Wisatarakyat.com – Batu Caves Malaysia adalah salah satu tujuan wisata yang populer di antara pengunjung. Tempat ini merupakan gua alam yang terletak di bukit dengan ketinggian 120 meter di atas permukaan laut. Nama “Batu Caves” berasal dari lokasinya yang terletak di bukit yang dilalui oleh Sungai Batu.

Lokasi Batu Caves Malaysia

berada di Gombak, 68100 Batu Caves, Selangor, Malaysia. Akses ke destinasi ini cukup mudah. Pengunjung dapat menggunakan taksi yang langsung mengantarkan mereka ke sekitar Batu Caves, berada di jalan raya utama MRR2.

Selain itu, KTM Komuter juga bisa digunakan dengan tujuan stasiun Batu Caves dengan biaya sekitar 2,6 Ringgit Malaysia dan memakan waktu sekitar 30 menit. Moda monorel dari KL Sentral menuju stasiun Titiwangsa, diikuti dengan bus, juga merupakan opsi lain.

 

Harga Tiket Masuk Batu Caves

  • Ramayana Cave: Mulai dari RM5
  • Dark Cave: Mulai dari RM35 untuk dewasa dan RM25 untuk anak-anak
  • Cave Villa: Mulai dari RM15

Jam Operasional

Destinasi wisata ini buka setiap hari dari pukul 07.00 hingga 21.00.

Daya Tarik

Tempat Ibadah Hindu

 Selain menjadi destinasi wisata, Destinasi wisata ini juga merupakan tempat ibadah bagi pemeluk agama Hindu. Pengunjung disarankan untuk mengenakan pakaian yang sopan dan pantas. Jika sudah mengenakan celana pendek, tersedia penyewaan seledang untuk digunakan.

Patung Dewa Murugan

Salah satu bangunan ikonik di tempat wisata ini adalah Patung Dewa Murugan yang tingginya mencapai sekitar 42 meter. Patung ini berwarna emas dan sering menjadi spot foto favorit para wisatawan.

Akses ke Gua

Pengunjung dapat menuju gua dengan menaiki 272 anak tangga. Disarankan untuk menggunakan outfit yang nyaman dan menghindari penggunaan sepatu hak.

Beragam Gua

Terdapat empat gua yang dapat ditemui di tempat ini, yaitu Ramayana Cave, Cave Villa, Dark Cave, dan Temple Cave. Temple Cave merupakan yang paling banyak dikunjungi karena di dalamnya terdapat Kuil Sri Subramania Swamy, tempat ibadah umat Hindu, dan menjadi gua tertinggi di antara ketiga gua lainnya.

Baca Juga :  Enjoy a Relaxing Weekend Getaway in Jim Corbett - Here's Everything You Need to Know

Patung Ramayana Hindu

 Di Ramayana Cave, pengunjung dapat melihat beragam patung Ramayana Hindu yang penuh warna-warni, cocok sebagai spot foto.

Interaksi dengan Satwa

 Pengunjung mungkin akan bertemu dengan banyak burung dan monyet yang berkeliaran bebas di sekitar lokasi wisata, menjadi daya tarik tersendiri terutama bagi pengunjung yang membawa anak-anak. Namun, perlu diperhatikan untuk tidak membawa makanan atau minuman di tangan karena monyet di sana cukup agresif dan siap mengambilnya.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di Batu Caves antara lain patung Dewa, Temple (Main) Cave, pahatan cerita, panjat tebing, dan kuliner khas Malaysia.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x