7 Oleh-Oleh Khas Jawa Tengah Paling Populer. Berkunjung atau berwisata ke jawa tengah tidak akan lengkap jika tidak membeli sesuatu yang khas untuk dinikmati ataupun untuk oleh-oleh, ada beragam oleh-oleh khas kuliner jawa tengah yang sayang jika dilewatkan dan , berbicara tentang wisata yang ada di Jawa Tengah pastinya tidak akan luput dengan diimbangi makanan khas Provinsi Jawa Tengah. Ada banyak kuliner yang bisa Anda cicipi di Jawa Tengah.

 

 

Berikut  rekomendasi 7 oleh-oleh Khas Jawa tengah paling populer

 

  1. Tahu Bakso

tahu bakso khas Semarang ini bisa Anda jadikan oleh-oleh untuk keluarga. Rasa tahu bakso khas Semarang ini begitu gurih dan nikmat jika disajikan dengan tambahan cabe rawit hijau. Ada dua varian tahu bakso Semarang yakni rebus dan goreng. Anda tidak perlu bertanya varian tahu bakso mana yang enak karena memang kedua-duanya terasa lezat.

Booking.com
  1. Lumpia Semarang

 

Menikmati lezatnya lumpia asli dari kota asalnya tentu akan tercipta sensasi tersendiri. Rasanya yang gurih dan renyah dengan isian rebung ayam membuat Anda tidak merasa lelah untuk mengunyahnya.. Untuk mendapatkan lumpia ini tidaklah sulit, Anda bisa berkunjung ke toko pusat oleh-oleh semarang yang cukup mudah di jumpai di tempat-tempat wisata

 

 

  1. Intip Solo

 

Intip merupakan semacam kerak nasi yang proses pembuatannya harus dilakukan penjemuran terlebih dahulu hingga kering. Baru kemudian dilakukan dengan penggorengan yang menggunakan minyak yang cukup panas. Setelah itu, intip tersebut dibungkus rapi dengan tambahan gula merah atau garam untuk menambah cita rasa dari intip Solo tersebut. Namun ternyata intip Solo juga mempunyai banyak sekali varian rasa, diantaranya seperti gurih, asin, gula jawa dan manis. Makanan ini terbilang dari bahan yang alami tanpa adanya MSG.

 

  1. Roti Ganjel Rel

 

Roti Ganjel Rel merupakan jajanan oleh-oleh khas Jawa Tengah yang terkenal. Meskipun namanya terdengar aneh, tetapi roti ganjel rel ini mempunyai rasa yang begitu khas dan istimewa. Bahan dasar pembuatan roti ini asli terbuat dari campuran tepung tapioka dengan kayu manis dan santan. Untuk memperindah tampilan roti tersebut, diberikan tambahan taburan wijen secara rata di atas roti ini.

  1. Super Cake Brillian

Cake brillian menjadi oleh-oleh khas Jawa Tengah favorit para wisatawan yang datang ke Jawa Tengah. Roti ini bisa anda temukan dengan mudah di Istana Brillian tepatnya di Jl. Simpang Lima, Kota Semarang. Bahan untuk membuat roti brillian ini dari bahan-bahan pilihan dan resep yang digunakan asli resep kuno dari nenek moyang. Untuk varian rasanya juga beragam yakni rasa almond, keju, kismis dan coklat. Roti ini mampu bertahan hingga berhari-hari, sehingga sangat cocok untuk buah tangan bagi keluarga tercinta di rumah.

 

 

  1. Wingko Babat

 

Wingko babat merupakan sejenis makanan tradisional asli Jawa Tengah yang terbuat dari kelapa dengan campuran bahan-bahan yang lainnya. Di daerah Jawa Tengah, wingko babat berbentuk bundar dan begitu lunak semacam jenang dodol tetapi ada campuran kelapanya. Pada umumnya wingko babat dijual dengan bentuk bundar yang dibungkus kertas. Untuk kombinasi rasa wingko babat Jawa Tengah ditambah gula pasir agar tercipta rasa yang lebih manis dan juga lezat.

 

  1. Kue Mochi

 

Kue mochi popoler sebagai oleh oleh khas Jawa Tengah. Kue mochi asli terbuat dari tepung ketan yang di dalamnya terdapat isian gula dan kacang cincang. Tampilannya bulat-bulat kecil dan tekturnya kenyal dengan ditambahi taburan wijen pastinya akan menggoda pecinta kuliner yang melihatnya. Kue Mochi ini dibuat tanpa adanya tambahan bahan pengawet dan bisa bertahan hingga tujuh hari. Sehingga makanan ini sangat aman untuk dikonsumsi.

Baca Juga :

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *