Wisatarakyat.com – Bulan Ramadan, selain menjadi waktu yang penuh berkah untuk berpuasa, juga merupakan kesempatan emas bagi umat Islam untuk menunaikan ibadah umroh. Umroh di bulan suci ini memiliki keutamaan besar, sebagaimana tertuang dalam hadis yang menyatakan bahwa umroh di bulan Ramadan setara dengan ibadah haji.

Artikel ini akan membahas beberapa keutamaan umroh Ramadan berdasarkan sumber-sumber hadis dan penjelasan ulama.

8 Keutamaan Umroh di Bulan Ramadan

1. Doa dan Hajat Dikabulkan Allah

Pelaksanaan haji dan umrah menjadi tamu Allah, dan janji-Nya adalah untuk mengabulkan doa mereka. Di Tanah Suci, tempat-tempat mustajab seperti Multazam di Masjidil Haram dan Raudhah di Masjid Nabawi menambah kesempatan untuk berdoa.

“Orang yang mengerjakan Haji dan Umroh merupakan tamu Allah. Maka jika mereka bermohon kepadanya, pastilah dikabulkan-Nya, dan jika mereka memohon ampunan pasti diampuni-Nya.” (HR Ibnu Majah)

2. Mendapat Kesempatan Ziarah ke Makam Rasulullah SAW

Umroh di bulan Ramadan memberikan kesempatan untuk berziarah ke makam Nabi Muhammad SAW di Masjid Nabawi Madinah. Ini merupakan keutamaan yang istimewa bagi setiap muslim yang berkesempatan melaksanakan umrah pada bulan suci ini.

“Barang siapa yang menziarahi aku dan ia hanya berniat menziarahi aku, maka wajib bagiku untuk mensyafa’atinya.” (HR at-Thabrani)

3. Setara Pahala Ibadah Haji

Rasulullah SAW menjelaskan bahwa umroh di bulan Ramadan memiliki pahala yang setara dengan ibadah haji.

Meskipun demikian, perlu diingat bahwa umroh tidak dapat menggantikan kewajiban haji secara keseluruhan.

Oleh karena itu, bagi yang memiliki kewajiban haji, tetaplah melaksanakannya ketika sudah mampu.

“Jika Ramadhan tiba, berumrahlah saat itu karena umrah Ramadhan senilai dengan haji.” (HR Bukhari dan Muslim)

4. Haji Bersama Rasulullah SAW

Umroh di bulan Ramadan diibaratkan seperti berhaji bersama Rasulullah SAW. Ini menunjukkan tingginya keberkahan dan keutamaan umrah di bulan suci ini.

“Sesungguhnya umrah di bulan Ramadhan seperti berhaji bersamaku.” (HR Al-Bukhari 1863)

5. Seperti Jihad Tanpa Peperangan

Melaksanakan umroh di bulan Ramadan dianggap sebagai bentuk jihad fii sabilillah tanpa adanya peperangan. Ini menunjukkan keagungan amalan umrah dalam memberikan kontribusi positif bagi umat Islam.

“Wahai Rasulullah, apakah wanita juga wajib berjihad?” Beliau shollallahu ‘alaihi wasallam menjawab, “Iya. Dia wajib berjihad tanpa ada peperangan di dalamnya, yaitu dengan haji dan Umroh.” (HR. Ibnu Majah 2901)

6. Penggugur Dosa di Antara Dua Umrah

Bagi mereka yang sudah pernah melaksanakan umroh sebelumnya, umroh di bulan Ramadan menjadi penggugur dosa-dosa di antara dua umrah. Ini menunjukkan betapa besar pengampunan Allah SWT terhadap hamba-Nya yang berusaha mendekatkan diri.

“Antara Umrah yang satu dan Umrah lainnya, itu akan menghapuskan dosa di antara keduanya. Dan Haji mabrur tidak ada balasannya melainkan surga.” (HR Al-Bukhari 1773 dan Muslim 1349)

7. Meraih Pahala Berlipat Ganda

Umroh di bulan Ramadan membawa pahala berlipat ganda, terutama karena amalan ibadah akan dilipatgandakan pada bulan suci ini. Sholat di Masjid Nabawi dan Masjidil Haram pada waktu yang terbatas ini memberikan keistimewaan tersendiri.

“Barang siapa yang mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu pekerjaan kebajikan (sunnah) di dalamnya, (ia diganjar pahala) sama seperti menunaikan kewajiban (fardhu) di bulan yang lain.” (HR Al-Baihaqi)

8. Mendapatkan Lailatul Qadar di Masjidil Haram

Melaksanakan umrah pada bulan Ramadan juga memberikan peluang untuk berada di Masjidil Haram selama malam Lailatul Qadar, yang biasanya malam yang spesial ini terjadi di penghujung bulan.

Malam Lailatul Qadar dianggap sebagai malam yang sangat istimewa, di mana Allah memberikan pahala setara dengan seribu bulan.

Maka Dengan melaksanakan umroh akhir Ramadan, kita memiliki peluang untuk berada di Masjidil Haram selama malam Lailatul Qadar.

“Tahukah kamu apakah Lailatulqadar itu? (2) Lailatulqadar itu lebih baik daripada seribu bulan. (3) Pada malam itu turun para malaikat dan Rūḥ (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan” (4) (QS- Alqodar : 2-4)

Tips Memilih Travel Umroh Ramadan yang Terpercaya

Melaksanakan ibadah umroh pada bulan Ramadan memang menjadi keistimewaan tersendiri. Selain mendapatkan keutamaan ibadah umroh di bulan suci ini, pemilihan travel umroh ramadhan yang terpercaya juga menjadi hal yang sangat krusial.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam memilih travel umroh Ramadan yang dapat dipercaya:

1. Memeriksa Legalitas dan Izin Resmi

Pastikan travel umroh yang Anda pilih memiliki legalitas dan izin resmi dari Kementerian Agama. Ini menjadi langkah awal yang penting untuk memastikan bahwa travel tersebut beroperasi secara sah dan dapat diandalkan.

2. Memastikan Fasilitas yang Ditawarkan

Perhatikan fasilitas yang ditawarkan oleh travel umroh. Pastikan bahwa paket umroh yang mereka sediakan sesuai dengan kebutuhan Anda. Termasuk di dalamnya adalah akomodasi, transportasi, serta panduan ibadah selama di Tanah Suci.

3. Cek Jadwal Keberangkatan

Pastikan untuk memeriksa jadwal keberangkatan yang disediakan oleh travel umroh. Sesuaikan dengan jadwal dan ketersediaan waktu Anda. Jangan lupa untuk memastikan bahwa jadwal tersebut tidak bertentangan dengan aktivitas ibadah yang telah direncanakan di Tanah Suci.

4. Ketahui Ketersediaan Layanan Pendampingan

Beberapa travel umroh menyediakan layanan pendampingan selama perjalanan. Pastikan untuk mengetahui sejauh mana tingkat pendampingan yang mereka berikan.

hal ini dapat membantu jamaah, terutama bagi yang pertama kali melaksanakan umroh, untuk lebih nyaman dan mendapatkan panduan yang baik.

5. Memeriksa Harga dan Kebijakan Pembayaran

Bandingkan harga paket umroh dari beberapa travel dengan cermat. Pastikan bahwa biaya umroh ramadhan yang ditawarkan sesuai dengan fasilitas yang diberikan. Selain itu, periksa juga kebijakan pembayaran dan apakah ada biaya tambahan yang perlu diperhatikan.

6. Mengetahui Tanggung Jawab Travel Terhadap Jamaah

Pastikan bahwa travel umroh memiliki tanggung jawab terhadap jamaahnya, termasuk pemahaman mengenai tanggung jawab mereka terhadap masalah transportasi, akomodasi, serta kelancaran pelaksanaan ibadah umroh.

7. Memahami Kebijakan Refund dan Pembatalan

Kejelasan mengenai kebijakan refund dan pembatalan menjadi hal yang krusial. Pastikan untuk memahami dengan baik syarat-syarat pembatalan dan apakah ada kemungkinan untuk mendapatkan pengembalian dana jika terjadi sesuatu hal yang tak terduga.

Kesimpulan

Melaksanakan umrah di bulan Ramadan adalah peluang besar bagi umat Islam untuk meraih keutamaan dan pahala yang besar. Setiap amalan ibadah yang dilakukan dengan ikhlas di bulan suci ini memiliki nilai yang luar biasa.

Oleh karena itu, mari manfaatkan bulan Ramadan dengan sebaik-baiknya untuk mendekatkan diri kepada Allah dan meraih keberkahan-Nya.

Dengan memperhatikan tips di atas, diharapkan Anda dapat memilih travel umroh Ramadan yang terpercaya dan dapat memberikan layanan terbaik selama perjalanan ibadah Anda di Tanah Suci.

Semoga perjalanan ibadah umroh Anda berjalan lancar, penuh berkah, dan diterima oleh Allah SWT.

Share: