Wisatarakyat.com – Bro, sist, apapun panggilannya, Kamu pasti tahu dong, di dunia trading, peluang tuh kunci utama supaya untung besae. Makanya, Kamu harus kenal sama yang namanya peluang perpetual trading. Kenapa? Karena ini nih yang bikin para trader bisa tetep dapet untung terus-menerus dari perubahan harga di pasar finansial.

Kita tau, pasar keuangan itu bisa goyang-goyang kaya tiktok dance, dipengaruhi sama macem-macem faktor, mulai dari peristiwa ekonomi sampe yang politik dan sosial. Nah, peluang perpetual trading itu kayak senjata andalan buat kita yang ngadepin gejolak kayak gini. Selain bisa bantuin kita ngikutin perubahan, peluang trading juga jadi senjata buat manajemen risiko, ambil keputusan berasa pintar, dan pake strategi trading yang bener-bener jitu.

Kamu pasti penasaran, kan, di tengah gejolak ginian, ada nggak platform yang bisa ngebantu lu trading tanpa ribet? Jawabannya ada, bro: dYdX. Ini kayak superhero-nya dunia trading, punya fasilitas derivative trading yang murah, nyaman, dan kilat, terbang di atas teknologi blockchain.

 

Apa Sih Perpetual Trading Itu?

Sebelum kita bahas lebih jauh, kita bahas dulu konsep dasarnya. Jadi, derivatif itu produk keuangan yang harganya numpang lewat dari aset lain, misalnya saham, aset kripto, atau komoditas. Intinya, kamu bisa punya aset tanpa harus punya asetnya langsung. Nah, di produk derivatif konvensional, kaya futures atau kontrak berjangka, biasanya ada tanggal kedaluwarsa. Nah, bedanya sama perpetual trading, ini kontrak berjangka yang nggak punya batas waktu. Artinya, Kamu bisa buka posisi beli atau jual lu selamanya.

Sekarang, di dunia kripto, lu bisa nge-trading perpetual ini di centralized exchange (CEX) atau decentralized exchange (DEX). Nah, yang namanya decentralized perpetual trading, itu berarti Kamu nge-trade di platform DEX, salah satunya dYdX.

Cara kerjanya gimana, ya? Kontrak perpetual ini ngejaga keseimbangannya sama harga spot aset kripto lewat mekanisme pembayaran penyesuaian. Jadi, kalau harga kontrak lebih tinggi dari harga spot, pembeli bayar ke penjual buat nyesuain. Proses ini namanya “funding rate,” yang bikin harga kontrak selalu deket sama harga spot aset kripto yang dijual.

 

Apa Itu dYdX, Bro?

dYdX ini sebenernya kepanjangan dari “Derivatives Yield dX” yaitu decentralized exchange (DEX) yang punya beragam opsi trading, mulai dari perpetual dan margin trading, spot trading, sampe yang pinjam-meminjam. Platform ini dibuat khusus buat para trader yang pingin akses ke layanan keuangan tanpa ribet sama perantara atau lembaga keuangan tradisional.

 

Keunggulan dYdX itu ada di model order book-nya yang dipakai. Beda sama Automated Market Maker (AMM) yang biasa dipake platform DeFi lain, model ini nyaman banget buat yang udah terbiasa trading di luar dunia kripto. Keamanan dan transparansi, yang biasanya nempel sama DEX, masih ada, sementara kecepatan dan kemudahan penggunaan lebih mirip sama centralized exchange (CEX).

 

Si bosnya dYdX, Antonio Juliano, ini lulusan ilmu komputer dari Princeton University. Sebelum bikin dYdX, dia kerja di Coinbase sebagai software engineer, jadi bener-bener menggeluti dunia kripto. dYdX sendiri diluncurkan tahun 2017 dan sejak itu terus berkembang, memanfaatkan teknologi blockchain Ethereum dan STARK (zero-knowledge) Rollups dari Starkware.

 

Kenapa Harus Pilih dYdX?

 

Platform Unik

dYdX bukan sekadar exchange biasa, bro! Sebagai Decentralized Exchange (DEX), dYdX memungkinkan kamu terlibat dalam berbagai jenis trading dengan mudah. Bedanya dengan Automated Market Maker (AMM), dYdX membanggakan model order book yang nyaman, terutama buat yang udah terbiasa trading di luar dunia kripto.

 

Keamanan dan Transparansi

DEX biasanya identik dengan keamanan dan transparansi, dan dYdX nggak mau kalah. Mereka tetap mengusung prinsip-prinsip ini, sambil tetap memberikan kecepatan dan kemudahan penggunaan yang lebih mirip dengan Centralized Exchange (CEX).

 

Visi Pengembang

Antonio Juliano, founder dYdX, punya visi jelas buat bikin dYdX jadi platform yang bisa mengakomodasi kebutuhan pengguna profesional. Mereka bangga dengan likuiditas yang signifikan, volume trading harian yang besar, dan berbagai alat analisis untuk membantu para trader mengambil keputusan dengan lebih mantap.

 

Keuntungan Melimpah

Menggunakan dYdX punya keuntungan yang nggak sedikit, lho! Keamanannya dijamin tinggi berkat teknologi blockchain Ethereum yang sudah teruji. Kamu juga punya kendali penuh atas kunci pribadi, membuat akunmu aman. Lebih dari itu, fitur trading dengan leverage di dYdX memungkinkan kamu meningkatkan eksposur ke pasar tanpa harus punya aset yang banyak.

 

Likuiditas Besar

dYdX bukan cuma omong doang soal likuiditas. Dengan volume trading harian mencapai puluhan juta dolar, mereka menjadi pilihan yang solid. Tambahan lagi, dYdX menyediakan alat analisis yang keren, membantu kamu merencanakan strategi trading dengan lebih matang. Jadi, dengan dYdX, kamu bisa tetap tenang sambil mengejar keuntungan yang lebih besar!

Bagaimana dYdX Bekerja

dYdX sebagai Hybrid DEX

dYdX, alias Derivatives Yield dX, merupahkan platform pertukaran terdesentralisasi (DEX) yang menawarkan produk utama bernama perpetual swaps (perps) atau perdagangan tanpa batas waktu. Konsepnya mirip kontrak berjangka, namun perbedaannya terletak pada ketiadaan tanggal kedaluwarsa.

 

Teknis dan Terdesentralisasi

dYdX merupakan jenis DEX hybrid yang menggabungkan elemen sentralisasi dan desentralisasi. Bagian sentralisasinya terletak pada order book dan mesin pencocokan, sementara bagian desentralisasinya menggunakan smart contracts yang terintegrasi dalam sistemnya.

 

Kelebihan Order Book vs. AMM

Menurut Antonio Juliano, pendiri dYdX, penggunaan order book lebih efisien dibandingkan dengan Automated Market Maker (AMM) yang umumnya digunakan oleh platform DeFi lainnya. Order book dianggap lebih hemat dana dan dapat mencapai tingkat likuiditas yang setara. Namun, dYdX memiliki rencana untuk menjadi bursa terdesentralisasi sepenuhnya dengan mengadopsi penggunaan decentralized order book.

Dengan begitu, dYdX menciptakan ekosistem trading yang unik, menggabungkan keefisienan order book dengan keamanan dan transparansi yang biasanya terkait dengan DEX.

 

Kesimpulan

Jadi, kita simpulin aja ya. Pasar kripto itu kaya roller coaster, naik turunnya cepet banget. Jadi, kita yang main di sini, harus paham bahwa trading kripto itu nggak ada yang namanya aman 100%. Itulah sebabnya, manajemen risiko yang bener-bener oke tuh jadi kunci buat kita yang lagi seru-seruan di dunia trading.

Kamu juga harus selalu siapin dana yang kalo hilang nggak bakal bikin lu miskin mendadak. Update terus pengetahuan Kamu, baik dari pengalaman sendiri atau sumber belajar lainnya. Kamu bisa cari info update crypto di internet, supaya gak ketinggalan kabar terbarunya. Dengan strategi yang oke, manajemen risiko yang bener, dan kepala yang tetep dingin, lu bisa lebih tenang ngadepin volatilitas pasar dan nambah peluang buat dapetin hasil positif.

Buat kamu yang pengen nyobain investasi crypto tanpa repot, PINTU adalah jawabannya! PT Pintu Kemana Saja, dengan brand PINTU, adalah platform jual beli dan investasi aset crypto yang lagi ngehits di Indonesia.

Aplikasi PINTU punya fokus buat bikin tampilannya gak bikin pusing. Intuitif, mudah digunakan, dan tentunya eye-catching buat mata. Plus, ada konten edukasi in-app yang membantu investor crypto baru dan yang masih pada kategori kasual.

Jadi, buat yang bingung mau mulai dari mana, PINTU siap ngebantuin! Tinggal download, buka akun, dan mulai eksplorasi dunia investasi crypto dengan mudah

Share: