Wisatarakyat.com – Air Terjun Banyulawe adalah salah satu wisata alam tersembunyi di Kabupaten Madiun, Jawa Timur.  Air terjun ini menawarkan pesona alam yang memukau dengan ketinggian sekitar 30 meter. Air terjun ini dikelilingi oleh hutan lebat dan pepohonan rindang, sehingga menghadirkan suasana yang sejuk dan asri. Pengunjung bisa menikmati kesegaran air terjun ini dengan berenang di kolam alami di bawahnya. Air Terjun Banyulawe masih tergolong wisata yang baru berkembang, sehingga suasananya masih alami dan tidak terlalu ramai pengunjung.

Lokasi Air Terjun Banyulawe

Air Terjun ini terletak sekitar 35 kilometer dari pusat Kota Madiun. Perjalanan menuju air terjun ini dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi atau angkutan umum selama kurang lebih 1 jam. Rute yang bisa dilalui adalah:

  • Dari Kota Madiun, ambil jalan ke arah barat menuju Kecamatan Kare.
  • Ikuti jalan utama hingga sampai di Desa Kepel.
  • Dari Desa Kepel, ikuti petunjuk arah menuju Air Terjun ini.

Harga Tiket Masuk

Air Terjun ini tidak memungut biaya tiket masuk. Pengunjung dapat menikmati keindahan alamnya secara gratis.

Jam Operasional

Wisata Air terjun ini buka setiap hari selama 24 jam.

Daya Tarik Wisata

Air Terjun ini mengalir dengan keanggunan dari ketinggian sekitar 30 meter, memancarkan aura kesegaran dan kejernihan yang memukau. Pengunjung tak hanya diundang untuk merasakan sensasi menyegarkan airnya, namun juga untuk menikmati momen santai di tepiannya yang menawan.

Daun pepohonan yang lebat menyelimuti sekitar, memberikan sentuhan sejuk alami yang begitu memikat hati. Selain itu, panorama alam di sekitar juga menawarkan keindahan yang tiada tara, menawarkan perpaduan harmonis antara kehijauan sawah dan gemerlapnya perbukitan yang terhampar di kejauhan, mengundang mata untuk menikmati keagungan alam.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di Air Terjun Banyulawe masih terbilang minim.

1.      Fasilitas Terbatas di Air Terjun Banyulawe

Ketika berkunjung ke Air Terjun ini, pengunjung akan menemukan bahwa fasilitas yang tersedia masih terbilang sederhana. Ini berarti bahwa pengunjung tidak akan menemukan banyak pilihan fasilitas modern di sana.

2.      Warung Makan Kecil

Di sekitar area air terjun, terdapat beberapa warung makan kecil yang menyediakan makanan dan minuman ringan. Meskipun tidak ada restoran besar atau kafe, pengunjung masih dapat menikmati beberapa pilihan makanan dan minuman di tempat tersebut.

3.      Disarankan Membawa Bekal Sendiri

Agar pengalaman berkunjung lebih nyaman, para pengunjung disarankan untuk membawa bekal makanan dan minuman sendiri. Ini akan membantu mereka menghindari kekecewaan jika tidak menemukan pilihan makanan yang sesuai dengan preferensi mereka di warung-warung kecil tersebut.

Dengan demikian, meskipun fasilitas yang tersedia terbatas, pengunjung masih bisa menikmati keindahan Air Terjun Banyulawe dengan menyusun rencana yang memperhitungkan kebutuhan makanan dan minuman mereka.

Share: