Table of contents: [Hide] [Show]

 

Wisatarakyat.com – BMW E36 merupakan mobil mewah dan klasik asal Jerman yang diluncurkan sejak tahun 1990. Meskipun tampak lawas, mobil generasi ketiga ini justru sangat disukai oleh anak muda dan kalangan tertentu yang ingin bernostalgia. Namun, pada dasarnya mobil ini membutuhkan perawatan khusus dengan biaya yang tidak mahal. Berikut ulasannya!

Biaya Perawatan BMW E36

Penasaran dengan biaya service mobil BMW E36 kesayangan Anda? Nah, BMW sendiri umumnya membutuhkan perawatan berkala setiap 3 bulan sekali jika jarang digunakan. Namun, jika BMW E36 sering dipakai berkendara, setidaknya harus melakukan pengecekan besar seperti kondisi mesinya dan colling system setiap 6-12 bulan sekali.

Biaya perawatan BMW E36 tentunya sangat beragam karena disesuaikan tipe mobil dan juga tahunnya. Apabila mobil tersebut keluaran lama, pasti biaya service pun lebih mahal karena spareparts yang sulit ditemukan. Biayanya berkisar Rp2.5 juta ke atas dengan sparepart original BMW.

Sementara itu, biaya perawatan BMW E36 bekas keluaran baru, perlu service rutin dengan biaya antara Rp500 ribuan sampai Rp2 jutaan setiap tahunnya. Biaya ini tergantung kondisi mobil, seperti penggantian oli, filter, dan suku cadang lainnya. Meskipun sparepart kw dijual dengan harga lebih murah, pastikan Anda memperoleh yang original agar mesinnya lebih awet.

Tips Perawatan BMW E36 Bekas

Merawat mobil BMW E36 bekas tentunya membutuhkan ketelitian tinggi agar lebih tahan lama digunakan. Beberapa cara perawatannya bisa Anda simak berikut ini.

  • Perhatikan buku panduan mobil BME E36 dengan seksama. Sebab, di sana terdapat banyak informasi penting, mulai dari berapa kilometer pemakaian harus mengganti oli hingga aturan memeriksa kondisi pengereman mobil.
  • Perhatikan kondisi ban mobil, jangan sampai tekanan anginnya kurang dari 3.5 bar. Ini bertujuan untuk menghindari kerusakan ban akibat aus yang berlebihan.
  • Gunakan bahan bakar BMW E36 beroktan tinggi agar mesinnya jauh lebih awet. Hal ini juga berdampak pada kenyamanan berkendara, sebab Anda bisa melaju dengan kencang.
  • Lakukan penggantian oli secara berkala agar mesinnya mampu melaju tanpa hambatan. Ini juga berguna untuk meningkatkan keselamatan dan kenyamanan Anda selama berkendara memakai BMW E36.
  • Perawatan eksterior dan interior mobil BMW E36 perlu dilakukan untuk memastikan mobil dalam keadaan prima. Hal ini meliputi pemeriksaan kondisi suspensi, ban mobil, dashboard, bagian jok, dan lain sebagainya.

Demikian kisaran biaya perawatan mobil BMW E36 yang perlu Anda perhatikan agar kegiatan berkendara lebih aman dan nyaman. Untuk mendapatkan BMW E36 bekas dengan kondisi layak dan mesin sehat, kini percayakan saja pada mobbi.

Tempat jual beli mobil bekas online ini dulunya bernama mo88i, tapi sekarang lebih dikenal sebagai mobbi. Bersama Astra Group, mobbi menyediakan pilihan mobil bekas lengkap dari berbagai tipe dan tahunnya. Prosesnya pun mendukung transparansi dan ada simulasi kredit dengan cicilan ringan hanya di mobbi.

Baca Juga :

Share: