersebut menjadikannya sebuah objek wisata yang dipenuhi dengan ragam wisata, dengan sensasi yang berbeda-beda.

Lokasi Wisata Alam Posong Temanggung

Lokasi Posong Temanggung terletak di lereng Gunung Sindoro. Adapun alamat Posong Temanggung berada di Desa Tlahab, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah.

Rute atau akses jalan menuju Posong Temanggung bisa sangat mudah diakses, apalagi jika dari Temanggung hanya berjarak 22 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Booking.com

Setelah dari loket utama, para pengunjung harus terus melakukan perjalanan selama  4 kilometer. Mobil, ataupun motor masih bisa masuk hingga sampai di area parkir.

Harga Tiket Masuk Wisata Posong Temanggung

Harga tiket masuk / htm wisata Posong Temanggung:

  • Rp. 20.000 per orang untuk tiket masuk
  • Rp. 3.000 untuk parkir motor

Jam operasional atau jam buka Posong Temanggung dari pukul 04.00 – 16.30 setiap harinya. Namun untuk aktivitas camping buka selama 24 jam.

Daya Tarik Posong Temanggung

Wisata Posong pada tahun 2020 sempat dilakukan penutupan karena dampak dari pandemi. Namun, sejak bulan Agustus 2020 Wisata alam Posong Temanggung dibuka kembali untuk wisatawan.

Dibuka kembali bukan berarti mengabaikan aspek protokol kesehatan, dan keamanan. Saat mulai masuk pintu utama, para pengunjung wajib mentaati protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pihak pengelola.

Dibukanya Posong Temanggung tentu saja memberikan kabar gembira bagi mereka yang sudah tahu keindahan di objek wisata tersebut.

Dan inilah daya tarik, serta pesona keindahan di Wisata alam Posong Temanggung yang terangkum dalam sajian tema wisatanya:

1. Wisata Alam Terbuka Dengan Golden Sunrise

Konsep utama dari Posong Temanggung adalah keidahan wisata alam terbuka. Bukan hanya di lokasi utamanya saja, tetapi jalan menuju Posong Temanggung disuguhi oleh view alam nan elok.

Lokasi Wisata alam Posong Temanggung terletak di lereng Gunung Sindoro. Dan kawasan Posong Temanggung terkenal sebagai kawasan pertanian tembakau.

Maka jangan heran jika pohon tembakau menjadi view dominan di beberapa titik. Selain itu, ada juga perkebunan kopi, dan sebagian kopinya dijual di café yang ada di Posong Temanggung.

2. Destinasi Wisata Keluarga

Posong Temanggung meupakan wisata Temanggung yang recommended banget sebagai destinasi wisata keluarga.

Hal ini dibuktikan dengan spot wisata yang tidak berbahaya, dan nyaman untuk dinikmati. Bahkan ada area khusus untuk bermain anak.

Café, tempat makan, taman bunga, hingga gazebo dengan latar pemandangan alam yang indah, adalah beberapa saja dari sekian banyak spot indah yang ada di Wisata alam Posong Temanggung.

3. Wisata Alam Kekinian

Seperti yang sering saya sampaikan di beberapa artikel lainnya, bahwa jika sebuah objek wisata mampu menghadirkan spot kekiniaan, maka peluang untuk dikunjungi wisatawan semakin besar.

Spot selfie, ataupun spot instagramable bukan hanya sebatas konten yang dapat berdampak secara ekonomi saja. Namun hal tersebut bisa menjadi sebuah cerminan kreativitas di objek wisata yang dikunjungi.

Begitupun dengan Wisata alam Posong Temanggung. Kehadiran spot keren di objek wisata tersebut adalah daya tarik yang tak terbantahkan.

Apalagi mempunyai latar alam yang eksotis, tentu saja semakin memikat animo untuk datang ke lokasi tersebut. Spot selfie favorit pengunjung  di Posong Temanggung adalah gadu pandang.

4. Camping Area

Inilah ragam aktivitas wisata yang paling digandrungi oleh kaula muda, yaitu camping. Memang area Posong Temanggung sangat nyaman sekali.

Tidak perlu bersusah payah untuk melakukan trekking, kawasan yang aman dan bersih, ditambah lagi panorama alamnya sangat indah.

Momen yang paling ditunggu adalah momen sunrisenya. Dan sunrise di Wisata alam Posong Temanggung memang sudah sangat terkenal sekali keindahannya.

Fasilitas Di Wisata Posong Temanggung

Fasilitas di wisata Posong Temanggung sudah sangat lengkap, seperti :

  • Toliet
  • Area parkir
  • Mushola
  • Rumah Makan
  • Gazebo
  • Café
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *