Wisatarakyat.com – Wisata kuliner adalah salah satu kegiatan yang paling digemari oleh para pecinta makanan. Dalam upaya mencari sensasi baru dan menikmati berbagai hidangan, steak menjadi salah satu menu yang wajib dicoba.

Bagi pecinta kuliner, memahami dan mencoba berbagai jenis steak adalah sebuah pengalaman yang tidak boleh dilewatkan. Steak, dengan berbagai varian dan cara penyajiannya, menawarkan kelezatan dan kepuasan tersendiri yang bisa membuat siapa saja terpesona.

Steak merupakan salah satu hidangan yang semakin populer dan mudah ditemukan, baik di restoran mewah maupun pedagang kaki lima. Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan steak? Berikut ini penjelasan lengkapnya

Apa Itu Steak?

Steak adalah irisan daging merah tebal atau tipis tanpa tulang yang dipotong melintang dari satu otot besar dan dimasak cepat di atas api besar. Umumnya, steak mengacu pada daging sapi, namun istilah ini juga bisa merujuk pada jenis daging lain seperti ayam dan ikan.

Steak mengacu pada seiris daging panggang, umumnya daging sapi, yang disajikan sebagai hidangan utama..

Lebih lanjut lagi Steak adalah teknik memasak menggunakan bahan tertentu dengan bahan berprotein kemudian diolah menjadi steak yang bisa berasal dari daging sapi, ikan seperti salmon, atau ayam.

Olahan steak selain daging sapi biasanya dikonsumsi oleh orang-orang yang tidak memakan daging sapi karena alasan agama atau budaya.

Jenis-Jenis Steak

Berikut ini adalah beberapa jenis steak yang paling populer dan karakteristik dari masing-masing jenis:

 

1.Tomahawk

Tomahawk adalah potongan steak yang diambil dari tulang rusuk sapi dan masih membawa tulang dalam potongannya.

Tekstur dan rasa tomahawk identik dengan rib eye, namun dengan tambahan tulang yang besar. Dalam 100 gram tomahawk, terkandung sekitar 161 kalori, 8,3 gram lemak, dan 20,13 gram protein.

2.T-Bone

T-Bone adalah potongan daging berbentuk huruf T yang berasal dari bagian punggung sapi, tepat di antara short loin dan tenderloin.

Potongan ini memungkinkan Anda menikmati tekstur dan citarasa keduanya. Dalam 100 gram T-Bone, terdapat 212 kalori, 14,31 gram lemak, dan 19,39 gram protein.

 

3.Tenderloin

Tenderloin dikenal karena teksturnya yang sangat lembut dan empuk, menjadikannya salah satu potongan steak yang paling populer.

Potongan ini berasal dari bagian tengah sapi. Dalam 100 gram tenderloin, terdapat 247 kalori, 18,16 gram lemak, dan 19,61 gram protein.

 

4.Rib Eye

Rib eye berasal dari bagian sekitar tulang rusuk sapi dan memiliki tekstur yang lembut serta rasa yang juicy. Rib eye cocok untuk berbagai metode memasak seperti dipanggang, direbus, atau diasap.

Dalam 100 gram rib eye, terdapat sekitar 161 kalori, 8,3 gram lemak, dan 20,13 gram protein.

 

5.Sirloin

Sirloin atau has luar memiliki tekstur otot yang lebih keras dibandingkan dengan tenderloin atau rib eye, namun serat dagingnya tetap halus.

Potongan ini dikenal dengan rasa yang gurih dan juicy karena lapisan lemak yang ada di dalamnya. Dalam 100 gram sirloin, terdapat 201 kalori, 12,7 gram lemak, dan 20,3 gram protein.

 

6.Flank

Flank diambil dari otot perut sapi dan memiliki bentuk yang panjang serta mendatar. Meskipun teksturnya kurang lembut dibandingkan dengan jenis steak lainnya, flank tetap bisa menjadi hidangan lezat jika dimasak dengan benar. Dalam 100 gram flank, terdapat sekitar 155 kalori, 7,17 gram lemak, dan 21,22 gram protein.

 

7.Wagyu

Wagyu adalah daging sapi asli Jepang dengan citarasa khas. Teksturnya sangat lembut dan juicy, dengan rasa yang gurih. Wagyu memiliki warna yang lebih putih dibandingkan dengan daging sapi biasa. Dalam 100 gram wagyu, terdapat sekitar 286 kalori, 23,3 gram lemak, dan 17,85 gram protein.

 

Menikmati Steak di Holycow!

Setelah mengetahui berbagai jenis steak dan karakteristiknya, tidak ada salahnya jika Anda mencoba menikmati steak di tempat yang sudah terkenal dengan kelezatannya.

Steak Hotel by HOLYCOW! hadir sebagai Meat Expert yang menyajikan pengalaman makan steak halal terbaik bagi para pecinta daging.

Holycow! juga memiliki sertifikat Cleanliness, Health, Safety & Environment Sustainability (CHSE) dari Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif Indonesia.

Holycow! memiliki beberapa cabang yang tersebar di berbagai kota besar di Indonesia, antara lain:

  • Jakarta
  • Depok
  • Tangerang
  • Bandung
  • Semarang
  • Surabaya
  • Pekanbaru

Dengan banyaknya pilihan lokasi, Anda bisa dengan mudah menikmati steak lezat dan berkualitas di Holycow! Pilihan menu yang beragam dan cita rasa yang terjamin membuat Holycow! menjadi destinasi wajib bagi para pecinta steak. Segera kunjungi Holycow! dan nikmati sensasi steak yang tiada duanya.

 

 

Share: