Wisatarakyat.com – Wisata Pelabuhan Sunda Kelapa yang Bernilai Sejarah – Saksikan suasana bahari yang semarak di pelabuhan kuno ini. yang menjadi pelabuhan utama Indonesia pada masa penjajahan Belanda.Sunda Kelapa adalah kota pelabuhan yang ramai yang telah beroperasi sejak tahun 1100. Kunjungi situs ini tempat para pekerja pelabuhan bongkar muat barang dari kapal yang menuju kepulauan Indonesia.

Pelabuhan Sunda Kelapa adalah pelabuhan utama bekas Kerajaan Sunda antara abad ke-13 dan 16. Perusahaan Hindia Timur Belanda mengambil alih pelabuhan tersebut pada tahun 1619 dan mulai meletakkan dasar Battavia (sekarang Jakarta)

Luangkan waktu untuk mengagumi perahu pinisi tua, berupa perahu kayu yang dibangun oleh suku-suku Sulawesi Selatan. Kapal-kapal ini adalah bagian dari armada yang mengirimkan pasokan dan barang ke banyak pulau di Indonesia setiap hari. Pastikan untuk memperhatikan tiang kembar yang tinggi dan lambung kapal yang dicat cerah. Tanyakan kepada kapten tentang kesempatan untuk naik ke kapal dan lihat sekeliling kapal.

Pengunjung didorong untuk datang lebih awal untuk melihat sekilas suasana tersibuk. Amati pekerja yang kuat saat mereka menurunkan barang. termasuk batu bara, rempah-rempah dan kayu gelondongan ke dan dari kapal. Kagumi pemandangan saat mereka berpacu di sepanjang kanopi yang sempit dan bergoyang. sambil membawa beban berat di punggung mereka

Lokasi Wisata Pelabuhan Sunda Kelapa

Pelabuhan Sunda Kelapa terletak di utara Jakarta. Jaraknya 4 mil (6,5 kilometer) di utara Alun-alun Merdeka. Pengunjung dapat dengan mudah sampai di sini dengan naik ojek atau becak, sekitar 5 menit berkendara ke timur ke pelabuhan,. JL. Pinisi Raya K.T.K.B. Ancol Pademangan, No. 2, RT.11/RW.8, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430

Baca Juga :  Museum Macan (Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara)

Harga Tiket Wisata Pelabuhan Sunda Kelapa

Pengunjung hanya dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp2.500 saja perorang, untuk pejalan kaki atau naik sepeda. Nah, buat kamu yang naik motor kamu dikenai tarif lagi yaitu sebesar Rp3.000, mobil sebesar Rp4.000, bus atau pickup sebesar Rp7.000, truk kecil Rp9.000, truk besar dan truk kontainer sebesar Rp11.000, dan truk peti kemas sebesar Rp17.000.

Jam Operasional

Kamu bisa mengunjungi pelabuhan ini kapan pun karena jam buka untuk umum 24 jam tanpa tutup. Namun, sekali lagi kami menyarankan sore hari datang ke sini untuk mengejar sunset karena momen tersebut biasanya yang ditunggu pengunjung.

Wisata Pelabuhan Sunda Kelapa
Sumber : ihategreenjello.com

Daya Tarik

Spot Foto

Bangunan apartemen menjulang tinggi bisa terlihat sangat jelas dari Pelabuhan Sunda Kelapa ini, tentu pemandangan sangat cukup unik dan menarik buat background foto. Ada juga mercusuar dengan pelabuhan yang bisa di-explore menjadi spot foto keren. Mercusuar tersebut merupakan pintu gerbang dermaga. Terdapat 2 mercusuar yang menjadi pembatas dari pelabuhan, mercusuar warna hijau dan warna merah.

Perahu Sampan

Pengunjung juga bisa berkeliling ke perairan di pelabuhan ini dengan menaiki perahu sampan dari ojek sampan disekitar. Kamu akan diantar berkeliling sampai ke tengah laut sehingga bisa melihat hampir seluruh dermaga ini.

Sunset

Kami sarankan mengunjungi pelabuhan ini ketika sore hari karena sunset di sini terlihat jelas. Jangan kaget jika banyak wisatawan dari Kota Tua mampir ke sini hanya untuk melihat sunset karena memang saking indahnya.

Fasilitas

  • Toilet
  • Tempat parkir
  • Pedagang makanan dan minuman
  • Tempat berteduh

Demikian atas terselesainya penyusu nan artikelm kali ini tentang wisata Pelabuhan sunda kelapa dan harapan kami anda dengan mudah memahami apa yang sudah dijelaskan sehingga berguna sebagai refrensi wisata yang akan anda kunjungssi Bersama keluarga, terima kasih.

Baca Juga :  Wisata Edukasi Cibubur Garden Dairly Jakarta

Baca juga :

 

 

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *