Goa Petruk Kebumen
sumber : jejakpiknik.com

Goa Petruk kebumen, dengan bebatuan yang indah

Posted on

Goa petruk kebumen adalah sebuah objek wisata dengan sejuta pesona. Ketika mendengar nama petruk pasti teringat dengan tokoh pewayangan jawa. Goa ini begitu indah dan batuan di dalamnya masih terlihat alami. Goa ini terjaga kealamiannya. Tak heran jika pencahayaan listrik pun sengaja tidak dipasang oleh pemerintah setempat. Namun para pengujung tak perlu hawatir soal pencahayaan karena di kawasan goa telah tersedia jasa untuk menemani menelusuri goa petruk ini.

Goa yang memiliki tiga bagian ini memiliki keunikan tersendiri. Disetiap bagiannya tidak sama persis. Ketika sampai di gao petruk seperti memandang keindahan alam yang tidak ada saingannya. Pasti pengunjung penasaran kenapa dinamakan petruk. Goa petruk dapat dijadikan destinasi wisata ketika berada di jawa tengah ini memiliki batuan mirip berbentuk petruk tokoh pewayangan. Hal ituah kenapa goa ini dinamakan goa petruk.

Goa Petruk Kebumen
sumber : advjourney.com

Lokasi

Goa Petruk Kebumen ini berada di Dukuh Mandayana, Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kabumen, Jawa Tegah, 54473.

Rute

Dari pusat Kota Kebumen membutuhkan kisar waktu selama 1,5 jam. Untuk menuju lokasi dapat melewati Jl. Pahlawan menuju Gg.Soka kemudian menuju Jl. Ronggowasito sekitar 10 km lalu belok kiri ke Jl. Jatiluhur. Sekitar 550 m belok kiri menuju Jl. Raya Kaleng atau Jl. Raya Meles. Kemudian menuju ke arah jalan Kuwarasan-Jatiajar sekitar 15 km. Kemudian belok kiri ke Jl. Raya Damangsari. Lalu belok kanan ke Jl. Raya Ijo lalu sekiar 1,2 menuju ke Jl. Goa Petruk 230 m sampai di lokasi.

Jam Operasional

Buka setiap hari seama 24 jam

Harga Tiket

Tikut masuk Goa Petruk Kebumen sebesar Rp.7.500, dengan biaya pengunjung bisa memuaskan diri berada di goa petruk

Goa Petruk Kebumen
sumber : travelingyuk.com

Daya Tarik

  1. Lantai satu goa petruk

Bagian pertama di goa petruk sering disebut lantai satu karena tempatnya yang berada di dasar goa. Lantai satu menyuguhkan bentuk bebatuan yang masih alami. Batuan tersebut membentuk ukiran yang begitu menakjubkan tak jarang jika bagain pertama goa ini menjadi spot favorit yang cantik. Akan tetapi di bagian ini banyak terdapat kelalawar yang berterbangan dengan bau yag tidak sedap. Bagi pengujung pemula diharap untuk hati-hati karena kelalawar dapat menyerang kapanpun.

  1. Goa semar

Bagian kedua dari goa petruk ini adalah goa semar. Goa yang memiiki keindahan alam beitu asli yang sengaja tidak diberi pencahayaan ini memilik batuan yang mirip semar dibagian kedua. Dari bagian-bagian goa petruk yang memiliki ukiran bebatuan alami dan indah ini adalah bagian goa semar. Pengujung dapat melihat batu yang mirip denga semar ini dengan bantuan cahaya yang dimiliki.

  1. Goa petruk

Goa yan berada di ujung tak kalah menariknya dengan bagian-bagian goa sebelumnya. Bagian ini lebih gelap dari pada bagian yang lainnya. Goa ini menyimpan bebatuan mirip tokoh pewayangan mengalami kecacatan karena perang dunia ke dua yang dialami oleh Indonesia. Ketika itu Belanda sedang melakukan penebangan phosfat yang mengakibatkan hidung yang disimbokkan seperti hidung milik petruk tokoh pewayangan menghilang.

2 thoughts on “Goa Petruk kebumen, dengan bebatuan yang indah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *