Wisata Edukasi Jogja. Selain dikenal sebagai kota pariwisata Yogyakarta juga populer sebagai kota pelajar hal ini karena jogja memang memiliki banyak destinasi wisata yang unik dan banyak dikunjungi wisatawan baik lokal maupun luar negeri. Disebut kota pelajar karena di jogja banyak lembaga pendidikan berkualitas tinggi yang bahkan menjadi tujuan para penuntut ilmu dari seluruh Indonesia.

Dan menariknya lagi di wilayah ini ada juga beberapa destinasi wisata menarik yang bisa juga dijadikan sebagai media belajar siswa yang biasanya menjadi tujuan lembaga pendidikan ketika melakukan study tour, dengan mengunjungi wisata yang bernuansa edukasi siswa akan belajar sambil jalan-jalan dengan cara yang menyenangkan

1. Taman pintar Yogyakarta

Tempat wisata ini memadukan antara tempat rekreasi dan edukasi dalam satu lokasi. Taman pintar Yogyakarta memiliki arena permainan sekaligus sarana edukasi yang terbagi dalam beberapa zona.  Wahana yang dimiliki tempat wisata ini diantaranya wahana bahari, Science theater, Playground, kampung kerajinan, planetarium dan masih banyak lagi yang lainya.

Dilansir dari website resminya Taman mintar bertujuan untuk :

  1. Menyedikan sarana pembelajaran sains bagi siswa yang mendukung kurikulum pendidikan
  2. Memotivasi anak dan generasi muda untuk mencintai sains
  3. Membantu guru dalam mengembangkan pengajaran di bidang sains
  4. Memberi alternative wisata sains

 

Booking.com

Lokasi : Jl. Panembahan Senopati No. 1-3, Yogyakarta, DIY

Harga Tiket : Rp. 6.000- Rp. 45.000 (untuk info lengkap harga tiket bisa berkunjung langsung ke website resmi Taman Pintar Yogyakarta )

Jam Operasional : 08.30-16.00 WIB

2. Museum TNI AU Dirgantara Mandala

Museum ini berisi foto-foto sejumlah tokoh sejarah serta diorama sejarah Angkatan Udara Indonesia, selain itu ada juga sejumlah pesawat tempur beserta replikanya yang kebanyakan dari masa perang dunia kedua dan perjuangan kemerdekaan

 

Lokasi : komplek Pangkalan Udara TNI AU Lanud Adisutjipto atau lebih tepatnya Jl. Raya Janti, Karang Jambe, Maguwoharjo, Depok, Sleman Regency, Daerah Istimewa Yogyakarta 55282

Harga Tiket : Rp.6.000

Jam Operasional : 08.30-16.30 WIB

 

3. Sindu Kusuma Edupark

Sindu Kusuma Edupark adalah tempat wisata dengan luas 7 hektar yang selesei di bangun pada tahun 2014. Di tempat ini terdapat berbagai wahana, baik wahana bermain maupun wahana belajar di antara wahana yang terdapat di tempat ini adalah Terapi Ikan, Kora-Kora, Kopi Puter, Montor Tumbur, Disaster Room, Miniatur Borobudur dan masih banyak lagi lainnya.

Lokasi : Jl.Jambon, Sindudadi, Mlati, Kab Sleman Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Harga Tiket :Rp. 25.000 – Rp. 60.000 (Info lengkap harga tiket masuk beserta tiket wahananya bisa berkunjung langsung ke website resmi Sindu kusuma Edupark )

Jam Operasional: Senin : Libur, Selasa-Jum’at 09.00-17.00 WIB , Sabtu, Ahad : Waterpark (08.00- 17.00 WIB ), Wahana (10.00-18.00 WIB)

4. Kalen Edukasi Lupatmo

Dulunya lokasi wisata ini sungai yang kumuh dan tercemar yang kini sudah dikelola sedemikian rupa sehingga bisa digunakan sebagai sarana edukasi anak untuk belajar mengenai kepedulian lingkungan.

DI setiap sudut Kalen Edukasi Lupatmo dicat berwarna-warni sehingga menarik untuk anak-anak. Menariknya lagi di sungai ini diberikan banyak benih ikan oleh pengelola seperti ikan tombro dan nila, akan tetapi untuk informasi ikan ini tidak boleh ditangkap dengan cara apapun.

Lokasi : Dusun Bendo, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kota Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55782

Harga Tiket : Gratis

Jam Operasional : –

5. Monumen Yogja Kembali (Monjali)

Monjali merupakan museum sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia yang berbentuk kerucut dan menyimpan beragam koleksi yang berkaitan dengan sejarah perjuangan bangsa seperti pakaian, senjata yang pernah digunakan oleh para pejuang kemerdekaan, relief dan juga diorama

Lokasi : Jl. Ring Road Utara, Jongkang, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581

Harga Tiket : Rp. 15.000

Jam Operasional : 08.00-16.00 WIB

6. Museum Benteng Vredeburg

Di museum ini pengunjung dapat menyaksikan sekaligus belajar mengenai sejarah perjuangan banga dengan melihat beragam koleksi benda-benda yang dulu dipakai dalam perang seperti senjata, foto, miniatur, lukisan dan yang lainya

Lokasi : Jl. Margo Mulyo No.6, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122

Harga Tiket : Rp. 3.000

Jam Operasional : 08.00 – 16.00 WIB

7.Merapi Park

Merapi park merupakan sebuah taman indah yang dilengkapi dengan spot-spot foto yang instagramable, tempat wisata ini juga sering disebut The World Landmarks karena terdapat beragam miniatur landmark dari kota-kota besar di dunia seperti Big Ben London dan Menara Eiffel Prancis

Merapi park juga memiliki wahana-wahana keren seperti Kids Waterpark, Tunggang Kuda dan jemparingan. Selain itu ada juga wahana yang disebut Dino Park yang dapat digunakan sebagai wisata edukasi untuk anak-anak untuk mengetahui jenis-jenis dinosaurus dan bagaimana cara hidup mereka

Lokasi : Jl. Kaliurang No.KM. 22.5, Banteng, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582

Harga Tiket : Rp. 35.000

Jam Operasional : 09.00-17.00 WIB

8.Museum Keraton Yogyakarta

Sebagian Komplek keraton Yogyakarta dijadikan sebagai Museum yang menyimpan beragam koleksi kesultanan, termasuk pemberian dari raja-raja eropa, replica keraton, dan gamelan. Dari segi bangunanya,

keraton ini merupakan salah satu contoh arsitektur Istana terbaik yang memiliki balairung-balairung mewah dan juga lapangan yang luas. Meseum ini menjadi salah satu wisata edukasi yang bisa menjadi pilihan untuk mengajarkan kepada pelajar mengenai sejarah masa lalu bangsa

Lokasi : Jl. Rotowijayan, Kadipaten, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55132

Harga Tiket : Rp. 7.000 (wisatawan lokal) Rp. 12.00 (Wisata luar negeri)

Jam Operasional : Sabtu-kamis ( 08.00 -14.00 WIB) Jum’at (08.00-12.00 WIB )

9. Museum History Of Java

Wisata edukasi lainya yang cocok untuk dikunjungi adalah Museum History Of java yang memiliki Visi menceritakan sejarah lengkap pulau Jawa mulai 2,5 juta tahun sebelum masehi, masa kejayaan kerajaan di tanah jawa hingga kebudayaan jawa di zaman sekarang.

Museum ini merupakan satu-satunya museum di DIY dan Jawa Tengah yang menggunakan teknologi Augmented Reality dengan teknologi AR sehingga kegiatan belajar wisatawan menjadi lebih menarik dan menyenangkan.

Lokasi : Jl. Parangtritis Km 5.5 ( Pyramid Cafe) Tarudan, Tarudan, Bangunharjo, Sewon, Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta 55188

Harga Tiket : Rp, 30.000 (Wisatawan Lokal) Rp. 50.000 (Wisatawan luar negeri)

Jam Operasional : pukul 09.00-18.00 WIB

Baca Juga :

 

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Keren, Jogja memang layak disebut kota pendidikan. Ada banyak sekali spot wisata edukatif di sana. Keinginan saya setelah pensiun, ingin sekali pindah ke Jogja.

  • Penasaran dengan Museum History Of Java, pasti seru.. apalagi sudah pakai teknologi AR.. keren kan visualisasinya bro? Bisakah dipostiing foto-foto disana?

  • Waktu kecil pernah ke Monjali dan Dirgantara Mandala, udah banyak lupa isinya apa tapi kesannya masih ingat, seneng banget liat persenjataan, pesawat, dll

  • Sebagai warga Jogja bangga sekali dengan muesum museum wisata edukasi seperti ini. Lebih bervariasi dan jadi salah satu cara untuk mengajarkan banyak hal kepada anak saya nanti.

  • Tiap kali membaca ulasan tentang daerah istimewa Yogyakarta, saya hanya bisa mengurut dada. Hingga kini saya belum pernah menginjakkan kaki di Yogyakarta. Saya selalu berharap, suatu saat bisa menjajal lokasi2 wisata di kota Sultan itu.

  • Kalau bicara tentang Jogja memang tidak ada habisnya. Pernah on job training di Dinas Pariwisata Yogyakarta selama satu bulan. Tiap minggu pasti jalan-jalan, tapi rasanya masih kurang aja karena tempat wisatanya banyak banget.

  • Setuju nih dg artikel ini, lokasi wisata & rekreasi itu adalah salah satu destinasi mencari ilmu & media pembelajaran bagi setiap org, gk cuma siswa ato pelajar saja..

    Trims udah berbagi informasinya, smoga suatu hari bisa berkunjung ke salah satu lokasi dari daftar di atas..

  • Walah ternyata masih banyak tempat wisata yang belum aku kunjungi di Jogja. Sempet ke merapi tapi gak mampir ke merapi park nya kemarin. cuma lihat museum yang kena awan panas itu.

    Paling amaze sama keraton sih. Mampir kesana lagi juga demi mencari suatu tempat dan mengembalikan sesuatu -_-”

    thank you infonya

  • Rindu Jogjaa..
    Dengan segala tempat wisatanya yang kini sejak punya anak pasti lebih selektif karena bisa diajakin ke rekomendasi tempat wisata edukasi yang ada di Jogja. List di atas bisa jadi panduan kita semua untuk berwisata edukasi bersama anak-anak ketika berkunjung ke Jogja.

  • Destinasi andalan guru SD SMP di daerah sini. Harga tiket juga gak menguras kantong. Walaupun beberapa waktu lalu sempet rame ada oknum tukang parkir nakal. Maih oke lah.