Wisatarakyat.com – Liburan telah tiba, dan saatnya mencari destinasi yang menarik untuk mengisi waktu libur agar tidak terbuang sia-sia. Salah satu pilihan yang dapat dipertimbangkan adalah Yogyakarta, sebuah tempat yang memancarkan pesona tak terbatas.

 

Kulon Progo, sebuah kawasan dengan beragam keindahan pariwisata eksotis, menyajikan panorama menakjubkan di antara perbukitan Menoreh. Meskipun jaraknya cukup jauh dari Yogyakarta, Kulon Progo menawarkan pemandangan air yang jernih dan biru, yang berasal dari Gunung Kelir, sebuah gunung kapur yang terletak di wilayah Kulon Progo dan Purworejo, Jawa Tengah.

 

Objek wisata utama di Kulon Progo ini, Water Park Alami Kedung Pedut, baru dibuka pada tanggal 15 Februari 2015. Bagi warga sekitar Kedung Pedut, tempat ini juga dikenal sebagai water park alami karena menyajikan kolam renang alami yang dapat dinikmati pengunjung.

 

Daya tarik utama kawasan ini adalah kolam renang alami yang diberikan oleh terjunan air deras dari Kedung Pedut. Kolam-kolam ini memiliki warna yang menarik, seperti hijau tosca dan air yang begitu jernih. Pemandangan ini dapat dinikmati dari gardu pandang, di mana keindahan biru dan batuan karst membuat hati terpukau.

 

Lokasi Air Terjun Kedung Pedut

Alamat tempat wisata ini terletak di Dusun Kembang, Desa Jatimulya, Kecamatan Girimulya, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Titik awal perjalanan adalah Jalan Godean, kemudian arahkan kendaraan menuju Nanggulan. Setelah itu, arahkan kendaraan ke perbukitan hingga mencapai Goa Kiskendo. Dari sana, wisatawan hanya perlu mengikuti petunjuk menuju Kedung Pedut.

 

Meskipun jalanan di kawasan ini naik turun, tetapi cukup halus dan lebar sehingga pengunjung dapat merasa nyaman. Setelah sampai di pintu masuk Kedung Pedut, perjalanan sejauh 20 menit dapat dinikmati untuk mencapai lokasi utama.

 

Harga Tiket Masuk Air Terjun Kedung Pedut

  • Hari Biasa  = Rp10.000 per orang
  • Hari Libur =         Rp20.000 per orang
  • Parkir Motor  =  Rp2.000
  • Parkir Mobil =    Rp10.000
  • Sewa Pelampung =         Rp10.000
  • Sewa Loker =     Rp5.000

 

Jam Operasional

Tempat wisata ini buka setiap hari pukul 08.00 – 15.30.

 

Daya Tarik

Wisata Jogja terus memberikan suguhan destinasi liburan terbaik bagi para wisatawan. Tak hanya menyajikan wisata modern, tetapi juga mempersembahkan keindahan alam yang tidak tertandingi.

 

Nama yang unik

Air Terjun yang menjadi fokus perhatian adalah Curug Kedung Pedut. Nama “Kedung” memiliki arti kubangan atau kolam, sementara “Pedut” berarti kabut. Nama ini mencerminkan keunikan dan karakter air terjun tersebut.

 

Daya Tarik Warna Air Hijau Tosca

Keindahan Curug Kedung Pedut tak lepas dari warna airnya yang hijau tosca. Warna ini menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan yang mengunjungi tempat ini. Yang menarik, warna air tersebut adalah asli dan tidak mengandung campuran bahan kimia atau zat lainnya.

Keaslian warna air tanpa campuran bahan kimia menjadi ciri khas Air Terjun Kedung Pedut. Fenomena ini membuatnya menjadi viral dan menjadi tujuan wisata yang ramai dikunjungi sejak dibuka pada Januari 2015.

 

Pengaruh Kandungan Bebatuan

Warna air hijau tosca yang memukau ini dihasilkan oleh kandungan bebatuan di sekitar curug. Interaksi antara air dan batuan memberikan karakteristik unik pada air terjun, menciptakan pemandangan yang menakjubkan.

 

Hidden Gem yang Sulit Ditemukan

Meskipun letaknya cukup sulit diakses, Air Terjun Kedung Pedut merupakan hidden gem yang tak terlupakan. Sesampainya di lokasi, segala rasa lelah dalam perjalanan terlupakan oleh keindahan alam yang ditawarkan.

 

Pembagian Lima Kawasan

Curug Kedung Pedut terbagi menjadi lima kawasan, yaitu Kedung Anyes, Wedok, Lanang, Merak, dan Merang. Setiap kawasan memiliki kedalaman dan pemandangan yang berbeda, meskipun warna air tetap sama, menambah variasi dan daya tarik bagi pengunjung.

 

Fasilitas

Wisata Alam Air Terjun Kedung Pedut dilengkapi dengan berbagai fasilitas, antara lain area parkir wisata, akses jalan yang baik, kamar mandi, mushola, warung makan, gazebo, dan lainnya. Semua fasilitas ini ditawarkan untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung saat menikmati keindahan alam Kedung Pedut.

Share: